Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Anies Bakal Izinkan Bioskop Dibuka, Pakar: Potensi Jadi Klaster Baru
Suara.com - Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, menilai tidak ada dasar ilmiah yang kuat untuk membuka kembali bioskop di tengah pandemi virus Corona. Menurutnya, kebijakan itu hanya menimbulkan klaster Covid-19 baru.

Pernyataan itut disampaikan Dicky sekaligus untuk menanggapi rencana Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang memastikan bioskop di Ibu Kota pada masa pandemi virus corona Covid-19 bakal dibuka.


"Berdasar data epidemiologi terakhir tentunya tidak ada dasar ilmiah yang kuat untuk membuka bioskop konvensional. Dan dapat berpotensi menjadi klaster bioskop," kata Dicky saat dihubungi Suara.com, Jumat (28/8/2020).

Dicky mengatakan, jika Pemprov DKI tetap ingin membuka bioskop, harus ada format inovasi yang benar-benar bisa menekan penularan Covid. Misalnya bioskop digelar secara outdoor.

"Misalnya bioskop outdoor yang sudah di atur posisi duduk dan kapasitasnya. Dengan mekanisme online untuk pemesanannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dicky mengungkapkan bahwa di luar negeri sudah banyak yang menerapkan konsep bioskop outdoor. Menurutnya, hal tersebut harus diutamakan.

"Dengan pengetatan aturan utamakan bioskop outdoor saja," tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bioskop di Ibu Kota pada masa pandemi virus corona Covid-19 bakal dibuka. Tetapi, Anies tidak mengatakan secara pasti kapan pembukaan bioskop bisa dilakukan.

Anies menuturkan, para pelaku industri bioskop tengah mempersiapkan diri untuk membuka kembali bioskopnya.

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka, dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat adanya regulasi yang detail dan adanya pengawasan yang ketat sehingga pelaku industri memberikan jasa pada masyarakat tanpa memberikan resiko yang besar," kata Anies dari Gedung BNPB, Rabu (26/8/2020).

Dia meminta para pengelola bioskop untuk benar-benar mempersiapkan protokol kesehatan sebelum mengajukan pembukaan bioskop, sebab jika melanggar maka akan langsung ditutup oleh Pemprov DKI.

"Bila ada kegiatan bioskop yang nanti tidak mengikuti protokol kesehatan, maka langkah yang dilakukan DKI cukup sederhana yaitu menutup kegiatan usahanya," tegasnya.


Anies juga menyebut pemprov DKI Jakarta sudah mendapatkan izin dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk melakukan pembukaan bioskop meski masih berada di zona merah.

Terus meningkat

Jumlah pasien positif terjangkit virus corona Covid-19 di Jakarta terus bertambah. Bahkan hari ini, Kamis (26/8/2020) ada 820 orang lagi yang terjangkit virus yang pertama ditemukan di China ini.

Rekor terakhir penambahan pasien corona di DKI dalam satu hari adalah 721 orang pada 8 Agustus lalu.

Dengan demikian, total akumulasi seluruh pasien positif berjumlah 36.426 orang. Jumlah pasien ini tersebar dari seluruh wilayah ibu kota.

Data ini diketahui dari situs penyedia informasi seputar corona di DKI, corona.jakarta.go.id. Laman ini menginformasikan soal kasus corona di Jakarta mulai dari jumlah positif, menunggu hasil, hingga Kelurahan tempat pasien tinggal.

https://www.suara.com/news/2020/08/2...er-baru?page=2

Lu ngerti apa tong berani2 mengkritik aniesemoticon-Blue Guy Bata (L)

Sedangkan jubir covid19 aja bilang bagus pula tuk memperkuat imun.emoticon-Blue Guy Bata (L)






37sanchi
KurohinaM1911
KurohinaM1911 dan 37sanchi memberi reputasi
2
1.5K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.