Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NakamaMudaAvatar border
TS
NakamaMuda
Pandemi Merubah Gaya Hidup Konsumtif Nongkrong Ku


Halo Gan, ane kali ini mau sharing mengenai perubahan gaya hidup yang belum lama ane rasakan. selama Corona ini ane merasa bahwa tidak selamanya corona itu buruk, jika kita lihat dari sisi lain Corona bagi Ane bisa merubah kebiasaan buruk ane yang sudah menjadi kebiasaan ane bertahun tahun lamanya. 

Salah Kebiasaan ane itu suka nongkrong jadi anak kos yang kerja di kota bagi ane Bersilaturahmi dengan teman atau kerabat juga salah satu cara melepas stres yang paling ampuh bagi ane karena penatnya seharian di kantor cuma monitor aja yang ane pandangin seharian. 


Cuci mata bagi ane dan teman ane itu perlu, yang ane dan teman ane lakuin itu dengan nongkrong sepulang kerja dan itu udah jadi kebiasaan yang dilakukan sebelom pulang ke kos kosan. Meskipun hanya sekedar untuk nongkrong lucu seperti sekedar ngopi - ngopi saja atau cari makan. 

Kebisaan buruk terjadi ketika kita merasa bosan ke tempat yang itu - itu aja jadi kita mencari pelarian dengan ke tempat tempat yang baru. Ditambah terkadang lupa waktu tapi sepulang nongkrong rasanya mau nangis lihat total bil nya.

Coba saja Agan hitung aja. Setiap kali ane nongkrong, Ane memesan minuman seharga minimal Rp50.000. Belum lagi ditambah camilan atau makan malem. Mungkin bila dirata-rata, biaya sekali nongkrong bisa menghabiskan minimal Rp200.000. Bila itu Ane lakuin hampir setiap hari, anggaplah tiga hari setiap pekan, maka kalau dihitung dalam sebulan dompet Ane tanpa terasa terkuras Rp2,4 juta untuk biaya nongkrong Aja! Itu belum termasuk biaya hangout saat akhir pekan sama pacar.


Ketika jalan sama pacar meskipun cuma sekali jalan tapi ane rasa ga cukup hanya bawa Rp 200.000 karna sebagai. Cowo tentu ane kan pasti harus lebih bisa bayarin meskipun kadang kita patungan. Tapi kan bensin dan ongkos parkir kan tetep jalan terus. Ditambah lagi kalau ada film bagus Rp 100.000 aja ga cukup untuk nonton film berdua meskipun engga setiap minggu ane nonton bioskop.


Nah ketika pandemi Covid - 19 tiba di bumi ane merasakan dompet ane terasa lebih tebal dari biasanya. Banyak hal yang ane pikirkan kenapa  ane bisa nabung ketika pandemi corona kita tidak diperbolehkan kemana - mana cafe, restauran dan tempat hiburan ditutup buat ane tidak berfikir untuk melakukan kebiasaan buruk yang ane lakuin sebelum corona. 

Kebiasaan Berangkat ngantor tiap pagi juga engga ada karna kantor di tutup, Apalagi untuk nongkrong sepulang ngantor pun tidak yang Biasanya tiap malam minggu jalan sama pacar pun berganti jadi video Call an. Meskipun awalnya ane tidak terbiasa dengan kondisi ini membuat ane untuk membiasakan. Untuk makan ane sekarng lebih pilih untuk pesan ojol aja untuk pesan makanan.

Tidak lama banyak isu pemecatan karena dampak pandemi covid - 19 bagi perusahaan, ane merasa ane masih beruntung masih bisa tetap punya pekerjaan, namun ane fikir sepertinya perlu banyak nabung karna gaada yang bisa menjamin kehidupan orang di era pandemi seperti saat ini. 



Seperti yang di kutip pada voaindonesia.com dijelaskan bahwa Covid - 19 mengancam penghasilan kita saat itulah Ane Mulai browsing dan cari cari tau bagaimana cara yang baik untuk mengatur keuangan di kala pandemi saat ini, seperti mulai dari saham sampai reksadana ane coba, uang yang biasanya ane habiskan untuk nongkrong sekarang ane salurkan untuk ranah menabung dan investasi. Saat ini ane sudah berjalan 2 bulan untuk menabung dan Investasi ane harap bisa berjalan seterusnya.



Begitulah sisi baik pandemi yang ane rasakan bagi perubahan finansial ane, ane harap cerita ini bisa menginspirasi temen - temen yang sekiranya masih sulit mengatur keuangan dan kurang menyadari akan pentingnya menabung dan Investasi.

Jangan sampai Agan menabung ketika disaat mendekati situasi sulit atau terlambat menyadiari pentingya menabung  dan Investasi. Semoga bisa Menginspirasi Agan - Agan semua. Terimakasih

Sumber dan Foto : Pengalaman Pribadi  

Diubah oleh NakamaMuda 27-08-2020 13:40
sewulintang
sewulintang memberi reputasi
1
722
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.