industry.co.idAvatar border
TS
industry.co.id
Anies Izinkan Bioskop Dibuka Kembali: Bioskop Aman Semua Diam Tidak Ngobrol


INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa pihaknya telah mengkaji rencana pembukaan bioskop meskipun pandemi COVID-19 masih berlangsung. 

Meski dibuka, Anies tegas mengingatkan, pelaku usaha bioskop agar menerapkan protokol kesehatan. Bila tidak melakukannya, maka langkah yang dilakukan pemprov akan menutup usaha bioskop tersebut.

“Bila ada kegiatan bioskop yang tidak mengikuti protokol kesehatan, maka langkah yang dilakukan DKI cukup sederhana, yaitu menutup kegiatan usahanya. Jadi semuanya harus disiplin, mengikuti protokol, bila tidak diikuti maka langsung kita akan lakukan penutupan karena Jakarta dari awal memprioritaskan nomor satu adalah kesehatan dan keselamatan,” jelas Anies pada konferensi pers di Media Center Satgas Nasional, Rabu (26/8). 

Menurutnya, Pemerintah DKI Jakarta akan menyiapkan regulasi secara lengkap.
Regulasi tersebut akan memasukkan unsur-unsur yang yang direkomendasikan Satgas Penanganan COVID-19 seperti kualifikasi siapa saja yang bisa menonton di bioskop, pemesanan tiket via online, masker, filtrasi udara, pembersihan secara teratur, pengaturan tempat duduk dan penerapan 3M.

Selanjutnya, Anies juga menyampaikan mengenai pengaturan dengan para pelaku industri bioskop.

Menurutnya, para pelaku telah bersiap sejak Juni lalu ketika DKI Jakarta memasuki masa transisi pembatasan sosial berskala besar. Kedua belah pihak sudah berkomunikasi secara intens untuk membahas persiapan pembukaan. 

“Kami selalu garis bawahi kepada mereka, persiapan silakan dilakukan, tetapi keputusan mengenai pembukaan nanti akan melihat kondisi di Jakarta dan juga melihat bagaimana kesiapan di pelaku untuk mengeksekusinya,” jelas Anies.

Ia menambahkan bahwa berdasarkan kesimpulan dari pertemuan pagi tadi (26/8) dalam waktu dekat kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali di buka. 

Pembukaan akan dikoridori protokol kesehatan dan regulasi detail dan pengawasan yang ketat sehingga pelaku memberikan jasa kepada masyarakat tanpa memberikan risiko yang besar.

“Dan bagi masyarakat juga ketika berkegiatan mereka akan bisa merasa aman,” ucapnya.

Terkait dengan pembukaan bioskop, Anies mengatakan dari beberapa kajian ada keunikan dalam kegiatan di bioskop.
Menurut Anies, aktivitas di bioskop jauh lebih aman dibandingkan tempat-tempat seperti kantor dan restoran. 

Alasannya, penonton tidak saling berhadapan dan tidak berbicara satu sama lain. Hal ini yang membuat Anies yakin bioskop aman dan menjadi  berbeda dengan situasi di restoran dan kafe dimana orang-orang mengobrol. 

“Kalau di bioskop, justru semua diam,” ungkap Anies. 

Ia menambahkan kalau ada percakapan, itu terjadi antara orang yang saling kenal. 
Kemudian, dilihat dari posisi semua penonton berada pada arah yang sama dan bukan interaksi berhadap-hadapan. 

Pada konteks bioskop, pengunjung dapat dikendalikan dengan posisi kursi yang bisa ditentukan. Ini mirip dengan pengaturan di dalam kabin pesawat. 

“Pesawat terbang itu ruangan kecil, kursinya rapat, tetapi bisa diatur seating arrangementnya. Kemudian juga bisa diatur sirkulasi udaranya dengan fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan standar protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca Selengkapnya:
https://www.industry.co.id/read/7293...-tidak-ngobrol
 
keenan09
nomorelies
biohazard89
biohazard89 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.