iminimin7719Avatar border
TS
iminimin7719
Macam-Macam Hantu yang Dikenal Masyarakat Bali
Halo agan semua, ketemu lagi di thread ane yang sederhana ini. Kali ini thread ane hadir dengan tema sedikit horror karena bahas hantu. Mungkin kalian berpikir ngapain sih ane bikin thread kayak gini? wkwk. Sebernarnya ane lagi gabut aja gan, hehe.

Setiap daerah pasti punya cerita mistik tersendiri. Berhubung ane orang Bali, ane mau berbagi pengetahuan seputar dunia mistik di Bali. Kita mulai dari perkenalan tentang macam-macam hantu yang dikenal oleh masyarakat Bali.

Oh iya, jadi konten thread ini berdasarkan cerita yang TS denger atau mitos yang beredar di sekitar lingkungan tempat tinggal TS ya. Tanpa berlama-lama, yuk cekidot!

1. Tonya



Masyarakat Bali sejak jaman dahulu kala sudah menganggap sungai ataupun mata air lainnya sebagai tempat yang sakral. Hal tersebut tak terlepas dari fungsi air yang merupakan salah satu komponen penting dalam upacara keagamaan Hindu. 

Karena kesakralannya, kami sebagai masyarakat Hindu juga meyakini bahwa di setiap sungai itu ada penunggunya. Masyarakat mengenal penunggu sungai dengan sebutan Tonya. 

Tonya digambarkan sebagai makhluk halus yang hidup di bawah air. Jujur ane belum pernah melihat yang seperti itu, tapi yang ada di pikiran ane mungkin saja penggambaran Tonya ini mirip seperti "Kappa" (makhluk mitologi Jepang yang hidup dalam air). Tapi di film Doraemon, Kappa digambarkan seperti binatang kura-kura berwajah manusia. Hii, agak creepy ya guys!



Oke balik lagi ke Tonya, menurut cerita Bapak ane, Tonya ini punya kemampuan untuk berubah wujud. Konon Tonya bisa berubah jadi kain kafan yang hanyut di sungai. Saat ada yang merobek kain kafan itu atau melempar batang kayu berduri ke kain kafan itu, ia bisa berdarah.

Satu lagi, kali ini cerita Paman ane ya, katanya Tonya itu bisa nakal ke manusia yang berenang di sungai dengan cara menarik-narik kaki orang tersebut. Tapi ane percaya sih kalau kita gak berbuat hal yang mengganggunya, dia gak bakal nakal sama kita. Intinya saling menghargai keberadaan masing-masing makhluk.



2. Leak



Mungkin hantu Leak sudah terdengar familiar dan universal. Sebenarnya sih Leak ini bukan murni hantu ya guys! Karena Leak adalah manusia yang mempelajari ilmu hitam sehingga bisa berubah wujud menjadi makhluk menyeramkan. Mungkin Leak lebih tepat disebut sebagai ‘Penyihir’.

Kalau di Bali, Leak itu dikenal ada 2 macam. Ada leak baik di mana ilmu yang ia pelajari merupakan ilmu putih yang dimanfaatkan untuk mengobati orang lain (semacam jadi dukun/tabib). Ada pula leak jahat di mana yang dipelajari adalah ilmu hitam dan ilmunya tersebut digunakan untuk menyakiti orang lain.

Leak ini ada tingkatannya. Semakin tinggi ilmunya, maka ia bisa berubah menjadi wujud makhluk apa saja. Paling sering sih wujudnya leak adalah bola api yang bisa terbang, tapi katanya ada pula leak yang bisa berubah menjadi garuda, bahkan jadi benda mati yang tak terduga.

Konon katanya ilmu pengleakan ini hanya bisa dilakukan di Bali. Saat dipraktekkannya juga si calon leak biasanya memiliki sabuk yang digunakan menyimpan kesaktiannya. Nah seremnya lagi, sabuk itu bisa diwariskan kepada keturunannya yang mau mempelajari ilmu leak.



Fyi, praktik ilmu leak ini adalah nyata di Bali guys, bukan sekadar mitos atau cerita yang mengada-ngada. Namun ilmu tersebut sudah tidak eksis lagi di jaman modern seperti sekarang ini. Di dekat rumah TS pun sering ada rumor bahwa ada bola api yang berkeliaran tengah malam di jalan pada saat hari raya nyepi, karena leak biasanya tertarik mencari bangkai ayam sisa sesajen.



3. Rangda



Rangda ini sebenarnya bukan benar-benar hantu, hanya saja leak sering mengambil wujud ini. Malahan sebenarnya bagi masyarakat Hindu, Rangda adalah sosok yang disucikan dan memiliki puranya tersendiri yaitu Pura Dalem (Pura Dalem juga dikenal untuk memuja Dewa Siwa sebagai pelebur).

Rangda adalah wujud kebatilan dan kemarahan yang tak terbendung. Kalian tahu Dewi Kali atau Maha Kali? Saat Maha Kali yang notabene adalah gambaran sosok seorang wanita meluapkan kemarahannya yang tak terhingga, ia berubah menjadi sosok yang sangat menyeramkan dengan lidah menjulur dan mata melotot. Maha Kali juga sering dikaitkan dengan sosok Rangda.



Dalam pementasan Calonarang di Bali, Rangda digambarkan sebagai tokoh jahat (adharma) dan dikalahkan oleh tokoh baiknya yaitu Barong (dharma). Jika leak bisa merubah diri menjadi Rangda, maka dapat dikatakan bahwa ilmunya sudah tergolong tinggi.



4. Wong Samar



Hantu ini adalah salah satu makhluk halus yang terkenal di Bali. Namanya seperti bahasa Jawa ya guys, ane rasa makhluk seperti ini bukan Cuma ada di Bali. Sama seperti namanya, Wong Samar dapat diartikan sebagai ‘Manusia yang tidak terlihat’. Hal itu karena mereka punya kehidupan yang sama seperti kita, tapi mereka hidup di alam yang berbeda. Mereka juga hidup berkeluarga, memasak, bekerja, beribadah dan sebenarnya mereka hidup berdampingan dengan kita.

Wong samar menghuni tempat-tempat seperti hutan, tepian sungai, tebing, ataupun jurang yang jarang tersentuh manusia. Di dekat rumah ane sendiri, pernah ada kasus anak kecil yang ‘diculik wong samar’. Sudah dicari kemana-mana tapi gak ketemu. Lalu warga mecari sambil membuat suara gaduh, akhirnya anak itu ditemukan linglung di ladang kosong.


Kira-kira itulah beberapa hantu yang dikenal masyarakat Bali. Masih banyak sih macam hantu di Bali, tapi segitu aja dulu ya Gan, lain kali dilanjut kalo inget. Mungkin di tempat agan ada hantu yang ikonik, bisa komen ya.
eriksa
fajarekosaputra
ujellyjello
ujellyjello dan 46 lainnya memberi reputasi
45
15.3K
212
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.