serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Maek, Surga Kecil yang Tak Terjamah
🌸🌸🌸


Hai Agan dan Sista!


Quote:


Nagari Maek adalah nama sebuah nagari (desa) yang berada di Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Dilansir dari langgam.id, luas daerahnya adalah sekitar 122,06 KM².

Letak daerahnya yang terpencil membuat Nagari Maek jarang dikunjungi orang. Padahal, di balik rimba nan rimbun, di antara medannya yang bergelombang (berlembah dan berbukit), tersimpan maha karya Tuhan yang luar biasa indah. Sungainya sejuk dan jernih. Hutannya membentang hijau, oase penyejuk bagi masyarakat yang tinggal di sana.

Jika dilihat dari ketinggian, Nagari Maek terlihat seperti kuali (wajan). Ya, nagari ini dikelilingi oleh lingkaran bukit barisan dan di tengah-tengahnya, tinggallah warga yang super ramah dan pekerja keras.

Ane bukan lahir di Maek, Gansis. Namun, ane tumbuh dan berkembang di sini. Lebih dari separuh usia ane dihabiskan di sini. Bermain dan belajar di sini. Itulah kenapa, meski tak ada darah orang Maek mengalir di tubuh ane, tapi beras Maek yang ane makan, air Maek yang ane minum sudah menjadi darah daging. Sehingga ane cinta dengan desa asri ini.

Dielukan sebagai Nagari Seribu Menhir

Quote:


Buat Agan-Sista yang gak tahu, menhir itu adalah batu tegak atau tugu batu. Kadang disebut juga sebagai batu mejan. Biasanya, tugu batu ini difungsikan sebagai nisan oleh manusia zaman megaliticum dulu.

Nah, di nagari Maek tersebar banyak sekali menhir. Ada di Jorong Koto Tinggi, Lunawan (situs Padang Hilalang), di Ampang Gadang 1, di Koto Gadang, dan lain-lain. Jumlahnya sangat banyak, itulah kenapa Maek disebut juga sebagai nagari seribu menhir.

Ane sendiri udah pernah ke situs menhir ini, Gan. Bentuknya seperti tugu batu yang ujungnya bengkok. Ada yang berukir, ada yang polos. Ada yang tinggi, ada yang pendek. Paling tinggi ada kisaran 2 meter. Katanya, tinggi menhir ini mencerminkan tingginya kedudukan jasad yang dikubur di bawahnya.

Memiliki Banyak Objek Wisata Alami, tapi Belum Terjamah

Maek adalah nagari yang indah. View atau panoramanya mampu menyihir Agan yang cinta suasana hijau nan damai. Misal dengan suasana dari Bukik Pasuak (Gunung Tembus) di bawah ini.

Quote:


Indah bukan?

Itu belum seberapa. Aslinya jauh lebih indah! Bukik Pasuak adalah sebuah bukit yang kalau kita mendaki sampai ke puncaknya, terhamparlah panorama Nagari Maek di bawahnya juga daerah lain di baliknya (daerah Kapur IX).

Adik ane pernah mendaki ke sana, katanya butuh waktu tiga jam untuk sampe puncak. Itu lama sih. Standarnya mungkin hanya dua jam. Trek yang ditempuh lumayan berat, tapi pemandangan rimba rayanya itu, lho. Bikin nagih.

Ada juga sungai sebagai wahana arung jeram, Gan. Lokasinya di Batang Maek dan Ilia Maek. Begini nih penampakannya.

Quote:


Keren, kan?

Nih, ada lagi fotonya.




Oiya, kata temen ane, di Maek ada yang baru juga lho sekarang. Yaitu objek pendakian Bukik Pao Ruso (Paha Rusa). Berikut nih gambarannya!



Wih, kayak istana di atas awan 'kan?



Btw, ane belum pernah ke sini (Bukik Pao Ruso), Gan. Soalnya ane udah gak stay di Maek lagi. Duh, sedih.

Nah, buat kamu pecinta air terjun, di Maek juga ada loh. Ada air terjun Sarasah Barasok, Sarasah Tujuah Tingkek (air terjun tujuh tingkat), Sarasah Panawan, dan Air Terjun Ilia Maek. Itu yang ane tahu aja, Gan. Namun, kayaknya masih ada yang lain.



Yang ane paparkan ini belum seberapa, Gansis. Masih banyak keindahan Maek lainnya yang gak ane sebutkan di sini. Intinya, desa ane ini indah, tapi tak banyak dikunjungi orang luar. Mungkin salah satu alasannya adalah, akses jalan yang lumayan berat. Beraspal sih, tapi curam dan penuh tikungan tajam, seperti foto di bawah ini:



Ada juga yang belum tersentuh perbaikan sebab minimnya dana. Seperti ini:



Itu adalah jalan menuju Jorong Nenan, yang pemandangannya sangat indah.

Okey, Gansis. Kira-kira segitu pemaparan ane tentang desa nan cantik ini. Barangkali ada dari Agan-Sista yang tertarik untuk berkunjung ke sini.

Galeri

Quote:


Foto: instagram Pesona Maek dan Facebook
Diubah oleh serbaserbi.com 07-01-2021 02:50
turkusuma
m4ntanqv
trifatoyah
trifatoyah dan 48 lainnya memberi reputasi
49
7.7K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread•10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.