News
Batal
KATEGORI
link has been copied
147
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f43ccae68cc955471031f4e/majapahit-ditemukan--proses-ekskavasi-oleh-bpcb-trowulan
Sejarah Majapahit Kemaharajaan Majapahit (bahasa Jawa: ꦤꦒꦫꦶꦠꦤ꧀ꦩꦗꦥꦲꦶꦠ꧀; Nagari Karajan Mɔjɔpait, Sanskerta: विल्व तिक्त; Wilwatikta) adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas d
Lapor Hansip
24-08-2020 21:20

Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan

Sejarah Majapahit

Kemaharajaan Majapahit (bahasa Jawa: ꦤꦒꦫꦶꦠꦤ꧀ꦩꦗꦥꦲꦶꦠ꧀; Nagari Karajan Mɔjɔpait, Sanskerta: विल्व तिक्त; Wilwatikta) adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 M.

Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389.

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia.

Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang dari Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur, meskipun wilayah kekuasaannya masih diperdebatkan.

Source: wikipedia

Kumitir adalah Majapahit
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan

Penemuan Area Situs Kumitir di Trowulan menurut beberapa sumber adalah penemuan jejak Kerajaan terbesar pada jamannya,

Praduga Area tersebut adalah pusat pemerintahan kerajaan Majapahit dikarenakan persebaran penemuan bentuk struktur batu kuno pada era Majapahit menghapar luas di tempat tersebut.

Dari Arkeovlog sendiri sebagai media informasi yg selalu melakukan update terbaru tentang perkembangan proses ekskavasi.

Om Wicak sebagai Kepala Ekskavasi tersebut menjelaskan dalam Arkeovlog nya , proses ekskavasi tersebut membutuhkan Resource Yang tidak sedikit untuk biaya dispensasi lahan galian ekskavasi tersebut kepada warga sekitar yg memang disana bermata pencaharian sebagai pembuat batu bata merah.

Dan juga membutuhkan beberapa disiplin ilmu untuk mengungkap keberadaan praduga Pusat Kerajaan Majapahit tersebut.

Apakah Proses ekskavasi Situs Kumitir akan membuktikan dimana pusat kerajaan Majapahit berada selama ini?

Apakah Kejayaan Majapahit pada eranya hanya menjadi sebuah teka teki akan keberadaan pusat pemerintahan Majapahit dikala ini?

Semoga Perjuangan Ekskavasi oleh BPCB Trowulan yang dibantu warga sekitar, dan support dari Seluruh Warga Indonesia Dapat Menyibak Misteri Pusat Pemerintahan Majapahit.

Lokasi Ekskavasi:
Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur


Source: Playlist Ekskavasi situs Kumitir oleh tim Arkeovlog

Penutup ( Paparan Komentar yg Saya ngga sempat Baca/ Balas Satu- Satu )

Masa Lalu adalah Sejarah
Mencoba Melawan Lupa, Bagaima skenario yg epic dari seorang Bapaknya Ironman Yang membuat area pameran Dalam filmya jaman belum ada teknologi yg memadai untuk menciptakan suatu materi baru.

Hari ini adalah kita
Kita ibaratkan Saat kita membeli sebuah produk elektronik TV, dalam unboxingnya akan kita jumpai
Kardus adalah Agama
Manual Book adalah Kitab
TV adalah Manusia

Tv akan tidak gampang rusak jika penggunaan nya sesuai dengan Manual Book yg diberikan,
Manual book & TV akan selalu terlindungi pada saat pengiriman menggunakan kardus tersebut.
Kardus TV akan selalu melindungi Manual book & TV nya pada saat pengiriman/ Pengantaran.

Agama itu melindungi budaya, Apapun Agama yang ada diindonesia pada hakikatnya pasti akan selalu seperti itu.

Apakah kita sudah bisa membedakan perbedaan Agama & Budaya.
Apakah kita sudah bisa melihat dari sudut pandang dua sisi yg berbeda.
Apakah yg baik menurutmu, sudah benar bagi yg lainnya.

Masa Depan adalah Anak Kita
Terkadang pernah terpikirkan dalam kesibukan dunia.
Apa pernah terpikirkan dalam benak kita, Ada batasan usia di tiap diri. Apa yang akan kita berikan kepada generasi kita selain materi?.
Mungkin UMKM Tiktok bisa kita ajarkan kepada anak- anak kita, emoticon-excited

Berharap Saja diberikan ilmu kanuragan yg mampu sehat sampai senja, dan menjadi manusia yg tak bisa mati, jadi kita bisa mantau anak cucu kita sampai generasi unlimited.


:garudadidadaku
Ingat Selalu NKRI Harga Mati,
Yang diskon cuman Sopi

emoticon-Traveller Ok Cukup Sekian Terimakasih Sudah Mampir Trit dimari, Semoga Menjadi semakin Bangga, Siapa Kita :ayoindonesia

Wallahu A'lam
And
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakathu.
Diubah oleh profelcisam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 29 lainnya memberi reputasi
26
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 05:48
Nyimak dulu emoticon-Smilie
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 05:56
Keren ya. Pngn tau lebih dalam lg pada jaman itu
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 06:00
BPCB itu kepanJangannya sendiri apa toh ? paK presiden republik indonesia ke-6 SBY keturunan kerajaan majapahit y.. huahua.. ditaKtor dg public speaKing nada rendah tenang klo d tipi tipi.. haha..
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 06:38
Bisa jadi bahan bukti jejak khilafah di nusantara, benar gak drun kadrun??

~ Gaj Ahmada
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 06:49
Banser NU harus siaga jangan sampai kadrun korwil Jatim berulah.Bisa-bisa mereka melakukan perbuatan seperti yang dilakukan Patah.Btw penelitian Sriwijaya dilakukan Malaysia apa karena peneliti negara ini dah kena persekusi kadrun Sumatera?Sriwijaya aja runtuhnya juga karena nenek moyang kadrun penganut agama damai(tapi cinta perang).Kalau Majapahit kan kadrun agak melempem kegencet banser.Sementara di wilayah Sriwijaya kadrun merajalela dan termasuk sarang 3% aparat pengagum khilafah
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 06:56
melunturkan akedahemoticon-Belgia
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 07:42
serius nanya, kenapa kebanyakan situs2 sejarah waktu ditemukan seringnya ada beberapa meter dibawah tanah ya? walaupun situs tsb berada di ketinggian ( bukit, gunung dsb )
emoticon-Malu (S)
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 07:48
Kalau butuh dana kerjasama dengan organisasi luar aja.... Oxford kek, natgeo kek
profile-picture
profile-picture
yanchespenda dan profelcisam memberi reputasi
2 0
2
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 07:49
peninggalan mataram kuno susah di jadiin duit,nemu patung aja sukur2 masih utuh. benda2 berharganya udah di amankan duluan sama VOC.
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 07:53
ada yg terkubur alami jarena faktor alam dan cuaca. sebagian besar di jawa sengaja di kubur paksa.biasanya saat pergantianrajanya
profile-picture
profile-picture
nievmizzet dan profelcisam memberi reputasi
2 0
2
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 08:05
Keren banget nih
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 08:13
Saya di rumah punya silsilah keturunan Prabu Brawijaya (Majapahit).

Pernah saya buat threadnya

Gue Keturunan Prabu Brawijaya (Raja Majapahit)

Saya juga jualin benda peninggalan Eyang saya yang merupakan keturunan berdasarkan silsilah tersebut

[URL="https://fjb.kaskus.co.id/product/5f3a12a0e83c726792092089/pusaka-majapahit/?ref=profile&med=lapak"]

Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan/URL]








profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 08:30
Dijaga baik takut dirusak sama orang yang tidak bertanggung jawab seperti yang sudah-sudah.
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 08:46
Quote:Original Posted By djinggo88
Sbenarnya sama saja
1 dunia atheis pun yang namanya perang , tindakan bengis , anarkis akan tetap ada. Cuma alasannya saja beda

War.....war never changes


Ada, tapi paling nggak perangnya karena alasan logis yg bisa dicerna akal sehat.

Berebutan SDA misalnya. Itu wajar kalo perang.

Tapi kalo sampe perang karena masalah iman itu gobloknya sampe ke bool
emoticon-Cape d... apalagi masalah "tuhan gw yang benar, tuhan lu sesat"
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 09:19
kalau orang berpikiran macem kadrun gak mungkin bisaa mikirr sejauh ini..sampe mencari menemukan sampe akhirnya digali..

kalo kadrun tau ada bangunan kuno peninggalan jaman dulu pasti dihancurrkannn....dan atassnyaa dibangunn rumah ibadahnya.....

kalo udah dibangun rumah ibadahh kan ga ada yg berani mindahin....hehehe....




profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 09:44
semoga bisa ditemukan dan menjadi bukti sejarah kebesaran majapahit pada zamannya
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 09:53
Wih keren.. bukti sejarah mulai muncul
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan profelcisam memberi reputasi
2 0
2
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 10:14
Kerajaan halu ya? Tapi minim bukti fisik..... emoticon-DP
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 10:25
@davinof

mending minim peninggalan daripada tapi ada bukti ... daripada yg cuma modal tulisan doang..tapi ngeklaim semuanya..... hehe
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Majapahit Ditemukan? | Proses Ekskavasi oleh BPCB Trowulan
25-08-2020 10:56
Majapahit khan emg di mojokerto ya
profile-picture
profelcisam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia