Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AnggaNavieAvatar border
TS
AnggaNavie
Quilling, Seni Menggulung Kertas yang Keren Banget!


Hallo gan! Agan-agan yang lahir pada tahun 90an pasti pernah dong ya membuat sebuah maha karya dari selembar kertas buku tulis agan; entah mungkin dibuat pesawat lah, topeng kesatria baja hitam lah, Crush Gear lah, dan lain sebagainya. Bisa dibilang, hal-hal yang ane sebutkan tadi adalah seni orignami, atau seni melipat kertas.

Ngomong-ngomong soal seni, apakah seni yang mengolah kertas hanya origami saja? Well, ternyata cukup banyak lho berbagai jenis seni yang menggunakan kertas sebagai medianya, Quilling salah satunya.
_____




Singkatnya nih, quilling atau filigree adalah seni menggulung, membentuk, dan merekatkan kertas-kertas secara bersamaan. Dalam seni ini, kertas yang terdiri dari berbagai warna dimanipulasi sedemikan rupa dengan cara digulung, dilengkungkan, diplintir, dan sebagainya tergantung ke kreativitasan sang empu seniman. 

Biasanya, hasil dari quilling ini dijadikan hiasan atau dekoratif, seperti ditempel pada kartu undangan, dijadikan hiasan dinding, pernak pernik, dan lain sebagianya. Akan tetapi jika agan berminat membuat karya ini, sepertinya bahan-bahannya agak sukar ditemukan. Pasalnya, dibutuhkan kertas, jarum, dan penggaris khusus untuk membuatnya. Tapi ini pendapat ane, mungkin agan bisa tanya-tanya di toko ATK mengenai bahan-bahannya.
_____


Oke, setelah melihat beberapa sampel seni Quiling di Instagram, seni menggulung kertas ini menurut ane sangat menarik. Bagaimana tidak? Kertas yang biasanya dijadikan sebagai kanvas untuk membuat sebuah karya lukisan, malah digunakan sebagai bahan lukisan itu sendiri.

Dan berikut ini adalah beberapa hasil karya Quilling keren yang ane temukan di Instagram, check these out!



Ini salah satu hasil karya seni quilling epic menurut ane. Karya indah ini ternyata disiapkan oleh artist-nya untuk pameran pada tahun 2018 silam. Btw Karya ini sempat di-repost oleh akun resmi Instagram lho. (Kredit: pinkzhazha)
_____




Dan gambar di atas salah satu karya yang menurut ane enggak kalah epic. Keren banget kan gan bikin lukisan mirip karya Van Gogh hanya dari kertas yang digulung-gulung. Btw untuk menyelesaiakannya, dibutuhkan kurang lebih satu bulan. (Kredit: Vesna Rikic)
_____



Nggak hanya untuk gambar-gambar wajah atau abstrak aja gan, agan juga bisa membuat potrait seseorang dengan cara quilling. Contohnya nih kayak gambar di atas yang merupakan gambar wajah milik Sir. Paul salah satu personil The Beatles. (Kredit: Yulia Brodskaya)
_____




Selain gambar potrait, abstrak dan pemandangan, bisa juga lho seni ini digunakan untuk menghias nama kayak contoh di atas. Yang pasti jika agan terlatih dalam membuatnya, bisa tuh dijadikan bisnis sampingan. (Kredit: SB Quilling)
_____


Gimana nih gan setelah melihat hasil karya-karya di atas? kira-kira apakah agan berniat mempelajarinya? Lumayan lho buat dijadikan hobi baru untuk mengisi waktu luang ketika di rumah aja, bakal lebih keren lagi kalau sampai bisa dijadikan bisnis sampingan.

Oke deh, sekian thread ane, mudah-mudahan dapat menginspirasi para juragan emoticon-Big Grin
Salam
_____


Eh BTW Kapan terakhir kali agan membuat sebuah karya dengan cara melipat kertas? Seperti membuat pesawat misalnya. Kalau ane pribadi sih entah ya, mungkin 5-7 tahunan yang lalu, jaman-jaman ane masih sekolah SMA. Duh jadi kangen main Crush Gear kertas yang ditiup.


Referensi:Wikipedia: Quilling. My Modern Net: Paper Quilling Artist Recreates Van Gogh’s ‘Starry Night’ With Swirling Details. Gambar cover: pinkzhazha, Yulia Brodskaya


Komeng para Juragan:
Quote:

Mantap nih komeng, kalau dibilang ribet, kayaknya iya emoticon-Ngakak (S) , ini prosesnya gan:
Diubah oleh AnggaNavie 21-08-2020 10:41
kazamakeitta
ekatse
tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.1K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It YourselfKASKUS Official
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.