Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alwaysgegeAvatar border
TS
alwaysgege
ANEKA SATE KHAS NUSANTARA..SATE LOVERS, MASUKKKKK !
sssstttt......Siapa yang tidak kenal sate?? makanan khas NUSANTARA yang satu ini sudah terkenal kelezatannya di seluruh dunia dengan ragam aneka daging dan potongan-potongan lainnya, tentunya ditambahkan dengan bumbu-bumbu lezatnya. Makanan ini wajib kita lestarikan. makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan yang biasanya terbuat dari lidi tulang daun kelapa, bambu, dan bahkan jeruji besi kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate.Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain.

Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dianggap sebagai salah satu masakan nasional Indonesia.Sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.

berikut macam-macam sate yang perlu agan ketahui.........

1. sate ayam Madura



masakan khas madura ini tentunya pasti anda menyukainya, yaitu Sate Madura, Sate ayam dengan bumbu kacang khas yang membuat sate ini memiliki rasa yang enak, gurih dan nikmat, jika anda bukan orang madura anda tetep juga kok bisa membuat masakan sate ini, tidak harus orang yang bisa masak sate madura adalah orang madura, mari coba anda buktikan bahwa andapun bisa membuatnya. Simak tutorial memasaknya berikut ini.

Bahan :

fillet ayam 250 g, dipotong dadu, kemudian anda tusuk dengan tusukan sate
jeruk nipis 1 buah yang telah iris
bawang merah 3 butir,diiris tipis
kecap manis 5 sdm
nasi putih atau bisa diganti lontong secukupnya

Bumbu Kacang Sate Ayam Madura :

bawang merah 3 butir
bawang putih 4 butir
kacang tanah 100 g, digoreng
kemiri 2 butir
garam secukupnya
air kaldu 150 ml
minyak goreng 2 sdm

Sambal Bawang Sate Ayam Madura :

bawang putih 4 siung
cabe merah kecil 10 buah
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat dan memasak Sate Ayam Madura :

Pertama Untuk Pembuatan Bumbu Kacang: Anda campur bahan seperti bawang putih, bawang merah, kacang tanah, garam, dan juga kemiri, kemudian anda haluskan. Lalu panaskan minyak, kemudian bahan tadi ditumis hingga tercium bau harum, masukkan air kaldu dan selanjutnya masak sampai mengental lalu angkat.
Kedua Anda campurkan 2 sendok makan bumbu kacang dengan ditambah 2 sendok makan kecap manis, lalu celupkan sate, kemudian anda bakar hingga setengah matang. Angkat lalu gulingkan lagi dalam bumbu, terus anda bakar lagi hingga matang, angkat.
Untuk Sambal bawang: Anda lakukan adalah panaskan minyak, kemudian tumis bawang putih sampai setengah matang lalu angkat. Selanjutnya anda campur bawang putih ditambah juga cabe merah kecil, dan garam, haluskan.



2. Sate Maranggi Puwarkarta





Tampilannya tidak nampak terlalu berbeda dengan sate pada umumnya, tetapi perbedaan akan terasa begitu gigitan pertama. Dagingnya terasa manis seperti dendeng dengan aroma rempah yang khas, tapi tetap empuk. Ya itulah kesan yang didapat ketika menikmati sajian Sate Maranggi Cibungur - Purwakarta. 10 tusuk sate sapi disajikan bersama sambal tomat yang pedesnya nonjok. Tanpa bumbu kecap ataupun kacang, sate maranggi ini sudah terasa nikmat. Saya hanya menambahkan sedikit kecap pada sambalnya supaya sedikit mengurangi rasa pedasnya. Selain daging sapi, pilihan daging kambing pun tersedia. Tapi saya lebih memilih daging sapi, lebih kerasa khasnya.



3. Sate lilit Bali





Aroma ikan yang berpadu dengan serai yang dibakar pastinya membuat Anda tergoda. Sajian sate lilit khas Bali memang disukai banyak orang karena rasanya yang gurih. Tak banyak yang menyajikan menu sate lilit kecuali di restoran khas Bali.

4. Sate Ponorogo





Sate Ponorogo adalah jenis sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Daging ayamnya sendiri sangat empuk dan bumbunya meresap. Sate Ponorogo berbeda daripada Sate Madura yang populer. Perbedaannya adalah pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate daging ayam dapat disajikan bersama dengan sate usus, kulit, dan telur ayam muda. Perbedaan berikutnya adalah sate Ponorogo melalui proses perendaman bumbu (di"bacem") agar bumbu meresap ke dalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dengan bumbu kecap dan minyak sayur.

Setelah bumbunya merata, sate dipanggang di atas pemanggang sate selama kurang lebih 3-5 menit. Alat pemanggang sate Ponorogo terbuat dari tungku (panggangan) yang terbuat dari tanah liat. Panggangan ini memiliki lubang di satu sisi untuk mengipas bara arang didalamnya. Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi dengan Bumbu Spesial. Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus.

Sulit menemui restoran atau penjual Sate Ayam Ponorogo di luar kota asalnya di Jawa Timur ini, selain belum tentu menemui kesamaan cita rasa aslinya. Meskipun demikian beberapa warung atau restoran yang menyajikan sate Ponorogo dapat ditemukan di Surabaya dan Jakarta.

5. Sate kambing





Bahan-bahan :

* Daging kambing cincang
* 5 butir bawang merah
* 1/2 sdt ketumbar sangrai
* Garam dan merica

Sambal Kecap :

* 6 buah cabai rawit hijau, iris bulat
* 4 buah cabai rawit merah, iris bulat
* 6 butir bawang merah, iris halus
* 5 sdm Kecap Manis Bango
* 1 sdt kecap asin
* 1 buah tomat buang bijinya, potong dadu
* 2 butir jeruk limau, ambil airnya

6. Sate Buntel khas Solo (Surakarta), Pak Min Pasar Pon





sate buntel adalah sate yang terbuat dari daging cincang, lalu dijadikan satu bak buntelan. Supaya menyatu, dagingnya dibungkus dengan lemak. Nahh, makin maknyus deh tuh rasanya.

7. Sate Kelinci khas telaga Sarangan Magetan





Mungkin di mana-mana mudah sekali menjumpai sate kelinci. Tapi, terasa beda bila kita memakannya sambil melihat eksotika Telaga Sarangan Magetan. Kelinci, binatang peliharaan lucu ini juga dapat dijadikan menu pengusir lapar kita. Tekstur dagingnya yang lembut dan berwarna putih, serasa nikmat bila dijadikan sate.

Mengenai rasa daging pada sate kelinci mirip dengan daging ayam. Namun, yang bikin sate kelinci ini berbeda rasa dan lebih nikmat dari sate ayam, adalah pada tekstur lembut daging kelinci.Sate kelinci tersaji dengan irisan bawang merah mentah pada satu porsinya. Dengan didukung perpaduan bumbu sate yang agak kehitaman karena porsi takaran pemberian kecap yang lebih banyak.

Penjual sate kelinci mudah sekali dijumpai di tepian Telaga Sarangan Magetan. Di obyek wisata berhawa dingin itu, menu kuliner yang satu ini dapat dijadikan alternatif pilihan di antara banyaknya menu makanan yang tersaji di sana. Bahkan, para wisatawan dapat menikmati sate kelinci dengan duduk lesehan beralaskan tikar sambil memandangi keindahan telaga tersebut. Sedangkan, untuk sajian menu minuman yang sangat cocok adalah ronde. Minuman yang kuahnya menggunakan jahe bikin tubuh kita terasa hangat.

Mengenai khasiat sate kelinci, Joni, salah seorang penjual sate kelinci di Telaga Sarangan mengatakan, dapat menjadikan tubuh terasa hangat, dan kolestrol yang terkandung pada daging kelinci sangat rendah. “Selain itu sate kelinci dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh.

8. Sate Klatak, Yogjakarta





Berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate klatak tidak menggunakan tusuk dari batang bambu melainkan jeruji besi sepeda. Bukan tanpa alasan, jeruji besi berfungsi sebagai penghantar panas yang baik membuat daging matang hingga ke bagian dalam.

Keunikan lainnya terletak pada bumbunya. Kalau biasanya sate kambing berbumbu kecap atau sambal kacang, sate klatak hanya menggunakan taburan garam dengan sedikit ketumbar.Saat digigit, garam yang bertabur di daging kambing menciptakan cita rasa yang berbeda, yang jelas sangat nikmat.

Cara menikmati sate klatak lebih pas dengan nasi putih yang disiram dengan kuah gulai. Kalau ingin pedas, tinggal menggigit cabe rawit yang sudah disiapkan di atas meja.Hampir sebagaian besar warung makan di Yogya menyediakan cabe rawit di atas meja. Rasa pedas makanan bukan dari sambal uleg, melainkan dari cabe rawit segar.

Tak ada sedikit pun bau prengus, tidak seperti kebanyakan sate kambing yang masih menyisakan sedikit aroma tak sedap tersebut. Selain itu dagingnya empuk dan tanpa lemak.

9. Sate Padang



Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.
Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.



Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.

10. Sate Kere Khas Solo





Sate Kere adalah sebutan untuk salah satu makanan khas Solo yang terbuat dari tempe gambus yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu.Selain tempe, bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus sapi.Sate ini juga dilengkapi dengan bumbu kacang yang sama seperti sate pada umumnya.

11. Sate PSK Bogor





"Emang top nikmatin PSK di Puncak, apalagi malem-malem pas lagi dingin-dinginnya". Eits, jangan berpikiran ngeres dulu... Kalimat itu memang bisa berkonotasi negatif, tapi buat para pecinta sate di Bogor dan Jakarta tentu sudah mahfum bahwa PSK itu sendiri bukan kepanjangan dari "Pekerja Seks Komersial" tapi "Pedagang Sate Kiloan". Ya, kalau menginap di kawasan Puncak ini saya menyempatkan diri untuk menikmati dahsyatnya sate kambing di Sate Kiloan PSK. Kenapa disebut "sate kiloan"? Soalnya, berbeda dengan penjaja sate yang menjual "porsi" satenya berdasar jumlah tusuk sate yang dihidangkan, di PSK kita memesan sate bukan "berapa tusuk" tapi "berapa kilo". Umumnya satuporsi adalah 1/4 kg yang bisa menghasilkan sekitar 12 tusuk sate dengan potongan yang cukup besar. Sate Kambing PSK ini memang cantik, walau potongannya besar-besar, daging sate PSK ini tetap lembut, tidak butuh perjuangan untuk melepaskannya dari tusuknya. Belum lagi bumbu berbahan dasar kecap yang meresap ke dalam daging.. Sluruuupp... Supaya lebih lengkap, sate kambing ini disajikan dengan potongan tomat, cabe rawit dan bawang merah. Tinggal dikucuri kecap... Sempurna!

12. Sate Rusa Khas Kalimantan Timur




Provinsi Kalimantan Timur, salah satu tempat yang dapat memanjakan lidah para pecinta kuliner.Bahkan menurut Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim Rita Widayasari, selain banyaknya aneka makanan yang bisa dijumapi, rata-rata harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.Di mana harganya terkadang, jauh dibandingkan beberapa makanan di Jawa yang bisa saja sangat mahal.Salah satu makanan khas dan favorit di Kaltim, yakni sate rusa. Di mana bumbu sate tersebut sebetulnya persis seperti sate di Jawa yaitu menggunakan bumbu kacang dan kecap.

"Ini makanan juga sekaligus kontroversi, namun tetap masih ada dan laku saja sampai sekarang," ujar Rita di Jakarta, Sabtu (3/1).

Daging rusa yang favorit di Kaltim itu juga dikabarkan memiliki tekstur yang lembut hampir mirip seperti daging sapi namun jauh lebih empuk. Karena itu, tidak hanya sate, tetapi sop nya juga menjadi pilihan alternatif sekaligus favorit.
eksotisme kuliner Kaltim tidak hanya menyangkut daging rusa. Mengingat Kaltim terlebih Kukar dikelilingi sebagian besar perairan, maka seafood juga menurutnya tidak kalah pamor ketimbang makanan lainnya.


0
12.8K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.