Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gitalubisAvatar border
TS
gitalubis
Si Hitam Manis Yang Memikat
Si Hitam Manis Yang Memikat
sumber gambardi sini


Si Hitam Manis yang Memikat.
Halo, Gan, Sis! Kali ini ane mau membagi resep makanan khas daerah kota ane. Ane kasih tahu ciri-cirinya ya, teksturnya lembut, warnanya hitam, dan rasanya itu manis. Ayo dah bisa nebak belum itu apa, nggak ada yang bisa nebak?

Ane kasih tahu aja ya, jawabannya dodol. Ada yang protes kenapa dodol? Karena ciri-ciri dodol memang seperti itu Agan dan Sista.

Bukan hanya orang manis aja yang bisa memikat, dodol si hitam ini juga bisa memikat indra perasa kita lo guys. Rasanya yang manis, membuat makanan ini terus melegendaris sampai sekarang di kota tanjung pura kab, Langkat.

Kota yang dilintasi bila kalian ingin berpeegian ke sabang, titik 0 km itu.

Langsung kita bongkar aja yuk, apa sih resep di balik si hitam manis ini, sampai-sampai daya tariknya masih kuat sampai sekarang. Ini dia ni.
Pertama, kita siapkan dulu bahan-bahannya, ya.

Ketan
Gula aren
Kelapa
Vanili
Garam

Setelah bahan-bahannya sudah tersedia, kita masuk ke tahap berikutnya. Yakni cara membuat dodol, tapi pastikan alat-alatnya sudah tersedia juga ya, Guys, biar nggak repot.

Kita masuk ke langkah-langkahnya ya.

Pertama, ketan dibersihkan terlebih dahulu, lalu dicuci, dan direndam beberapa jam, setelah itu tiriskan dan digiling untuk dijadikan tepung.

Dahulu orang menggiling tepung dengan cara ditumbuk pakai lesung, sekarang orang menggilingnya menggunakan mesin penggiling karena sudah modern.

Kedua, gula aren dimasak sampai mencair, setelah itu disaring agar lebih bersih.

Ketiga, kelapa yang tadi diperas untuk diambil santannya.

Keempat, masak tepung ketan, sedikit garam, dan santan sampai mendidih. Setelah agak mengental, tambahkan gula aren yang sudah disaring tadi, lalu kembali diaduk sampai adonan tidak lengket.

Oh, iya. Untuk varian rasa, Agan sista boleh kok menambahkan citra rasa sesuai yang kalian mau. Misal rasa pandan, agan sista bisa menambahkan perasan pandan ke dalam adonan dodol pada langkah keempat ya. Selamat mencoba, atau Agan sista mau tanya-tanya lagi, kalian bisa langsung tanya ke saya.

Nah, itu tadi resep dari si hitam manis yang memikat. Jangan lupa dicoba ya, kalau masih ada yang ingin ditanyakan boleh tanya melalui kolom komentar ya.
Diubah oleh gitalubis 17-10-2020 02:36
nofivinovie
rirandara
trifatoyah
trifatoyah dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.6K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.9KThread13KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.