Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ummusalihaAvatar border
TS
ummusaliha
Kuping Gajah Tanaman Rahasia Kekuatan Hati?
Filosopi kuping gajah

Ilustrasi Dekoruna


Anthurium crystallinum atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama Kuping gajah merupakan tanaman yang mempunyai bentuk seperti hati dan bisa bertahan hidup dalam keadaan apapun. Tanaman yang dipercaya berasal dari amerika serikat ini tumbuh subur dimana pun. Kuping gajah mempunyai dua jenis yaitu daun dan bunga. Selain cara perawatannya yang mudah, bentuknya yang fleksibel seperti hati, bisa dijadikan hiasan di dalam ruangan karena corak juga seratnya beragam warna.

Pernahkah kalian melihat tanaman tersebut dengan lebih jeli, yang ternyata di dalam tanaman kuping gajah terdapat filosopi yang mendalam tentang hati? Seperti kelebihannya yang bisa bertahan hidup dalam keadaan apapun, akarnya yang cukup keras dan kuat, juga daunnya yang nampak lebar berbentuk hati dengan serat juga coraknya yang sangat indah. Sedikitnya ada pelajaran loh yang bisa kita ambil dari tanaman itu, apa saja sih? Mari simak penuturan berikut :

Akar

Ilustrasi dokpri

Akar merupakan dasar pokok bagi kehidupan setiap tanaman. Melalui akar yang berfungsi sebagai pengokoh berdirinya tanaman, juga penyerap air dan nutrisi untuk tumbuh kembang tanaman, maka sangatlah penting jika asupan makanan atau nutrisi yang diserap akar berkualitas baik. Kalau saat pemupukan baik, maka akan menghasilkan tanaman yang indah, tidak mudah terkena hama.

Begitu pun dengan hati, jika akar pikiran kita dipupuk dengan baik. Dipenuhi dengan pikiran positif maka akan menghasilkan dasar pikiran yang kokoh. Mau kita bertemu dengan apapun juga siapapun, saat sudah mempunyai prinsip hidup yang kokoh. Godaan apapun akan berhasil kita atasi dengan baik, hati akan luas dengan sendirinya karena kita selalu berpikir positif.

Serat


Jika serat atau corak pada kuping gajah diartikan suatu keindahan bagi tanaman tersebut. Di sini anggaplah serat yang bergaris banyak itu seperti masalah dalam kehidupan. Setiap orang tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah juga cobaan. Tidak semua mampu mengatasi dan menerima masalahnya dengan baik, apalagi dengan hati yang lapang.

Tidak semua serat dan corak di daun kuping gajah itu terlihat beraturan. Namun, karena kelebaran daunnya yang mampu menampung. Maka daun kuping gajah menjadi lebih indah untuk dipandang, begitu pula dengan hati kita.

Ketika masalah dan cobaan datang melanda, yang perlu kita lakukan hanyalah memperlebar tempat yaitu hati kita. Jika hati luas maka semua masalah yang dihadapi tidak akan kita anggap sebagai hambatan. Namun, dijadikan sebagai teman perjalanan hidup untuk lebih dewasa.

Tipe tanaman kuat

Sumber

Kuping gajah bisa dibilang tanaman yang cukup kuat. Walau pernah layu bahkan hampit mati kekeringan, namun saat akarnya masih ada. Jika rutin disiram dan kembali dirawat, tanaman ini akan hidup kembali.

Begitu juga dengan hati, walau begitu banyak kesedihan, kekecewaan, bahkan mungkin kita pernah ada di posisi down. Jangan pernah lupa menyirami hati dengan nasihat yang baik, menerima masukan positif supaya hati kita tidak kering alias mengeras karena egoisme diri, apalagi sampai mati maka hal tersebut sangatlah merugikan kita.



Terlepas dari semua kekecewaan dan trauma yang pernah ada dalam kehidupan. Kita wajib berusaha memperbaiki diri, memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri jauh lebih baik. Ketika jiwa sedang sakit, sibuklah menata hati bukan membalas dengan caci maki. Karena pembuktian nyata adalah tindakan, bukan omong kosong belaka.



Sekian celoteh pagi manusia fakir ilmu. Mari kita diskusi santai, karena berbagi itu indah. Salam kaskuser seluruh dunia. Haturnuhun
:terimakasih:terimakasih:terimakasih


Narasi @Ummusaliha
Diubah oleh KS06 20-08-2020 00:33
lenitan
tien212700
salilasa
salilasa dan 48 lainnya memberi reputasi
49
8.4K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.