Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

depata.prasetyaAvatar border
TS
depata.prasetya
Sosok Kromoleo, Hantu Pembawa Pesan Kematian
Sosok Kromoleo, Hantu Pembawa Pesan Kematian



Quote:




Sosok Kromoleo, Hantu Pembawa Pesan Kematian


Apa kabar Para Pecinta Horrordimana pun kalian berada
Semoga mereka yang tak kasat mata selalu menemani kalian.



Pasti masih banyak dari GanSist yang tidak tau apa itu Kromoleo. Kromoleo sendiri adalah sosok hantu yang paling banyak ditemui di tanah Jawa, terutama Jawa Tengah. Dan paling sering muncul di sebuah pedesaan di dekat lereng gunung.

Sebenarnya wujud dari sosok ini tidaklah menakutkan, tapi kedatangan nya lah yang membuat bulu kuduk siapa pun jadi merinding ketakutan.


Kromoleo adalah sosok hantu pembawa keranda. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa sosok ini terdiri dari 6 hantu yang berpostur seperti manusia yang membawa keranda yang di dalamnya berisi jenazah. Sosok yang membawa keranda tersebut diyakini memiliki muka pucat dan biasanya menggunakan pakaian hitam. Sedangkan jenazah yang ada di dalam keranda memiliki muka yang menyeramkan dan berbau busuk dengan kain kafan yang sudah usang.


Biasanya sosok yang membawa keranda akan berjalan sambil mengucap kalimat Oleho..Oleho..Oleho. Oleho sendiri berarti mendapatkan. Dan dari referensi yang TS dapatkan, kata mendapatkan ini memiliki arti mendapatkan korban nyawa. Namun ada juga yang bilang bahwa sosok tersebut mengucapkan kalimat Lailahailallahseperti hal nya orang yang sedang membawa jenazah ke kuburan.

Banyak yang mempercayai bahwa kemunculan sosok hantu kromoleo identik dengan pertanda bahwa akan ada orang yang meninggal. Jika sosok kromoleo ini terlihat di sebuah desa, maka biasanya akan ada salah satu warga di desa tersebut yang akan meninggal.


Ada yang mengatakan bahwa sosok hantu kromoleo sendiri adalah bentuk dari sebuah ritual yang digunakan seseorang untuk memperpanjang umur. Atau bisa disebut sebagai pesugihan.


Sebenarnya ada caranya supaya ketika bertemu dengan sosok yang satu ini tidak menimbulkan korban jiwa. Dan caranya pun juga cukup mudah. Caranya itu adalah dengan mengikuti sosok kromoleo tersebut sampai ke ujung desa. Dan ketika sosok tersebut sudah sampai ujung desa dan meninggalkan desa tersebut, barulah kita berhenti untuk mengikutinya.


Cara tersebut mungkin terlihat mudah, tetapi apakah GanSist berani untuk mengikuti sosok hantu pembawa keranda beserta jenazahnya tersebut ?


Kalau cari di internet, banyak juga kesaksian orang-orang yang pernah menjumpai sosok kromoleo ini. Puji Sri Rahayu, salah satu warga kecamatan Sawangan kabupaten Magelang pernah bercerita tentang pengalamannya melihat sosok kromoleo.


Beliau bercerita ketika dirinya hendak ke Magelang naik motor, beliau melihat sekumpulan orang di sebuah jembatan. Namun, waktu sampai ditempat tersebut, beliau melihat ada sebuah keranda yang sedang diiringi banyak orang. Dan setelah dilihat lihat lagi, sekumpulan orang tersebut merupakan sosok hantu kromoleo. Beliau percaya bahwa itu adalah sebuah penanda kematian yang akan menimpa seseorang.


So, gimana GanSist apakah kalian percaya bahwa kehadiran sosok kromoleo bisa dihubungkan dengan kematian seseorang ? Apakah kalian percaya kalau sosok kromoleo sebenarnya adalah wujud dari sebuah pesugihan ?
Komen Dibawah


Jika ada tambahan/koreksi dalam thread ini

Komen Dibawah


Jika ada saran untuk next thread horror selanjutnya

Komen Dibawah



Sosok Kromoleo, Hantu Pembawa Pesan Kematian



Sumber : Opini Pribadi
Sumber Gambar :  link
Referensi : 1 , 2 , 3 , 4 , 5





Sosok Kromoleo, Hantu Pembawa Pesan Kematian

Diubah oleh depata.prasetya 23-02-2021 14:38
orgbekasi67
putrateratai.7
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.7K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.