Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jayantitutiekaAvatar border
TS
jayantitutieka
Trik Sederhana Yang Bikin Anak Cinta Pada Buku
Assalamu'alaikum. Apa kabar Agan Sista, semua?emoticon-Big Kiss

Hari ini ane pengen nulis di tred ane tentang anak yang candu buku, wow banget, kan?


Di era yang serba digital ini, orangtua mana si yang tidak mau anaknya jadi kutu buku?
Namun, masalahnya tidak gampang buat anak jatuh cinta pada buku. Ada gadget, televisi dan beberapa perangkat digital lainnya yang lebih menarik buat anak-anak. Benar, nggak?

Namun, bukan berarti AganSis tidak bisa buat anak cinta buku, kan?
Berbagai trik di bawah ini boleh dicoba biar anak bisa tertarik pada buku.

1. Jadilah Orangtua Teladan.

Jika GanSis ingin anak-anaknya cinta buku, maka mulailah dengan diri sendiri terlebih dahulu.

Luangkanlah sedikit waktu untuk membaca buku dan tunjukkan bahwa kegiatan membaca buku ini sangat bermanfaat buat diri manusia.

Saat membaca buku usahakan di depan anak-anak, ya, dengan begini mereka akan melihat dan mencontoh sikap AganSista.

2. Sediakan Waktu Setiap Hari Bersama Anak-anak Untuk Membaca Buku.

AganSis, bisa memilih waktu yang tepat bersama anak untuk membaca buku di setiap harinya secara konsisten. Pagi hari misalnya, atau malam hari sebelum tidur. Hal ini dapat membuat anak terbiasa dengan buku.

Saat membacakan buku, buatlah suasana se-bahagia mungkin dan bacalah dengan suara dan intonasi yang berubah-ubah, sehingga anak-anak merasa kalau AganSis lebih menarik dari pada gadget atau televisi.

Awal-awal melakukan aktivitas ini, carilah buku yang menarik. Buku yang dipenuhi gambar-gambar dan tulisannya hanya sedikit saja. Dengan demikian anak-anak tidak akan bosan dan merasa penasaran.


3. Sediakan Buku yang Bervariasi dan Buatlah Tempat yang Menyenangkan dan Membuat Anak-anak Betah Berlama-lama di Sana.

Meskipun rumah mini, tetapi tidak menghalangi GanSis untuk membuat sebuah hunian sederhana yang dicintai anak-anak. Ane sendiri memilih pojok rumah untuk dihias dan dijadikan perpustakaan mini.

Ajak anak-anak untuk menghias dan mendecornya. Minta mereka untuk mewarnai dengan unik di kertas putih, lalu tempellah hasil karya mereka. Dengan begini mereka akan merasa memiliki perpusatakaan itu sendiri.

Isi bukunya?

Buat yang punya budget pas-pasan jangan langsung kabur. Banyak kok buku-buku tipis yang bergambar dan full warna, yang harganya irit di kantong.

Dokumen pribadi

4. Tebar buku di mana-mana.

Ini ni, yang bakal buat anak-anak tergila-gila pada buku. Saat sedang bermain, eh, di tempat bermainnya ada buku. Saat hendak tidur, di sisi ranjangnya ada buku. Saat hendak membantu ibunya memasak, juga ada buku. Meskipun buku resep masakan ibunya, he... he...

AganSista, buatlah anak-anak terbiasa dengan melihat buku di mana-mana. Dengan begini perlahan anak akan membuka buku-buku yang bertebaran itu. Meskipun konsekwensinya rumah nggak tertata alias akan berantakan. Menurut ane si nggak papa, yang penting anak cinta aja dulu sama buku.

5. Buatlah Jadwal Baca Buku yang Bahagia.

Anak-anak itu senang yang bikin mereka bahagia, kan? Seperti bermain, belajar sambil bernyanyi dan hal-hal yang bikin mereka tidak terbebani.

Nah, semua itu dapat diterapkan dengan membuat jadwal membaca buku. Buat anak yang berhasil menyelesaikan beberapa lembar bacaannya (sesuai dengan kesepakatan bersama, ya), akan diberikan reward.

Dokumen pribadi

Hadiahnya nggak mesti yang mahal-mahal GanSis. Sebuah eskrim atau sepotong coklat misalnya. Dengan begini, anak-anak akan bersemangat dan berlomba-lomba untuk membaca. Meskipun awalnya mungkin hanya untuk memperoleh sesuatu, bukan karena cinta pada buku. Namun, yakinlah lama kelamaan, mereka akan merasakan manfaat dekat dengan buku.

6. Buatlah Evaluasi yang Mengasyikkan.

Mintalah anak bercerita kembali apa yang telah mereka baca. AganSis, bisa berpura-pura bermain peran. Saat si anak bercerita, GanSis, harus menjadi pendengar yang baik. Pendengar yang antusias mendengarkan ceritanya dan terlihat seperti murid dan guru. Dengan begini, anak-anak akan merasa apa yang dibacanya sangat bermanfaat.

Selain itu juga, hal ini dapat melatih kepercayaan diri anak. Anak akan merasa yakin tampil ke delan karena sudah memiliki bahan dari membaca buku.

Selamat mencobaemoticon-I Love Kaskus

prahayuh
qoni77
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.