wisnusatriyaAvatar border
TS
wisnusatriya
Kerja jauh, gaji besar VS Kerja deket, gaji standard

Sumber

Haloooooo.....

Selamat pagi, siang, sore dan malam buat agan2 dan sista2 semua yang sudah buang buang waktu mampir di thread ane yang super duper sederhana ini. Kali ini ane akan berbagi sedikit cerita, yang mungkin sebagian besar dari kita ngalamin...terutama yang udah pada kerja yee..

Yah namanya dunia kerja bray, pasti ada aja ceritanya,,,


Sumber

Oke, pertama ane ceritain dikit tentang diri ane. Ane cowo, usia 20an akhir, nyrempet dikit hampir ke kepala 3,,hehhe. Selama 6 tahun ini ane kerja di sebuah perusahaan swasta yg produksi furniture atau mebel.

Kebetulan posisi ane sekarang udah semacem section head,, di berbagai tempat kerja beda-beda sebutannya, intinya ane mimpin satu divisi khusus yang beranggotakan 20 orang.



Sumber

Di divisi ane, ada anggotanya dipilah-pilah lagi berdasarkan skillsetnya. Ada yg welder, grinder, operator mesin potong, operator mesin bor dsb. Nah cerita ini ane dapet ketika ane ngerekrut welder ane.

Note : Yg belum tau welder itu kerjaan apa,, nihpenampakannya 


Sebelumnya ane jelasin dulu, jadi keseluruhan 20 orang yg ada di divisi ane itu outsourcing gan. Upah mereka dibayar per hari, kaga bulanan kaya karyawan tetap. kalo ga masuk kerja ya berarti hari itu ga dibayar.


Sumber

Oke kembali ke cerita welder ane tadi. Jadi waktu ane interview, welder ane ini ternyata punya sertifikat segudang. Sama pengalaman jadi welder di berbagai tempat. Mulai dari ngelas tangki pertamina sampai jadi tukang las di proyek konstruksi. 

Singkat cerita, secara skill, si welder ini over qualified banget doong. Ane tanyain lagi dia.

Quote:




Awalnya ane mikir mungkin dia ngomong gitu biar ketrima aja,  ane duga dia cuma ngisi waktu doang sampe dapet proyek baru lagi. 

Dan ternyata, 5 tahun setelah interview tadi, si welder ane itu masih stay kerja sama ane di sini. Dari dia ane dapet satu sudut pandang baru, "Segedhe apapun gaji lu, kaga bisa ngalahin indahnya ngabisin waktu bareng keluarga."


Lain orang lain cerita bray, kali ini cerita dari temen ane. Selama ini dia kerja di kebun kelapa sawit, di luar pulau Jawa. Pertama di Papua, habis itu pindah di kalimantan, dan masih di sana sampai sekarang. 

Dia pulang ke Jawa paling setahun sekali, atau malah 2 tahun sekali.

Ane masih inget percakapan antara ane sama dia beberapa tahun yg lalu.


Quote:



Denger jawaban temen ane itu, ga ane lanjutin deh pertanyaan ane. Ane sruput lagi kopi ane, yg mulai agak dingin & hambar.


Sumber


Dari cerita dua temen ane di atas, timbul pertanyaan di benak ane. 

Kalo ane ada di posisi temen-temen ane itu, pilihan mana yg bakal ane ambil yak ? gaji gedhe tapi jauh dari rumah ato gaji yg standard2 aja, tapi deket sama rumah dan keluarga ?

Selang beberapa waktu kemudian, sekitar tahun kedua ane kerja di perusahaan ane sekarang, ane iseng2 nyoba daftar di salah satu anak perusahaan BUMN yg cukup gedhe lah, yang jelas kalo dari gaji pokok, offeringnya hampir dua kali dari gaji ane di perusahaan waktu itu.

Dan emang rejeki ane ya, ane ketrima.

Tapi akhirnya, ane tolak kerjaan itu, karena ada satu kondisi yg bikin ane berat, yaitu lokasi penempatan kerja yg di luar pulau Jawa. Yang berarti kalo ane terima, ane bakalan jauh dari keluarga ane. 

Yah mungkin agan2 sekalian mikir ane cemen, anak rumahan, anak mama lah. Tapi di sini coba ane kasih dikit sudut pandang dan pertimbangan ane. 

Yang pertama, kaga ada yg ngerawat orang tua ane

Yang perlu kita tau, ortukita kaga bakal tambah muda, yang ada tambah tua, tambah lemah. Dan menurut ane, saat itu lah gantian kita yg ngerawat orang tua. Mungkin ada yg beranggapan dengan gaji kita gedhe, kita bisa lebih leluasa bahagiain orang tua. 

Ya kaga salah juga sih. Tapi berdasarkan apa yg alamin sama ortu ane, mereka lebih seneng liat anaknya pulang daripada cuma uangnya yg dateng. Lebih seneng lagi kalao anaknya pulang bawa uang pula, hehehe..

Tapi jujur bray, yg ane denger dari ortu ane. Orang tua tuh udah ga kepengen yg macem-macem, Secara udah kenyang makan segala macem asem, garem, sepet kehidupan. Yang paling mereka pengen itu ditemenin. 

Soalnya kata ortu ane, semakin nambah umur semakin sepi rasanya. Yah, itu sih dari ortu ane ya gan,, kan ga semua ortu punya pikiran sama,,,

Yang kedua, ga ada yg ngalahin nyamannya kampung kelahiran

Klise banget ya kata-kata ane di atas, hehehe, tapi emang itu yang ane rasain. Ane beruntung dapet kerjaan di Jawa timur. 

Emang ane kerja kaga di kota kelahiran ane sih, tapi itungannya masih relatif deket lah. Apalagi udah ada tol sekarang, kalo ada apa2, gaspol, 1 jam udah sampe rumah. 

Agan2 pasti sering nemuin kan, orang yang udah pensiun akhirnya pada balik ke kampung halaman buat ngabisin masa tua. Kenapa ? karena menurut ane, tempat di mana kita tumbuh besar biasanya punya tempat spesial di hati kita. Dan juga tempat di mana kita merasa paling nyaman. 

Sejak lulus SMA, ane udah minggat dari kota asal ane. Ane kuliah 5 tahun, habis itu kerja di beda kota lagi. Tapi meskipun ane cukup nyaman di kota rantau ane, tapi tetep kaga bisa ngalahin nyamannya di kota kelahiran ane. 

Ane juga cukup beruntung, bisa mudik tiap lebaran. Cuma satu jam gaspol, udah sampai rumah. Hehehehe..

Ada beberapa temen ane, yg ngeluh kangen kampung halaman gara-gara kaga bisa pulang pas lebaran. Atau homesick berat gara2 cuma bisa pulang setahun sekali atau dua tahun sekali.

Yah, tapi itu semua kembali ke orangnya masing-masing. Kan tiap orang beda-beda isi pikirannya. 

Yang terakhir, kuota waktu yg kita punya itu bukan paket unlimited

Semua yg ada di hidupkita ini serba terbatas, apalagi waktu. Kita kaga tau hidup kita ini sampe kapan. Menurut ane, dengan waktu yg terbatas, sebaiknya dihabiskan dengan orang-orang terdekat kita. 

Menurut ane uang bisa dicari, tapi waktu yg udah lewat kaga bisa dibeli lagi bray,,juga kebersamaan sama orang-orang terdekat kita. Orang tua, kerabat, kakek, nenek, sodara, pacar.

Semakin kita nambah umur, satu persatu orang di kehidupan kita bakal pergi. Jadi mumpung kuota waktu kita masih jalan, menurut ane mending banyak-banyakin dihabisin sama orang2 terdekat kita. Karena kita kaga bakal tau kapan lagi bisa ketemu...

Quote:



Terima kasih udah mampir di thread ane gan/sist, kalo berkenan, bagi rate, komen dan cendolnya ya gan/sist....hehehe...

Awas clickbait

semoga kita semua diberi umur panjang dan keselamatan....dan sampai jumpa di thread ane lainnya. 



blezzernet
screamo37
screamo37 dan blezzernet memberi reputasi
2
1.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.