Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

laziestgulzzAvatar border
TS
laziestgulzz
Bolehkah Menyimpan Yoghurt Dalam Waktu Lama? Ini Penjelasannya!

Rasa asam yang menyegarkan dan menyehatkan membuat yoghurt menjadi pilihan yang tepat dikala hati ingin ngemil tapi ngga mau makan makanan berat dan kurang sehat.

Yogurt terbuat dari susu yang sudah difermentasi dengan bakteri baik bifidobacteria dan lactobacillus. Banyak sekali manfaat yoghurt yang bisa kita dapatkan. Diantaranya adalah untuk menyehatkan usus, membantu menurunkan berat badan, hingga gangguan kecemasan karena kemampuannya dalam merangsang hormon serotonin.

Meski begitu, yogurt memiliki masa simpan yang singkat dibanding makanan/minuman kemasan lainnya. Terutama jika disimpan secara sembarangan, produk olahan sisi ini bisa rentan rusak dan berbahaya jika dikonsumsi.

Untuk menghindari risiko kerusakan, yoghurt harus disimpan dalam kulkas dengan suhu ruang yang rendah. Dengan begitu kadar bakteri baik pada yoghurt akan tetap berada dalam batas normal. Sehingga bakteri jahat pun akan sulit masuk dan merusak yoghurt.

Walaupun bisa disimpan dalam kulkas, penyimpanan yoghurt ini tetap harus diperhatikan. Kira-kira berapa lama ya produk olahan susu ini aman disimpan dikulkas?

Sebenarnya, semua jenis yoghurt aman dikonsumsi selama belum melewati masa kadaluwarsanya. Tapi menurut Dairy Goodness, yoghurt sebaiknya dikonsumsi maksimal 1-3 minggu setelah tanggal produksi (yang bisa kita lihat pada kemasan). Proses penyimpanan yoghurt juga ternyata dapat menentukan masa simpan yoghurt.

Berikut adalah tiga faktor yang menentukan seberapa lama waktu simpan yoghurt:
1. Tanggal kadaluwarsa
2. Tempat penyimpanan
3. Jenis yoghurt

Biasanya greek atau plain yoghurt bisa tahan selama 2 minggu setelah tanggal produksi, sebelum mengalami penurunan kualitas. Sedangkan yoghurt cair memiliki waktu simpan yang lebih singkat, karena adanya campuran bahan lain, seperti penambah rasa dan buah-buahan. Menurut Eat by Date, minuman yoghurt berperisa harus dikonsumsi maksimal 7 hari setelah dibeli.

Jika yoghurt telah dibuka kemasannya lalu didinginkan kembali didalam kulkas, yoghurt akan lebih rentan terpapar bakteri atau kotoran yang bisa merusak tekstur rasa dan kandungannya. Jadi lebih baik jika sudah dibuka, jangan disimpan lebih dari tiga hari.

Makanya, ane kalau beli yoghurt pasti langsung dihabisin aja, ngga dibuka terus disisain dikit-dikit. Biasanya ane minum yoghurt yofityang biasa ane beli online di tokopedia. Tiap minum, sekali buka langsung habis.

Satu lagi hal penting yang wajib diketahui oleh para pecinta yoghurt. Jika yoghurt yang kita simpan berubah bentuk, menjadi lebih cair atau muncul cairan bening dipermukaan yoghurt, jangan khawatir. Yoghurtnya masih aman dikonsumsi selama tidak mengeluarkan aroma busuk atau berlendir. Suhu yang tidak stabil terkadang membuat cairan yoghurt teepisah menjadi dua lapisan, yaitu bagian kental dibagian bawah dan lapisan tipis air yang agak keruh diatasnya.

Cairan yang muncul dari mengendapnya protein susu ini dikenal dengan nama whey. Whey mengandung kalsium dan potasium yang terpisah saat yoghurt disimpan. Cukup diaduk kembali hingga rata, yoghurt masih aman dikonsumsi atau diolah menjadi berbagai jenis dessert.


Diubah oleh laziestgulzz 17-08-2020 07:30
0
708
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.