Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

god.romushaAvatar border
TS
god.romusha
Trump Pertimbangkan Pengampunan Kepada Snowden
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan dia tengah mempertimbangkan pengampunan pada Edward Snowden, mantan pegawai Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Badan Intelijen AS (CIA) yang kini menjadi buronan karena membocorkan rahasia intelijen melalui internet.

Pernyataan Trump itu disampaikan dalam sesi tanya jawab saat konferensi pers di klub golf Bedminster, New Jersey. Trump ditanya oleh jurnalis yang hadir apakah dia akan mempertimbangkan untuk mengampuni Snowden.
Lihat juga: Edward Snowden Minta Perpanjangan Izin Tinggal di Rusia

Kemudian, Trump mengatakan tidak begitu menaruh perhatian tentang situasi Snowden saat ini. Namun, dia berencana untuk mengevaluasi usulan itu dan menyebut kontroversi Snowden itu sebagai keputusan terpisah.

"Banyak orang berpikir bahwa dia harus diperlakukan berbeda, dan sebagian lain berpikir dia melakukan hal yang sangat buruk," kata Trump dikutip dari AFP, Minggu (16/8).

Pernyataan Trump tersebut berbanding terbalik dengan perkataannya saat kampanye 2016 lalu. Trump saat itu memiliki pendapat buruk tentang Snowden.

"Saya pikir dia adalah pengkhianat dan saya akan menghadapinya dengan tegas,"ucapnya pada 2016 lalu.
Lihat juga: AS Gugat Snowden terkait Penerbitan Buku Memoar Baru

Saat ini, Snowden hidup dalam pengasingan di Moskow, Rusia sejak 2013 lalu. Ia sempat sembunyi di Hong Kong dalam saat melarikan diri dari biro NSA di Hawaii.

Pemerintah Rusia setuju memberikan suaka kepada Snowden pada saat itu. Mereka juga memperpanjang izin tinggal Snowden hingga 2020.

Snowden adalah salah satu buronan pemerintah Amerika Serikat. Ahli komputer itu disangka membocorkan sejumlah informasi intelijen pemerintah AS dan program untuk mengawasi seluruh orang dengan cara membobol perangkat elektronik.

Dalam wawancara pada September 2019, Snowden mengatakan dia bersedia kembali ke AS jika ada jaminan proses pengadilannya berjalan dengan adil.

Kisah hidupnya bahkan diangkat ke layar lebar empat tahun lalu oleh sutradara Oliver Stone, dan dibintangi oleh aktor Joseph Gordon-Levitt.

Pada 2016, Kongres AS mengklaim Snowden menjalin kontak dengan pejabat badan intelijen Rusia setelah tiba di negara tersebut. Namun, Snowden membantahnya.
anton2019827
anton2019827 memberi reputasi
1
323
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.