Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Fiat 500 Tahun 1959, Mobil Mungil yang Jadi Inspirasi Sosok 'Luigi' Dari Film Cars

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Fiat 500 Tahun 1959, Mobil Mungil yang Jadi Inspirasi Sosok 'Luigi' Dari Film Cars
Kembali berjumpa diforum otomotif gan sist, kali ini TS masih membahas karakter dari film Cars. Semoga gak bosan ya, kali ini ada karakter Luigi yang akan ane bahas. Dalam filmnya Luigi digambarkan memiliki toko ban di Radiator Spring bersama Guido, temannya. Luigi dan Guido digambarkan sangat suka mobil Ferarri, mengingat keduanya berasal dari Italia. Langsung saja kita mulai pembahasannya gan sist.



FIAT 500 EDISI 1959

Mobil yang dijadikan karakter Luigi dalam film Cars adalah mobil buatan Fiat, agan yang suka nonton Moto GP pasti sudah kenal sama Fiat ya ? Mengingat Fiat dulu sempat jadi sponsor Rossi ditim utama Yamaha. Fiat sendiri merupakan pabrikan mobil dari Italia gan sist, namanya memang tak setenar Lamborghini atau pun Ferarri. Tapi Fiat sendiri merupakan salah satu pabrikan legendaris dari Italia, berdiri sejak 11 Juli 1899 di Turin.


Mobil ini dirancang oleh Dante Giacosca, dan pertama kali diproduksi tahun 1957. Produksi mobil ini terbilang lama gan sist, dimulai tahun 1957 dan berakhir tahun 1975. Mobil ini dirancang sebagai City Car, dengan bentuknya yang mungil. Mobil ini dirancang dengan dua pintu dan berbentuk mungil, varian tahun 1959 biasa disebut Nuova 500. Seperti foto dibawah ini bentuknya.




Fiat 500 1959 alias Luigi emoticon-Big Grin

Sumber


Fiat 500 hadir dalam berbagai model mulai dari 3 door hatchback, 3 door semi convertible, 3 door estate, 3 door panel van. Untuk Luigi sendiri mengambil model 3 door semi convertible, untuk pembukaan kita mulai dari eksteriornya gan sist.


EKSTERIOR

Dari segi eksterior mobil ini mengusung bentuk yang sederhana, dan terkesan gak ribet. Dimulai dari lampunya, mengusung bentuk bulat. Kemudian dibawah lampu utama, ada lampu kecil berwarna terang. Kemungkinan ini adalah lampu kabutnya (cmiiw), untuk lampu sein depan berada disamping body dengan bentuk bulat kecil berwarna kuning, letaknya tepat diatas spakbor depan.




Eksterior Fiat 500.

Sumber


Sementara pada bagian tengah-tengah diantara lampu utamanya, dibuatkan logo khas Fiat, dengan tambahan dua buah garis yang dilabur krom disamping logonya. Untuk bumper depan dibuat mengikuti bentuk bodynya, dan sudah dilabur krom juga.


Bagian kap depan juga dibuatkan garis pemisah yang membelah kapnya, sementara dibagian samping. Ada garis memanjang yang diatrik dari pintu depan menuju bagian body belakang. Garis ini pun juga sudah dilabur krom. Tak ketinggalan sepasang spion bulatnya juga dilabur krom.




Tampak dari samping




Bagian logo yang TS maksud, diantara lampu utamanya.

Sumber


Yang unik pada bagian atapnya ini bisa dibuka gan sist, dan untuk membukanya dilakukan secara manual. Bagian atap yang bisa dibuka tutup ini sepertinya terbuat dari bahan terpal gan sist (cmiiw), cukup unik juga rancangan atapnya ini menurut ane pribadi.




Saat atapnya dibuka akan seperti ini.

Sumber


Beralih ke sisi belakang gan sist, disini ditempatkan grill alias kisi-kisi udara. Sudah bisa ditebak mobil ini memakai mesin belakang sama seperti mobil Porsche yang dulu sempat ane buatkan ulasannya. Untuk lampu sein dan lampu belakangnya dibuat menjadi satu, bagian bumpernya juga sudah dilabur krom. Cara membuka kap mesinnya juga unik, kap mesin bukan membuka ke atas, melainkan akan membuka ke belakang juga.


Foto dibawah ini adalah foto mobil yang direstorasi dengan tambahan cantelan untuk membawa barang, untuk versi aslinya cantelan itu gak ada. Untuk bagian depan digunakam sebagai bagasi, hal ini mirip rancangan mobil Porsche yang menempatkan bagasi didepan.




Bagian belakang versi restorasi.




Kapnya kalau dibuka ke arah belakang.

Sumber Foto


Kalau yang ini versi originalnya tanpa tambahan cantelan, untuk bagian pegangan yang digunakan membuka kap belakangnya dibuat cukup besar, dan bagin ini juga sudah dilabur krom.




Versi originalnya.

Sumber



INTERIOR


Kita beralih ke bagian interior gan sist, meski dirancang dengan dua pintu. Mobil ini bisa membawa 4 orang sekaligus, 2 didepan dan 2 dibelakang. Untuk kursi dibagian belakangnya juga lumayan lega, bisa dilihat dari foto dibawah. Untuk pintunya sendiri membuka ke belakang dan bukan ke depan, mengingatkan TS dengan pintu milik Buick Limited 8 yang membuka ke belakang.






.
Sumber Foto




Sekilas interiornya.

Sumber


Untuk dashboardnya juga tidak terlalu banyak panel instrumen gan sist, sementara untuk tuas persenelingnya tampil beda. Dengan bentuk panjang layaknya tongkat, meski posisinya ditengah, tapi masih tersisa banyak ruang untuk kabinnya. Untuk fotonya ada dibawah ini.




Bagian kabinnya.

Sumber


Panjang mobil ini sekitar 2,97 meter dengan whellbase 1,84 meter. Dan kalau dilihat mobil ini sangat rendah rancangannya gan sist alias ceper, bagi yang berbadan tinggi seperti TS, mungkin kepalanya akan sedikit membentur atap kalau masuk ke dalam mobilnya. Selain dipasarkan di Italia, mobil ini juga diekspor ke beberapa negara Eropa dan sempat menembus pasar AS, di Amerika mobil ini dikenal dengan nama Fiat 500 Ns. Kita akan beralih ke bagian mesinnya sekarang gan sist.


DAPUR PACU


Sama seperti bentuk mobilnya, mesinnya tergolong memiliki tenaga yang kecil gan sist. Mesin buatan Fiat ini memiliki kapasitas 500 cc dengan 2 silinder, dibekali transmisi manual 4 kecepatan, dengan top speed mencapai 108 km/jam. Untuk tenaga yang bisa dihasilkan TS kurang begitu tahu rinciannya gan sist, mungkin nanti yang tahu bisa komen dibawah. Untuk mobil tipe City Car memang mobil ini tidak dibuat untuk kebut-kebutan, walaupun tergolong memiliki kapasitas mesin yang kecil. Mobil ini termasuk laris manis pada masanya.




Bagian mesin.

Sumber


Mulai dari tahun 1957–1975, Fiat memproduksi hampir 3.893.294 unit. Pada tahun 2007 Fiat menghadirkan varian terbaru yang diberi nama sama yakni Fiat 500, dimana model mobil ini terinspirasi dari Fiat edisis 1957. Varian terbaru sudah mengusung rancangan modern, sehingga membuatnya tampil lebih elegan dan mewah.




Fiat 500 versi terbaru.

Sumber


Fakta Menarik Soal Luigi


Seabagi penutup, TS akan sampaikan sedikit informasi mengenai fakta menarik karakter Luigi difilm Cars. Luigi disuarakan oleh Tony Shalhoub, ia merupakan penggemar berat Scuderia Ferrari, dan menonton balapan sepanjang hidupnya.


Plat nomornya adalah 445-108, yang merupakan kode lokasi pabrik utama Ferrari di Maranello, Italia. Luigi memiliki toko ban, Casa Della Tires, yang dikenal akan "Menara Miring Ban", sebuah menara yang disusun dari ban mobil dan berbentuk seperti Menara Miring Pisa. Asistennya berwujud 'forklift' asal Italia bernama Guido. Di dalam tokonya juga terdapat banyak foto berbagai mobil Ferrari sepanjang sejarah.




Luigi, mobil Fiat yang menjadi penggemar berat Ferarri emoticon-Big Grin

Sumber


Pada awalnya, Luigi dan Guido tidak menghormati Mc Queen saat ia pertama kali datang ke Radiator Spring, karena ia bukan mobil balap Ferrari. Tapi mereka mulai menunjukkan hormat kepada Mc Queen, dan memasanginya ban berwarna putih, karena Luigi merupakan penggemar ban putih. Pada balapan terakhir, Luigi dan Guido ikut bertugas sebagai kru pit Mc Queen.


Setelah balapan usai, sekelompok mobil sport asal Italia, yakni sebuah Ferrari F430 (disuarakan oleh Michael Schumacher) dan dua Maserati Quattroporte datang ke toko ban Luigi, mereka menjelaskan bahwa Mc Queen mengatakan jika toko tersebut adalah tempat terbaik di dunia untuk mendapatkan ban baru. Kedatangan mobil asal Italia ini membuat Luigi dan Guido terkejut dan akhirnya pingsan. Untuk versi Italia, Luigi disuarakan oleh komedian, Marco Della Noce.


Demikian sedikit ulasan tentang mobil klasiknya, dan mohon maaf jika masih ada kekurangan dalam thread ini. Bagi yang ingin menambahkan atau mengkoreksi, silakan nanti berkomentar dibawah. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image
tien212700
feraldi2001
jlamp
jlamp dan 38 lainnya memberi reputasi
39
6.3K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.