Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Stop Domestic Violence! Gestur Tangan Ini Bisa Saja Menyelamatkan Hidupmu

stef.mjzAvatar border
TS
stef.mjz 
Stop Domestic Violence! Gestur Tangan Ini Bisa Saja Menyelamatkan Hidupmu

Haiiiiii, apa kabar Gansis? SUNGGUH RINDU SEKALI LAMA SAYA TIDAK BERBAGI THREAD DI KASKUS, HIKS HIKS. Gimana kabar kleansemua yang mulai masuk tatanan hidup baru / new normal? Semoga sehat selalu dan tetap menjalani protokol kesehatan, ya. Kehidupan karantina macam : di rumah saja, WFH, kuliah atau sekolah daring tidak banyak membuat kita jadi haus akan kehidupan sosial. emoticon-Frown

Quote:


Ewwww ~ but di sini saya ingin berbagi soal 'hand signal' atau tanda yang disampaikan lewat gerakan tangan yang bisa digunakan oleh siapapun ketika dia butuh pertolongan. Terutama untuk sista-sista yang (kondisi terburuknya) terjebak dalam situasi abussiveoleh pacar / suami / keluarga / orang asing sekalipun. Hm.... Pernah enggak sih terpikirkan bagaimana seseorang yang disandera di dalam rumah, kena KDRT, DIAWASIN SAMA PELAKU atau malah diancam dibunuh kalau minta tolong ke orang lain. Stres banget enggak sih? Makanya TS ingin berbagi soal 'hand signal' : salah satu gestur yang bisa digunakan seseorang untuk memberi kode bahwa dia butuh pertolongan.

Hand Signal ini TS temukan 2-4 bulan yang lalu di salah satu kanal Youtube NowThis News dan Canadian Women's Foundation, dan TS amatin sih gestur tangan tersebut sudah disosialisasikan seluas mungkin di USA dan sekitarnya untuk edukasi mengenai kekerasan dalam rumah tangga.

Quote:


Nah. Gesturnya seperti apa sih? Kira-kira bisa dilakukan pada saat melakukan apa? Berdasarkan contoh video yang dibagikan oleh Candian Women's Foundation, gansis bisa meminta tolong lewat komunikasi virtual / video call dengan sahabat / orang terdekat. Gestur tangan yang ditunjukkan adalah seperti seperti ini ;

Quote:
Quote:


Otomatis untuk memahami gestur minta tolong tersebut maka sosialiasi terhadap makna dari hand signalharus terus disosialisasikan. Supaya yang mengirim signal dan yang menerima signal sama-sama paham ada yang 'tidak beres'.

Parah banget, sih.. Kasus kekerasan dalam rumah tangga mirip fenomena gunung es. Yaqueen banget yang terdeteksi hanya sekelumit saja. Lainnya mah entahlah..... hal tersebut disebabkan karena banyak hal ; salah atunya adalah karena ancaman dan enggak berdaya karena diabuse secara fisik dan mental.



Quote:


Wowww... Berguna banget kan? emoticon-Frown
Makanya, Gansis.. Penting banget bagi kita semua untuk peka terhadap hal yang ada di sekitar kita. Jangan anggap remeh KDRT, loh. Hal tersebut bisa menimpa siapapun, bahkan orang terdekat kalian sekalipun. Biasanya perempuan yang mengalami KDRT enggak bisa speak up karena diancam. emoticon-Frown

Oh, ya. Ada beberapa perempuan yang berhasil meminta pertolongan lewat signal help. Enggak cuma gestur tangan, ada yang kirim pesan ke tukang pizza dan nulis note kecil ke vetenarian. Nih videonya Gansis tonton sendiri.





Oks. Itu saja pesan singkat dari saya untuk Gansis semuanya.
Stay safe, everyone. Sampai jumpa di thread ane yang lain. ♡
rotten7070
indramamoth
raliakbarrr
raliakbarrr dan 25 lainnya memberi reputasi
26
8.2K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.