iluvtariAvatar border
TS
iluvtari
Kurangi Stres, Gan! Nikmati 7 Foto Menakjubkan Ini Aja

Saat pandemi begini, ada baiknya terus jaga stamina agar tetap sehat. Salah satu caranya dengan menghindari stres.

Jaga jarak, gunakan masker, dan protokol kesehatan lainnya pasti sudah GanSis pahami semua. Tinggal praktiknya aja (hayo, siapa yang masih keteteran?)


Tapi perkara stres memang lebih rumit dari yang lain. Tak hanya faktor yang nampak, yang tidak terlihat pun bisa memicu penyakit satu ini. Dan yang jelas, stres dapat menurunkan imunitas seseorang.

Stres gak melulu karena masalah berat, sekadar bosan dan salah jam tidur saja bisa mengakibatkan badanmu kurang nyaman, yang itu juga bisa efek dari stres.

Bagaimana stres bisa memengaruhi kualitas hidupmu dari psikis sampai fisik? Dikutip dari health.kompas.com (10/5/20),  biang stres secara alamiah memicu respons tubuh untuk bereaksi menghadapi ancaman. Ketika menghadapi potensi bahaya, sistem saraf simpatik otomatis berada dalam mode mempertahankan diri. 


Hal itu dikontrol bagian otak yang mengendalikan emosi bernama amigdala. 

Saat stres, amigdala mengirimkan "sinyal bahaya" ke kelenjar hipotalamus di dasar otak. Hipotalamus kemudian memberikan kode pada kelenjar adrenal agar melepaskan hormon stres kortisol dan adrenalin.

Ketika dua hormon tersebut dilepas, otot di dalam tubuh otomatis jadi tegang. Fungsi ketegangan otot itu adalah untuk melindungi diri dari cedera.

Jantung berdetak lebih kencang untuk memompa lebih banyak darah ke otot guna meningkatkan asupan oksigen. Inilah yang memicu napas menjadi sesak dan jantung berdebar kencang saat seseorang mengalami stres.


Untuk jangka pendek, efek dari kerja “daleman” tubuh kita mungkin hanya sampai pada diare dan pusing. Tapi jika sering sekali terjadi, efek jangka panjangnya bisa jauh lebih berbahaya. Penyakit jantung, stroke, diabetes, sampai depresi bisa mengincar siapa saja yang tak tahan uji di masa pandemi ini.

Pada tingkatan ringan, tak perlu obat ini itu. Nyamankan saja hatimu, maka stres akan menjauh. Misalnya, lakukan hal baru yang menarik dan bisa dinikmati.

Sedang bokek? Jangan buru-buru stres, sebab di masa pandemi begini, kamu hanya satu dari sekian miliar manusia yang merasakan hal yang sama di dunia ini.


Lagi pula menghibur diri tidak melulu harus dengan uang kok. Masih banyak cara gratis yang bisa kamu lakukan. Baca buku di perpustakaan, berkebun di belakang atau sisi rumah, atau cuci mata secara virtual dengan 7 foto menakjubkan di bawah ini.

Emang bisa? Coba aja dulu, gak ada salahnya kan?


1. Sebuah kapal pesiar melewati kanal sempit.


2. Rindu mendaki lagi kan?


3. Karakter lego yang dibuat dari biji alpukat.


4. Kalau dikarantina di situ, cepat sembuh kali ya!


5. Sebelum pandemi.


6. Bayangkan, panen apel di kebun sendiri ...


7. Karya seni luar biasa!



referensi

sumber-sumber gambar: klyker.com
hamsters46
scorpiolama
TuanLi
TuanLi dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.