News
Batal
KATEGORI
link has been copied
254
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3498cbc820844640785371/natalia-iriani-temukan-hidayah-usai-kaji-mendalam-alkitab
Natalia Iriani, mualaf yang menemukan hidayah justru melalui Alkitab Foto: Dok Pribadi Natalia Iriani menemukan hidayah Islam usah mengkaji Alkitab. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Natalia Iriani, perempuan asal Malang Jawa Timur ini mengisahkan kegelisahan hatinya ketika dia berusaha mencari kebenaran dari kitab suci yang selama ini diyakininya. "Dulu saya masuk Islam bukan karena Alquran, tetapi k
Lapor Hansip
13-08-2020 08:35

Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab



Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
Natalia Iriani, mualaf yang menemukan hidayah justru melalui Alkitab
Foto: Dok Pribadi


Natalia Iriani menemukan hidayah Islam usah mengkaji Alkitab.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Natalia Iriani, perempuan asal Malang Jawa Timur ini mengisahkan kegelisahan hatinya ketika dia berusaha mencari kebenaran dari kitab suci yang selama ini diyakininya.


"Dulu saya masuk Islam bukan karena Alquran, tetapi karena Alkitab. Saya enggak pernah baca buku tentang Islam juga, enggak pernah nonton acara-acara Islam atau ceramah-ceramah ustadz, apalagi tentang perbandingan agama. Itu enggak pernah belajar,” ujar dia dalam video Youtube yang telah dikonfirmasi Republika.co.id, beberapa hari lalu.


Natalia bahkan mengaku bahwa awalnya dia tidak suka pada Islam. Mendengar adzan saja membuat hatinya terasa kurang nyaman. Dia akan langsung mematikan televisi ketika secara tidak sengaja menjumpai tayangan adzan atau ceramah keagamaan Islam.

Dahulu, Natalia berusaha sebisa mungkin untuk menghindari hal-hal yang berhubungan dengan Islam. Orang tuanya juga kala itu cenderung mengamini stigma bahwa Islam bukanlah agama yang benar. "Bahkan, keluarga juga wantiwanti saya untuk jangan jadi seperti kakak saya yang dekat dengan orang Islam, menikah, dan menjadi mualaf," ujar dia.

Ketika Natalia semakin mendalami kitab suci agamanya yang dulu, dia menemukan hal yang membuatnya tercengang, yaitu bahwa Tuhan ternyata Esa. Natalia tentu bukanlah orang yang tak paham dengan agamanya di masa lalu.

Ibunya yang dahulu sebenarnya seorang Muslimah pun ikut memeluk agama sang ayah. Namun, Natalia tidak dapat membohongi dirinya sendiri. Semakin dia mempelajari kitab suci agamanya yang dulu, semakin dia merasa ragu terhadap apa yang diajarkan orang-orang di sekitarnya selama ini.

Natalia sebenarnya telah merasakan keraguan batin tentang kepercayaan yang dipeluknya. Krisis itu dialaminya setidaknya sejak duduk di bangku sekolah. Dahulu, Natalia sangat menggemari kisah-kisah tentang Nabi Isa. Keimanannya bahkan semakin kuat karena sering melihat ayahnya melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Akan tetapi, semakin dia mendalami cerita tentang nabi berjuluk al-Masih itu, semakin dia merasa ragu dengan agamanya kala itu. Ketika itu, Natalia memiliki beberapa teman Muslim. Dia telah mengetahui bahwa Tuhan dalam kitab sucinya dan Tuhan dalam Islam memiliki nama yang sama, yaitu Allah. Hanya saja, pelafalannya mungkin berbeda.

Natalia tidak berhenti mencari jawaban atas keraguannya. Dia kemudian melakukan penelitian dengan menguji apakah ajaran pendeta telah sesuai dengan isi kitab suci. Namun, dari semua pendeta yang ditemuinya, tidak ada yang membenarkan pernyataan dalam kitab suci bahwa Isa adalah utusan Tuhan.

Natalia berprinsip bahwa agama itu benar jika isi kitab suci keseluruhan benar karena kitab suci berisi firman Tuhan. Bagi dia, firman Tuhan tidak pernah salah. Jika isi kitab suci saling bertentangan dan salah, kitab itu sudah diubah melalui campur tangan manusia. 
"Kedua setiap ayat Alquran itu saling mendukung dan tidak boleh bertentangan. Misalnya, di satu ayat tentang melarang sesuatu, kemudian di ayat selanjutnya jangan sampai membolehkan sesuatu yang dilarang sebelumnya,"ujar dia. Kemudian, dia bersahabat dengan teman Muslim lainnya.

Saking dekatnya, dia sering berdiskusi mengenai kitab suci agama mereka masing-masing. Hal ini juga yang membuatnya lebih mengenal dan mendalami Bibel serta Alquran. Ternyata benar, ada 12 ayat yang ditemukannya di Bibel saling bertolak belakang.

Namun, hal ini dianggap waktu itu masih dalam batas kewajaran.
Sebab, perbedaan latar belakang, waktu, bahasa dan tempat penulisan diakui ada. Bagaimanapun, jawaban sebatas itu tidak serta merta menghilangkan keraguannya. Dia yakin betul, seharusnya kitab suci meski dengan latar belakang tempat, bahasa, dan waktu penulisan yang berbeda berisikan hal yang tidak kontradiktif. Sebab, sumbernya satu dan sama saja, yaitu firman Ilahi.

Dari sanalah, dia tidak hanya mulai meragukan ajaran pendeta. Kini, dia mulai merenungkan kembali ihwal kebenaran pada isi kitab sucinya. Untuk itu, Natalia pada saat itu terus mencoba untuk meneliti isi kitab suci.

"Sampai-sampai saya menangis dan berdoa untuk menemukan kebe naran dan meyakini Tuhan itu satu, yakni Tuhan semesta alam yang harus disembah. Namun saat itu saya bingung Tuhan mana yang harus saya sembah, apakah Tuhan yang saya sembah itu sudah benar atau menyembah Tuhan yang salah?" tutur dia.

Saat itu dia berdoa meminta ampun kepada Tuhan karena keraguannya, karena dia tidak tahu dan salah telah menghambakan diri. Karena dia meyakini bahwa dia menghambakan dii kepada Tuhan semesta alam dan eminta untuk ditunjukkan kebenarannya. Setelah berdoa, anehnya ayahnya kemudian menunjukkan ayat kitab suci yang menunjukkan Isa adalah tuhan. Di situ keraguan dia sempat agak berkurang.

Beberapa hari kemudian, Natalia mendiskusikan temuannya itu bersa ma dengan kawannya yang Muslim. Dia lantas mendapatkan pertanyaan kembali. Apakah kitab aslinya menyebutkan hal yang sama? Setelah dia mencari di kitab suci yang sama, tetapi dengan bahasa aslinya, ternyata Nabi Isa ditegaskan tidaklah mengaku sebagai Tuhan. Sosok al-Masih menegaskan dirinya sebagai guru dan bapak (junjungan), yang dalam bahasa Ibrani diistilahkan sebagai kurios.

Akhirnya, hatinya mulai mantap. Dia telah menyadari betul, kebenaran datang dari Islam yang secara tegas menyatakan Nabi Isa AS hanyalah utusan-Nya, tidak pernah mengakuaku sebagai tuhan. Dengan penuh kesadaran, Natalia menerima ini sebagai fakta, dan langkah awal baginya untuk menemukan pijakan yang lebih teguh.

Kepada kawannya, perempuan itu menyampaikan niat ingin menjadi seorang Muslim. Betapa gembira temannya itu saat mendengarkan curahan hati (curhat) Natalia.

Termasuk ketika dikatakannya, bahwa tidak ada satu pun ayat dalam kitab sucinya dahulu yang menyebutkan Nabi Isa AS sebagai tuhan. Padahal, lagi-lagi dirinya berkata gamblang, kitab suci seharusnya 100 persen benar, tidak saling kontra diktif dalam isinya. Untuk itulah, lanjut Natalia, dirinya mengakui kebenaran Alquran. Dan, dia ingin menjadi umat Nabi Muhammad SAW.

Hari yang bersejarah dalam kehidupannya terjadi pada 7 Oktober 2016. Dengan ditemani kawannya, dia mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Malang Jawa Timur.

Di hadapan para ustadz dan ulama setempat, Natalia menyatakan ingin memeluk Islam. Mereka pun membimbingnya dalam mengucapkan dua kalimat syahadat. Sesudah itu, hati Natalia bagaikan lepas dari beban berat. dIa merasa lega dan sangat bersyukur karenanya.

source: https://republika.co.id/berita/qeyzs...ndalam-alkitab

luar biasa

profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 13 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
13-08-2020 18:41
Bukan siapa2, tp bisa jadi sumber berita hanya karna mualaf...
Lain cerita kl yg murtad...
Dlm berita di Indonesia, org yg mualaf seolah2 mendapatkan pencerahan batin yg luar biasa...
Sedangkan org yg murtad seolah2 org yg kehilangan atau pelarian iman..
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Ada gitu pengaruhnya sm negara dan kemanusiaan kl pindah agama?
Agama apa yg paling benar?
Rupanya udah ada yg bangkit dr kematian n bilang agama anu yg paling benar?
Bukankah agama itu sifat nya privat dn intim dgn sang pencipta?
Warga +62 skrg kayak manusia tolol yg mencari jati diri dari agama, ras dan suku nya..
Mungkin hrs dijajah lagi biar tau arti persatuan..
Dasar bodat... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mcl19 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
13-08-2020 18:46
Akankah ini jadi seperti yang sudah sudah? Ngaku mualaf padahal....
0 0
0
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
13-08-2020 19:54
Hore hore yes..
Besok langsung ceramah ..
Cerita masa lalu
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
13-08-2020 21:12
Weh tahun ini gencar banget banget bursa transfer umat. Jangan sampe lo belok dah karena salah berguru
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
13-08-2020 21:15
Awas nti di jadiin istri kedua
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
13-08-2020 22:55
Bursa transfer udah mulai lagi aja ..

profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
13-08-2020 23:03
bursa transfer makin panas emoticon-Ngakak
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
13-08-2020 23:20
dah bosan karaokean tiap weekend suara jadi parau serak bre
0 0
0
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 01:04
Bursa transfer semakin ketat saudara saudara.
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 01:20
Wkwkwkwk
Sepengetahuan gue, kitab suci semua agama itu buatan manusia, too good to be true kalo dibilang 100% wahyu dari Tuhan

Lagian scr harafiah agama berarti
A = tidak
Gama = sesat
Tidak sesat
Pedoman yang akan menuntun kita supaya tidak tersesat

Semua agama itu baik kalau kita ambil sisi baiknya
Dan akan jadi buruk kalau kita ambil sisi buruknya mentah - mentah

Gue beragama dan gue pelajari, tapi hanya secukupnya aja karena kalo pake logika manusia gak akan sampe kalo mau ditelaah satu demi satu
Akan selalu ada question mark

Turut senang mbaknya kalo convert memang membuat ketentraman batin, kalo setelah itu pansos ya gapapa, yg penting niat awalnya cari ketentraman batin

Buat gue sih, pindah ke agama manapun sama aja
Karena pada akhirnya sifat manusiawi kita juga yang akan menentukan
To be good? Or bad?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
F@1Z dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 02:14
amin emoticon-angel
0 0
0
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 04:53
Lepas tuh cramah dimana mana bkntang iklan ploduk halal lepas tuh bkin travel umrah hahaha
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 05:06
Eaa eeaa eaaa emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 07:20
Oh dia belum baca Surat At Taubah 9:31?
0 0
0
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 08:42
Manusia berotak ga bakalan terima kalo nabi Yesus yg dilahirkan sama halnya manusia lain dijadikan tuhan......perbaiki dulu otak baru bisa memahami cakap awak ini......emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 09:48
Sebenarnya agama apapun itu pasti mengajarkan sesuatu yang baik, tinggal bagaimana kita menjalankannya.

Moga2 mbak Natalia lebih mengamalkan agamanya yg baru dan tidak mencari keburukan agama yg terdahulu. Jangan mengikuti jejak mantan "pastor/pendeta" yg jadi mualaf atau mantan "ustad/kiai" yg memeluk agama kristen dan juga perpindahan keyakinan lainnya, lalu menjelek2an agama sebelumnya

Perpindahan keyakinan ini sebenarnya soal kenyamanan tiap pribadi dalam menemukan jalan-Nya, faktor lingkungan jg biasanya lebih berperan. Dari kisah mbak ini jg pada waktu dia menemui "keganjilan" dalam Alkitab dia berdiskusi dgn temannya yg beragama muslim dan lebih nyaman dengan kajian dr temannya yg muslim drpd pendeta yg dia temui, dan ini membuka ketertarikan dia akan Alquran, sehingga dia memutuskan menjadi seorang Muslim.

Jadi kuncinya disini ketika kita menemui sebuah/beberapa "keganjilan" dalam kitab suci, itu adalah jalan Tuhan agar kita dapat lebih dekat kepada-Nya sehingga kita akan ditunjukkan kebenaran-Nya.

Jika ustad/kiai/pendeta/pastor dan pemuka agama lainnya tidak mampu menjawab keraguan kita akan sebuah/beberapa ayat, bkn berarti kitab itu yg keliru. Melainkan kita sebenarnya sedang dituntun oleh Tuhan agar lebih dekat dengan-Nya.

Pemikiran manusia tidaklah sama dengan pemikiran Tuhan, jadi mmg ada beberapa yg tidak bisa sembarangan kita tafsir, itu adalah rahasia Illahi, hanya dgn cara lebih dekat pada-Nya kita akan mengerti.
Diubah oleh SoPInTERMAN
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan F@1Z memberi reputasi
2 0
2
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 10:42
Menjelma menjadi ontawati ?
0 0
0
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
14-08-2020 15:37
mungkin ukti ini blom mendengar kisah nabi yang menghenstet babu istrnya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
15-08-2020 15:54
Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Dia belum dikasih tau ayat kalo gak mau ngesek sama lakinya bakal dilaknat sampe pagi, istri yang buat suami masuk surga, lalu istrinya ke mana ? Belum lagi ayat istri boleh dipukuli kalo gak nurut suami, dll dll. emoticon-Ngakak

LA sama lakik kok ga mau ngesek....maunya sm siapa?
Istri yg taat masuk surga.
Kalo salah boleh dipukul ..setelah ada proses lainnya Dan juga ada aturan khususnya..Tergantung kasuslah.


Diubah oleh Opportun
0 0
0
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
15-08-2020 18:01
Kebtula dijalan ternyata dikota ane akan dibangun pondok mualaf, dngan bahasa kyak bangun mesjid, diawalin kata mohon doanya akan dbangun....

Kpan y murtad center adaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia