c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Ente Suka Geologi, Prospek Kerjanya Dimana? Yuk, Kita Cari Tahu!





Banyak orang bertanya belajar Geologi itu asik ga sih? Buat ane pribadi sih asik-asik aja. Ilmu itu tidak terbatas, apalagi ente suka, pastinya akan seneng menjalaninya.

Tapi eh tapi banyak orang mikir, belajar Geologi jadi pakar masalah ini lanjut kerjanya kemana? Masa lulus masuk jadi admin, kurir, pegawai hotel, atau cuma jadi office boy?



Itulah di Indonesia gan, jurusan dari ilmu yang didapat terkadang tidak sejalan dengan pekerjaan yang kita dambakan. Ada yang cape-cape kuliah di UI, almamater kuning yang bergengsi lulus malah viral kasus video mesum. Andai viral karena ilmunya mungkin lebih bergengsi bukan?

Yang sudah pasti aja nih jurusannya, tehnik sipil, management bisnis, Informatika, akademi perawat, perhotelan belum tentu prospek kerjanya sesuai harapan apalagi mempelajari geologi?





Tenang juragan selama bumi belum banyak di eksplore tugas juragan yang mempelajari geologi masih mendapatkan tempat. Walau Geologi selalu di pandang sebelah mata, tapi ane yakin kok rezeki kamu untuk berkembang pasti ada.

Bila kamu kuliah di Geologi, yang berkaitan dengan bumi kamu akan mempelajarinya. Lalu tidak sampai disitu ilmu yang berkaitan dengan migas, kemudian batubara, ada juga kartografi, serta vulkanologi, bahkan kamu juga akan mempelajari eksplorasi panas bumi, serta mengenai mitigasi bencana geologi.





Ilmu bumi merupakan salah satu dasar yang harus kamu kuasai di topang dengan ilmu biologi, fisika, kimia, matematika dan yang paling penting geografi.

Masih bingung ketika kamu mempelajari itu semua, kamu akan bekerja dimana?

Bila kamu sudah mempunyai titel Insinyur Geologi, maka kerja yang akan kamu lakukan adalah di bidang proyek pembangunan, pertambangan, tentu mereka akan menggunakan jasamu untuk analisis teknis dan secara detil, apakah teksture tanah akan berpotensi bencana?





Terlebih di bidang pertambangan kontruksi bawah tanah akan memakai jasa ahli geologi. Bahkan dari lokasi tambang, lokasi pengeboran, hingga analisis untung atau rugi bila membuka lahan tambang ditempat tersebut.

Akan banyak jasamu yang akan dipakai perusahaan tambang, terlebih dalam menganalisa konten hidrokarbon dari struktur batuan yang disebut Interpreter Seismik.

Yah, perusahaan tambang akan sangat lebih membutuhkan jasamu ketika kamu ahli di bidang geologi.





Namun kalau kamu ingin mengajar juga bisa menjadi dosen, atau seorang peneliti bila ada ilmu yang baru maka bisa saja kamu menjadi professor. Tapi ingat untuk menjadi dosen kamu harus kuliah lagi untuk mengambil titel S2.

Bagaimana masih berminat menimba ilmu dibidang geologi? Semoga thread ini dapat berguna untuk kamu yang ingin menentukan pilihan hidupmu dimasa depan. Saya, c4punk see u next thread.



emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh c4punk1950... 11-08-2020 08:18
turkusuma
kyukyunana
Junmai92
Junmai92 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
4.5K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.