Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Kesuksesan Teh Pucuk Harum Mengalahkan Dominasi Teh Botol Sosro
Apa yang terlintas saat memikirkan teh botol, pastinya banyak orang akan mengingat pada produk minuman teh botol sosro. Tak dapat dipungkiri bahwa teh botol sosro sudah membuat gebrakan baru dalam produk minuman teh dimana saat itu minuman teh biasanya disajikan nastigel yang merupakan kependekan dari panas, legi (manis) dan kenthel (kental). Seperti halnya Aqua yang terkenal dengan inovasi air kemasannya, Teh botol sosro juga berhasil dengan inovasi minuman teh botolnya.

Credit : bariasmarajati.blogspot.com

Kesuksesan teh botol sosro begitu manis di pasaran hingga merajai pasaran minuman teh botol. Dengan tagline yang khas makan apapun minumnya teh botol sosro membuat nama produk teh botol sosro mudah di ingat dalam benak konsumen. Namun seiring berjalannya waktu kesuksesan teh botol sosro mulai memudar karena mulai kalah saing dengan pendatang baru yang hadir merebut pangsa pasar milenial saat ini.

Teh pucuk harum, itulah brand yang kini menguasai pangsa pasar produk minuman teh kemasan botol mengalahkan teh botol sosro yang memimpin pasar teh kemasan botol sebelumnya. Hadir sejak awal 2010an awal dalam lima tahun bisa langsung bersaing memperebutkan pangsa pasar minuman teh dalam kemasan botol bersaing dengan teh botol. Sejak awal iklannya muncul, iklan teh pucuk ini memang cukup menarik meskipun iklannya seperti meniru iklan luar negeri dimana dua ekor ulat sedang berusaha untuk meraih pucuk teh yang merupakan teh kualitas terbaik namun sayangnya pucuk tehnya malah gagal didapatkan. Selain itu dalam iklannya disebutkan bahwa teh yang dibuat manisnya pas sehingga cukup menarik perhatian konsumen.

Dengan tagline yang menyatakan teh terbaik ada di pucuknya membuat iklan dari teh pucuk harum ini mulai dilirik oleh sebagian banyak orang, tak heran bila di iklan-iklan berikutnya jika kita memperhatikan iklan dari masa ke masanya dalam iklannya kita akan menemukan bahwa penjualan teh pucuk harum meningkat. Dalam strategi iklannya cukup menarik dimana iklan yang ditampilkan sosok anak-anak muda yang menunjukkan pangsa pasar produk minuman teh botol kemasannya menyasar generasi muda masa kini.

Kesuksesan teh pucuk harum memang tak lepas dari strategi iklannya dimana penjabaran produk dalam iklan yang cukup menarik dan target pasar yang lebih menyasar kaum milenial serta belanja iklan yang cukup gencar. Berbanding terbalik dengan teh botol sosro yang terlalu nyaman dengan keadaan dimana iklannya tidak jorjoran dan  produknya sebagian besar disukai oleh generasi baby boomer dan generasi x yang lama kelamaan pangsa pasarnya akan tergerus oleh generasi millenial. Selain itu tagline teh botol sosro yang tak berubah membuatnya kurang begitu dikenal oleh generasi milenial masa kini.

Credit : ytimg.com

Kegagalan membendung promosi teh pucuk harum inilah membuat pangsa teh botol sosro kini telah diambil alih sebagian oleh teh pucuk harum. Berdasarkan sumber dari website top brand tahun 2020, Teh pucuk harum menguasai pasar teh dalam kemasan siap minum dengan pangsa pasar 34,7% mengalahkan teh botol sosro yang hanya memiliki pangsa pasar 17,5%. Dari keberhasilan teh pucuk harum menguasai pasar inilah yang menandakan bahwa produk baru pun bisa sukses mengalahkan produk yang sudah ada di pasaran dengan strategi yang tepat. Demikian tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber gambar via google images
istrinya.gondok
chisaa
raliakbarrr
raliakbarrr dan 10 lainnya memberi reputasi
9
5.9K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.