Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kupas Abis Tentang Algoritma Yang Bikin Orang Hanya Bahas Hal Tertentu Saja

cyoga17Avatar border
TS
cyoga17
Kupas Abis Tentang Algoritma Yang Bikin Orang Hanya Bahas Hal Tertentu Saja
Article by cyoga17 on August 10, 2020, 1: 43 PM

emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai
 

Kupas Abis Tentang Algoritma Yang Bikin Orang Hanya Bahas Hal Tertentu Saja

Kalian pasti pernah searching sesuatu di Internet, dan secara gasadar itu akan membangun algoritma di mesin pencari kalian. Apasi algoritma ini? jadi dia kaya apa ya sistem yang bisa tau gitu kalian ni seringnya nyari apa aja terus nanti bisa diarahin kesana. Nah ini ni coba ya bayangin kalian nyari tentang game misalnya akhirnya algoritmanya yang kebentuk bakal merekmondesaikan kalian buat mengakses game. 

Akhirnya ketika fokus kalian tidak kesana maka hal yang terjadi kalian akan lebih susah mengakses hal lain selain game. Ya kan? pasti pernah ngerasain gini. Jadi tu algoritma ini bisa di build istilahnya, dari yang palih bawah banget personal user ni sampe ke hal ribet diatasnya kumpulan user user. Ini si biang viralnya sesuatu hal tidak penting. Ada kasus gak masuk akal tiba tiba viral ya karena ini nih wkwk, ini bisa nyangkut bahasan ke SEO juga sebenere. 

Kupas Abis Tentang Algoritma Yang Bikin Orang Hanya Bahas Hal Tertentu Saja

Apasi Definisinya Algoritma Tu?
Definisi umumnya yaitu algortima merupakan suatu urutan beberapa langkah logis untuk menyelesaikan masalah tertentu. Ilustrasinya mirip seperti flowchart diagram tapi dia lebih ribet karena banyak banget ( buat anak IT boleh nih dijelasin detail di komen). Coba deh dicek salah satu browser yang sering dipake, atau gamapangannya di youtube nih. 

Coba aja kalian sekali search misalnya tentang tutorial hot thread di kaskus, di enter, habis itu kalian ke home kalian lagi, pasti ada tuh rekomendasi video tutorial hot thread di kaskus. Jadi ibarat sekali kalian masukin informasi di mesin pencari, algoritma ini akan mempelajari apa yang kalian cari dan merekomendasikan hal yang serupa. Biasanya setiap platform punya bentuk algortima sendiri sendiri. Kalau aku si biasanya dari user interface terus dari hal yang ditawarin platform itu bisa keliatan sebenere kayak kuat banget gitu pengaruh kita make mesin pencari. 

Kupas Abis Tentang Algoritma Yang Bikin Orang Hanya Bahas Hal Tertentu Saja

Cara Kerjanya Gimana Sih?
Algoritma ini ibarat nebak gitu yang bakal dicari user selanjutnya ini apa. Kalau ada yang udah canggih banget dia bisa tau usernya suka apa aja. Jadi cara kerjanya ini dengan pakai perhitungan yang nantinya akan menemukan rekomendasi yang pas bagi usernya setelah user memberikan informasi di mesin pencari. Ibaratnya itu menghubungkan hal yang serupa dan masih ada kaitannya dengan keyword yang di masukan di mesin pencari. Biasanya kalau kalian sering menggunakan mesin pencari untuk mencari satu hal misalnya tentang game, biasanya di home kalian itu rekomendasi kalian penuh dengan hal hal yang ada hubungannya dengan game. 

Kupas Abis Tentang Algoritma Yang Bikin Orang Hanya Bahas Hal Tertentu Saja

Kok Bisa Bikin Orang Bahas Hal Tertentu Aja? 
Dari definisi dan cara kerja udah bisa keliahatan dong. Ketika kalian sering menggunakan mesin pencari maka secara tidak langsung kalian akan membangun sebuah algoritma di akun kalian di platform itu. Jadi akhirnya akan banyak muncul rekomendasi konten berdasarkan keyword kalian di mesin pencari. Nah misalnya nih kalau untuk hal yang positif ya gapapa kan ya tapi kalau buat hal yang negatif rekomendasinya ya pasti hal hal negatif semua. Apa mungkin dimasukin bates bates norma gitu di algoritmanya wkwk. 

Ketika rekomendasinya sudah banyak dan pasti kalian akan semakin tertarik untuk mengkonusmsi tersebut. Disinilah titik keberhasilan dari algoritma ketika sudah bisa mengetahui behavior user.

Kupas Abis Tentang Algoritma Yang Bikin Orang Hanya Bahas Hal Tertentu Saja

Kesimpulannya Gimana?
Ketika rekomendasi dari hasil perhitungan algoritmya yang didasarkan pada keyword mesin pencari kalian akan menghasilkan sebuah konten yang ada keterikatan satu sama lainnya. Jadi sebenarnya jika kalian sengaja atau tidak sengaja mengikuti rekomendasi hasil algoritma itu maka yang akan terjadi nantinya kalian hanya akan berputar pada bahasan yang itu itu saja. Mungkin sebenaranya tidak ada perbedaan tema yang signifikan namun setiap konten beda pengemasan dan kalian menikmati hal tersebut. 

 Ketika user menikmati perputaran itu maka yang terjadi adalah bahasannya hanya akan berputar disitu saja. Hal in bisa jadi bagus bisa jadi jelek juga. Mungkin ketika ada profesional dibidang sains misalnya, lalu mesin pencarinya pasti akan dipenuhi hal hal ilmiah, maka hal ini akan sangat membantu dia dalam pekerjaannya. Namun akan tetapi jika misalnya ada pelajar yang fokusnya belajar namun mesin pencarinya diisi hal kurang bermanfaat maka akan menganggu kegiatan pelajar tersebut dan akan membawa dampak negatif. Kurang lebih ilustrasinya begitu, semoga kalian paham dengan yang dibicarakan yaa. Kalau ada anak IT mau share ilmu tentang algoritma ini boleh juga lho.

emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai
Source 1 :  Yang Terhormat Wikipedia
Source 2 :  Yang Agak Kredibel
Source 3 :  Yang Ga Bisa Diedit Sembarang Orang

Image Source 1 Gugel 1
Image Source 2Gugel 2
Image Source 3Gugel 3
Image Source 4Gugel 4 
Image Source 5Gugel 5
orgbekasi67
orgbekasi67 memberi reputasi
1
686
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.