• Beranda
  • ...
  • Games
  • Cara, Syarat dan Ketentuannya Refund Game di Steam

ctsgaming
TS
ctsgaming
Cara, Syarat dan Ketentuannya Refund Game di Steam

Menyesal setelah membeli game di Steam? maksud hati ingin dapat diskon karena terbatasnya waktu. Namun ternyata tak sesuai harapan? Tenang, kamu dapat mengajukan permohonan refund game yang sudah terlanjur Kamu beli.

Kini Kamu dapat melakukannya dengan mudah. Lantas, Persyaratan apa saja yang harus kamu penuhi supaya permohonan refund yang Kamu ajukan di terima oleh Steam? Berikut ini adalah cara mudah mengajukan refund game ke Steam di tahun 2020 atau jika Kamu bermaksud untuk menjual kembali game tersebut.

Syarat & Ketentuan Refund Game
 
Sebelum membahas lebih jauh mengenai langkah mengembalikan uang Kamu, ada baiknya jika Kamu harus mengetahui syarat dan ketentuannya terlebih dulu. Perlu diketahui, Steam menerima refund untuk semua jenis game, namun Steam hanya akan mengembalikan uangmu jika Kamu benar – benar memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Untuk itu, sebelum Kamu mengajukan permohonan refund, pastikan Kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan di tahun 2020 oleh Steam seperti yang tercantum berikut ini. Perhatikan dan baca baik baik yah.

1. Game yang dibeli tidak berumur lebih dari 2 minggu

Pertama, Steam memberlakukan jangka waktu pengembalian. Kamu akan diberi waktu 14 hari atau sekitar 2 minggu untuk melakukan permohonan pengembalian dana. 

Artinya, game online terbaik yang sudah Kamu beli hanya bisa dikembalikan dalam waktu dua minggu sejak tanggal pembelian. Jika lebih dari waktu tersebut, permohonan Kamu akan ditolak.
2. Game yang dibeli tidak dimainkan lebih dari 2 jam

Syarat kedua yang memungkinkan Kamu untuk mendapatkan uangmu kembali yakni, game tidak boleh dimainkan lebih dari 2 jam. Dengan kata lain, Steam akan menolak pengembalian untuk game yang sudah dimainkan lebih dari 2 jam, meskipun lebih sekian menit saja.
3. Bukan game hasil gift
4. Bukan game bundle di luar Steam
5. Tidak sedang terkena “VAC Banned”

Cara Refund Game di Steam

Jika Kamu telah yakin semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, Sekarang saatnya Kamu melakukan refund ke Steam dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini dengan seksama. Jangan sampai salah yah:
Login dan Masuk ke Steam Support
 
Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan adalah dengan login ke akun Steam Kamu terlebih dahulu melalui PC. Ini harus dilakukan di browser, bukan melalui client Steam. Lalu, klik tombol Help yang berada pada bagian atas halaman, lalu opsi Steam Support.

Pilih opsi Steam Support

Lanjut ke langkah kedua, Kamu bisa memilih opsi Purchases. Kamu bisa memilih judul game yang ingin kamu refund di “Opsi Purchases”.
Pilih Game atau Aplikasi
 
Selanjutnya, Klik judul game yang mau kamu refund di “Recent Purchases”. Lalu, di riwayat pembelian, kalian pilih game atau aplikasi yang akan kalian refund tadi.

Pilih Opsi “I Would Like a Refund”
 
Jika Kamu yakin game yang Kamu beli belum Kamu mainkan lebih dari 2 jam, Kamu bisa memilih opsi “I would like a refund” Kemudian klik.

Pilih Opsi “I’d Like To Request a Refund”

Kamu bisa memilih option “it’s not what I expected”, dan klik “I’d like to request a refund” jika Kamu merasa sudah bermain selama lebih dari 2 jam. Sebenarnya, jika kamu sudah bermain lebih dari 2 jam, proses refund masih dimungkinkan, asalkan kamu punya alasan yang jelas dan masuk akal.

Submit Request dan Selesai

Di akhir proses pengajuan, klik bagian “tell us why” dan tulis alasan mengapa Kamu ingin refund game tersebut. Untuk melanjutkan proses permintaan, Setelah selesai Kamu bisa menekan tombol “Submit Request”. 

Selanjutnya, Pihak Steam akan melakukan pengecekan terhadap permohonan Kamu.
Kapan akan mendapatkan Refund?

Kapan akan mendapatkan Refund?

Pegembalian dana akan dilepaskan segera setelah pengajuan refund Kamu disetujui. Namun, sebelumnya Kamu akan mendapatkan konfirmasi dari Steam terlebih dulu melalui email. Proses refund biasanya akan memakan waktu sampai 7 hari.

Steam akan mengirim uang Kamu sesuai dengan metode pembayaran yang Kamu gunakan saat membeli game. Jika Kamu menggunakan kartu kredit saat membeli game, maka uang Kamu akan dikembalikan ke kartu kredit. Namun, jika Kamu menggunakan metode pembayaran kredit Steam, maka Steam akan mengembalikan uang Kamu melalui Steam Wallet.

Sebagai tambahan catatan, jika ada game milik pihak ketiga yang tidak bekerjasama dengan Steam yang menolak permohonan refund yang Kamu ajukan. Maka Kamu bisa mencoba menghubungi pihak ketiga tersebut.

Apakah Refund Bisa di Batalkan?

Saat Kamu berubah pikiran dan tidak jadi mengajukan permohonan pengembalian dana, maka Kamu bisa membatalkan proses refund yang sedang Kamu ajukan. 

Caranya? Login kembali ke akun Kamu di Steam, cari game yang ingin Kamu cancel lalu Klik pilihan Cancel refund request. Menginggat proses pembatalan refund membutuhkan waktu yang lama, maka sebaiknya Kamu lakukan proses tersebut sesegera mungkin.

Nah itulah cara refund game di Steam, sebelum itu pastikan syarat dan ketentuannya sudah kalian penuhi ya. Semoga informasi diatas bermanfaat guys!
 



amdar07djulianoordoobey
doobey dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
4
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.