Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2c716b5cf6c4503458cc86/5-tips-mudah-untuk-mengendalikan-emosi-berlebih-cobain-gan
Maksud saya seperti ini, ada orang yang justru merasa nyaman atau betah saat dirinya sedang berada dalam keadaan emosi atau membenci sesuatu sehingga dia menjadi uring-uringan, tetapi di lain sisi orang itu suka dengan keadaan yang seperti itu, karena dia merasa bebas melakukan apa pun sesuka hatinya.
Lapor Hansip
07-08-2020 04:08

5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Kontrol emosi itu penting

5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
sumber gambar

Ketika sedang dalam keadaan emosi atau mood yang sedang tidak bagus, sebaiknya kita jangan berada pada zona nyaman saat berada dalam keadaan itu Gan-Sist.

Maksud saya seperti ini, ada orang yang justru merasa nyaman atau betah saat dirinya sedang berada dalam keadaan emosi atau membenci sesuatu sehingga dia menjadi uring-uringan, tetapi di lain sisi orang itu suka dengan keadaan yang seperti itu, karena dia merasa bebas melakukan apa pun sesuka hatinya.

Ada yang pernah ngalamin seperti itu? Saya sendiri nggak pernah sih Gan-Sist, cuma saya tahu hal ini dari curhatan salah satu teman saya kepada saya, katanya dia sebenarnya ingin keluar dari zona nyaman saat berada di situasi emosi yang uring-uringan seperti itu, karena kasihan terhadap anak dan suaminya yang jadi nggak keurus, tapi di lain sisi dia merasa nyaman, karena anak dan suaminya jadi nurut sama dia.

Saya pun memberi saran agar teman saya itu mulai belajar untuk mengontrol emosinya yang biasanya meledak-ledak hanya gara-gara masalah sepele.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Gan-Sist lakukan untuk mengontrol emosi agar tetap stabil, karena emosi yang berlebih itu juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mendengarkan musik kesukaan kita

5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
sumber gambar

Musik menjadi salah satu pengontrol emosi yang baik, tapi pilihlah musik yang berirama bahagia ya Gan-Sist. Misalkan saja musik tentang percintaan dsb.

2. Mencuci piring atau perabotan dapur yang kotor

5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
sumber gambar

Sensasi dingin yang timbul pada telapak tangan saat terkena air keran waktu mencuci piring kotor, dapat memberi ketenangan pada diri kita, sensasi dingin itu akan menjalar dari telapak tangan ke seluruh tubuh kita.

3. Menyapu lantai rumah dan halaman

5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
sumber gambar

Kalau ini sering saya lakukan saat sedang bad mood, saat melihat ruangan di dalam rumah menjadi bersih juga halaman rumah yang bebas dari sampah dedaunan dan lain sebagainya, secara otomatis saya menjadi merasa tenang, mungkin karena memang sifat saya yang menyukai kebersihan dan kerapihan. Tapi mungkin cara ini bisa Gan-Sist praktekkan.

4. Menyiram tanaman dan juga halaman rumah

5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
sumber gambar

Saat sedang berada di titik terendah, baik itu dalam keadan sedih, kecewa, atau pun marah, sebagai pelariannya saya biasanya mengambil selang air yang terhubung pada keran, kemudian menyiram tanaman di kebun depan rumah juga menyiram pekarangan rumah saya.

Berangsur-angsur emosi saya pun mulai menjadi stabil saat sedang melihat dedaunan hijau dan juga bunga-bunga yang bermekaran. Bau tanah yang tersiram air juga memberikan ketenangan.

5. Mandi kemudian berdoa kepada Tuhan

5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
sumber gambar

Memang hanya Beliau satu-satunya tempat kita untuk berserah dan mengadu tentang semua masalah dan juga beban hidup kita, agar diberikan kemudahkan dalam menjalaninya. Saat sedang emosi biasanya saya duduk dan mengatur napas terlebih dahulu, kemudian saya mengambil handuk dan mandi, setelah itu badan menjadi terasa lebih enteng dan segar. Selesai mandi dan berganti pakaian kemudian saya berdoa kepada-Nya.

Saya lebih menyarankan cara yang kelima ini dan tidak menganjurkan untuk meminum obat tidur maupun obat penenenang dan segala macam obat-obatan kimia lainnya, karena akan menyebabkan efek ketergantungan obat yang susah untuk dilepaskan. Obat kimia juga tidak baik untuk kesehatan oragan dalam pada tubuh kita terutama ginjal.

Semoga thread sederhana saya kali ini bisa bermanfaat ya Gan-Sist. Mohon maaf apabila saya ada salah kata dalam tulisan ini.

Baca Juga : Dasi Keren Buat Gan-Sist, Yuk Kepoin Dimasi! Tutorial Cara Memakai Dasi

Penulis : srinami

Sumber referensi : opini pribadi
Diubah oleh srinami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 11:08
Ane biasa denger lagu sih atau berdoa dong paling good emoticon-Malu (S)
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 12:02
Gue sih ngga pernah emosi meledak ledak gitu

Paling gue redam dulu

Kalau udah melebihi ambang batas kesabaran
Baru deh

Biasanya gue cenderung diem kalau udah marah


Biar redam emosi
Duduk , berbaring baru wudhu

Aman dah
profile-picture
nirankara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 12:07
Nomor 2-5 thats BIG TRUE gansss, ane kalo lagi emosi lakuin itu semua 😂😂😂
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 12:08
kalo ane sih biasanya dengan ngobrol atau ngumpul sama temen deket buat cerita2.. wah itu langsung ilang sih emosinya
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 12:25
kalo gue yaang cukup ampuh tuh minum kopi sambil dengerin musik
atau mandi biar seger
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 12:30
cm berdoa dan sabar yg bisa mengendalikan smua

kadang marah jg gada untungbya sih
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 12:42
Makan gan, ngurangin kemarahan.emoticon-Malu (S)

Klo utk muslim berwudhu, pake air yg segeremoticon-Wowcantik
profile-picture
nirankara memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 12:58
kalo ane nonton chanel MLI ato standupcomady aja, auto happy meski berantem sm pacar.

yuk nonton http://paradewa.xyz/ belum ada iklannya, safe
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 14:31
Bener sih, dengerin lagu sambil beberes tuh emang healing banget, abis itu ditutup dengan mandi kan tambah joss
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 14:37
Makasih tritnya sist
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 14:43
tengkyu tipsnya niih gan. membantu niih gaan..
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 14:44
Wajar emosi hilang. No. 2-4 bikin capek dan pengennya istirahat aja
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 14:48
bener banget sis lagu emang bisa sangat membantu sekali ketika kita lagi badmood gitu, tapi berbicara pada Tuhan dalam setiap do'a kita pun tak kalah manjur nya 😇
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 15:12
ane sih pilih makan kalo lagi emosi wkwk lebih menyenangkan dan efektif menghilangkan emosi hehe
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 15:31
Biasanya sih ane dengerin musik rock metal.

Lalu...

Tarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan sambil berucap istighfar.
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 16:31
itu bukan foto mandi gan melainkan foto keramas
profile-picture
TSMan memberi reputasi
1 0
1
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 16:39
Saat emosi itu kan tenaga berlebih jadi pakailah tenaga itu untuk beberes rumah, jangan untuk nampol orang bakal panjang urusan.
Saat emosi juga jangan pegang apapun karena bisa dipastikan yang dipegang bakal dibanting, jangan pergi kemanapun takutnya nyenggol orang pas jalan dan akhirnya baku pukul dan jangan bicara apapun karena udah pasti yang keluar isinya unek-unek disertai isi kebun binatang.
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 16:47
Ga nyangka, ternyata cuci piring juga ngaruh wkwkkwk
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 17:36
Tudur gak ada gan?emoticon-Betty
0 0
0
5 Tips Mudah untuk Mengendalikan Emosi Berlebih, Cobain Gan!
09-08-2020 18:01
Komentar dalam peninjauan hansip
emoticon-pencetemoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh gamingear
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia