• Beranda
  • ...
  • Sukabumi
  • [COC Reg. Sukabumi] Mengenal Farid Hardja, Sosok Legendaris Pencipta Lagu Ini Rindu

rainydwi
TS
rainydwi
[COC Reg. Sukabumi] Mengenal Farid Hardja, Sosok Legendaris Pencipta Lagu Ini Rindu
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh ....


Halo GanSis, apa kabar semua?🤗

Ane doakan, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin ....

Dari awal baca event COC ini, jujur ane galau. Pingin ikut, tapi ga tau mau angkat tema apa dari kota/kabupaten Sukabumi ini. So, ane buka-buka Mbah Gugel, eh, otak ane langsung alert. Apalagi saat mata menangkap beberapa nama pesohor negeri yang berasal dari kota itu yang tertera di sana.😍

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya pilihan jatuh kepada sosok yang satu ini. Ane mau ngebahas tentang salah seorang penyanyi legendaris kelahiran Sukabumi yang bernama Farid Hardja.



Sumber: kabarsidia.com

Kalau ada yang menyebut nama Farid Hardja, ane langsung teringat akan lagu ciptaan beliau yang berjudul Ini Rindu. Lagu yang nge-hits di era 90-an ini sampai sekarang masih sering diperdengarkan dan juga dipakai sebagai lagu tema di beberapa acara, loh.

Alasan mengapa ane memilih beliau untuk dihadirkan di sini, sebab pada zamannya, almarhum dikenal sebagai sosok yang unik. Baik dari segi cara berpakaian, cara bernyanyi, maupun hasil karyanya.

Pemusik yang lahir di Sukabumi, 7 September 1950 ini dikenal dengan cara berpakaian yang unik. Dengan bobot tubuh yang memang besar, beliau kerap tampil dengan busana maksi (kemeja besar atau model kelelawar) dan gombrong bermotif bunga-bunga atau bercorak tidak biasa dengan warna mencolok--bak saudagar kaya dari Afrika. Tidak ketinggalan, kacamata hitam serta topi yang sengaja digunakan untuk menutupi kepalanya yang minim rambut. 😊



Sumber: last.fm

Jujur, ane tidak begitu mengenal bagaimana sosok Farid Hardja memulai karirnya. Namun, ane mulai mengenal karya beliau saat tembang berjudul Bercinta di Udarasering diputar oleh orangtua ane.


Quote:
Sumber: wowkeren.com

Di lagu ini, Farid Hardja ingin menyampaikan bahwa, bercinta itu bisa di mana saja dan melalui media apa saja. Di era 80-an, ngebrik via HT (handy talkie) merupakan salah satu alat komunikasi yang boomingpada masa itu. Dengan tempo dan nuansa yang dibuat ceria, lagu ini memang enak di telinga. 😉



Sumber: youtube

Dalam lebih dari 30 tahun berkarir di dunia musik, Farid Hardja telah banyak menghasilkan lagu, baik yang ia bawakan sendiri maupun secara duet. Beberapa penyanyi terkenal dan berkarakter yang pernah berkolaborasi dengan beliau di antaranya: Achmad Albar, Gito Rollies, Euis Darliah, Endang S. Taurina, Lucky Resha, atau pun dengan kelompok musik Bani Adam.


Di antara lagu-lagunya, yang cukup populer yaitu:
1. Karmila (1977) --> bersama grup Bani Adam,
2. Bercinta di Udara (1983) --> single,
3. Ini Rindu (1990) --> duet bersama Lucky Resha, dan
4. Romantika D'Amour (1990) --> duet bersama Lucky Resha.

Selain bermusik, almarhum ternyata juga sempat bermain dalam beberapa film layar lebar. Ada empat film yang dibintanginya, yaitu: Tante Sundari (1977), Bandit Pungli (1977), Sayang Sayangku Sayang (1978), dan Ini Rindu (1991). Sayangnya, semua film tersebut, ane pribadi belum pernah nonton. 😁

Sayang, pada tanggal 27 Desember 1998 beliau berpulang ke pangkuan Yang Mahakuasa dikarenakan penyakit diabetes dan jantung yang sudah diidap di beberapa tahun terakhir masa hidupnya. Beliau dimakamkan di kota kelahirannya di TPU Taman Bahagia, Benteng, Warudoyong, Sukabumi, Jawa Barat.

Meski Farid Hardja telah tiada, tetapi beberapa karyanya masih sering kita dengar. Tembang Karmila dan Ini Rindu sampai kini termasuk lagu sepanjang masa yang masih dinyanyikan.



Lagu Karmila(sumber: youtube)


Lagu Ini Rindu(sumber: youtube)

Quote:
Sumber: wowkeren.com

Well, sekian dulu ulasan ane tentang salah satu seniman yang berasal dari Sukabumi ini. Semoga informasi yang ane berikan bisa menambah wawasan GanSis di dunia hiburan.

Tak pernah ane bosan untuk meminta cendol seger, reputasi, serta masukan GanSis di kolom komentar. Kuy, kita berdiskusi secara santun. 😉

Harapan ane, semoga thread ini bisa masuk kategori, lolos review, dan juga jadi HT. Aamiin .... 😊

Terima kasih atas kunjungannya, sampai ketemu lagi di lain kesempatan. Tetap selalu patuhi protokol kesehatan di era new normal dan stay healty.

Belajar Bersama Bisa dan terima kasih. 😊


Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh.



Sumber: opini pribadi & Wikipedia.
Diubah oleh rainydwi 07-08-2020 11:29
lianasari993suciasdhangustiarnysaragi
gustiarnysaragi dan 59 lainnya memberi reputasi
60
15K
366
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sukabumi
Sukabumi
icon
322Thread210Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.