News
Batal
KATEGORI
link has been copied
71
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2d6b77263772625a3fe370/dukung-gerakan-kotak-kosong-di-solo-budayawan-karena-ada-yang-salah
Solo - Munculnya gerakan kotak kosong di Solo, salah satunya digencarkan oleh networker kebudayaan, Halim HD. Menurutnya, ada sistem yang salah dalam demokrasi sehingga Pilkada Solo 2020 berpotensi memunculkan calon tunggal. Halim mengingatkan bahwa kotak kosong bukanlah main-main. Belajar dari Kota Makassar, kotak kosong bisa menjadi momok bagi peserta calon tunggal. "Saya setahun lalu aktif
Lapor Hansip
07-08-2020 21:55

Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah

Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang SalahSolo - Munculnya gerakan kotak kosong di Solo, salah satunya digencarkan oleh networker kebudayaan, Halim HD. Menurutnya, ada sistem yang salah dalam demokrasi sehingga Pilkada Solo 2020 berpotensi memunculkan calon tunggal.
Halim mengingatkan bahwa kotak kosong bukanlah main-main. Belajar dari Kota Makassar, kotak kosong bisa menjadi momok bagi peserta calon tunggal.

"Saya setahun lalu aktif di Makassar, saya dukung kotak kosong. Di sana beberapa seniman yang saya kenal ikut menyuarakan itu," kata Halim saat ditemui detikcom di Solo, Jumat (7/8/2020).

"Kebetulan di Makassar itu sukses. Gerakan disebarkan lewat WA. Dan bayangkan, calon yang didukung partai-partai itu kalah dengan kotak kosong," ujar dia.

Halim menilai kemenangan kotak kosong bukanlah tujuan utama. Namun kotak kosong disebut sebagai isyarat bahwa ada sistem demokrasi yang salah di Indonesia.

"Tujuannya bukan kemenangan, tetapi adanya gerakan kotak kosong, golput, itu adalah isyarat bagi elite bahwa harus dibenahi. Harus ada aturan tentang dinasti politik," kata dia.

Saat ini gerakan kotak kosong di Solo, kata Halim, memang masih bersifat spontan. Namun Halim berharap sejumlah aktivis dapat mengorganisasi gerakan agar semakin masif.

"Memang pastinya ada yang spontan. Tapi harapan saya teman-teman itu berapapun jumlahnya bisa terus memberi isyarat demokrasi yang salah," ujar Halim.

Halim yang sempat tinggal beberapa tahun di Amerika Serikat, mengaku belajar banyak dari perpolitikan warga di sana. Bahkan gerakan golput di negeri Paman Sam itu dianggap sudah biasa.

"Di negara demokrasi seperti Amerika saja, gerakan golput itu sudah wajar. Karena mereka melihat itu sebagai bentuk demokrasi juga, sebagai isyarat bahwa ada sistem yang tidak beres. Ya harapannya ke depan Indonesia bisa seperti itu," tutupnya.
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah

https://m.detik.com/news/berita-jawa...a-yang-salah/2

Sebenarnya bukan soal gibran tapi lebih ke partai2nya.
Kebiasaan adanya calon vs kotak kosong ini memang tidak baik.
Partai2 tak lagi di anggap mampu melahirkan kader terbaik mereka di setiap wilayahnya.
Terkesan pula ada monopoli power dan itu menggerus roh demokrasi itu sendiri.emoticon-Cool

Koment terbaik....emoticon-Cool
Quote:Original Posted By megalomman79
Nih budayawan koq ngibulnya kebangetan ngomongin yg di makassar

Ane warga makassar tau bgt knp kotak kosong bisa menang
1.Si petahana walkot mks Danny pomanto 'dikerjai'sama gengnya JK dy kalah pas banding di MA lewat jalur independen
2.lawannya si mgr PSM itu msh keluarga JK dr klan boso**
3.dy merasa sdh jumawa krn yakin banget bakal menang lawan kotak kosong jd kampanye nya jg jarang turun k bawah malah bs dibilang gak pernah..bikin tambah muak warga mks apalagi JK sebenarnya gak mengakar utk mks...ingat pilpres SBY periode 2 pasangan boediono ?si JK malah kalah d kampungnya
4.Danny pomanto jg bergerak jaringannya yg msh banyak loyalitasnya di pemkot utk kampanyekan kotak kosong

Kira2 spt itu yg terjadi di mks...jd gak apple to aple dibandingkan dg solo skr...krn PDIP di solo sangat solid...jd bs dibilang 99,9% walikota solo itu gibran

Untuk media dan si budayawan di thread ini anda cocok jd pengarang indah


Quote:Original Posted By namdokmai
Prestasinya PDIP yang bisa ngerebut simpati rakyat solo.
terus bisa ngambil 30 dari 45 kursi DPRD solo
sehingga membuat partai laen kesusahan klo mau ngecalonin walikota sendiri.
Dan itu malah disalah salahin yang katanya aktivis demokrasi ????
lah kalian ngapain coba kemaren ??? klo loe sendiri lepas tangan di pemilu trus PDIP ternyata menang adil gitu elo koar koar sekarang ????
abis itu calon walikota dari PDIP juga loe salah salahin ?? khan tolol
dibilang gak sehat buat proses demokrasi ????
lah emang ngusung walikota cuma dari jalur DPRD doang ???
ada tuh jalur ngepul KTP. TAPI kalian gak pake jalur itu lebih ngedukung kotak kosong dan ngejelekin yang brani ngecalonin diri ??? kalian sampah ato apa sih ???
coba klo brani mulai ngepul KTP dulu cari dukungan REAL rakyat buat calon yang kalian percayai lewat KTP bisa ga kalian datang beneran ke rakyat dan minta kartu identitas mereka buat dukungan calon kalian ???
ato kalian sendirilah ternyata juga jauh dari rakyat sehingga udah keder duluan ???


Quote:Original Posted By parmitu212
Gerakan kotak kosong ibaratnya Cuma bisa nyinyir tanpa beri solusi...Masa sih di Solo gak ada sosok yang bisa diharapkan?....Mestinya yang usung kotak kosong itu munculin sosok yang ideal sesuai harapan mereka dong lantas ajukan ke partai penantang.Kalau memang benar kekuatan kotak kosong itu besar maka calon ideal mereka itu bisa bertarung....Lha ini Cuma bisa berteriak dukung kotak kosong seolah olah tanpa solusi dan nganggap Semua warga Solo itu hopeless....emoticon-Cool
Diubah oleh samsol...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 11 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:00
lagian lg pandemic haus bgt ama jabatan
dana triliunan mending bikin pencoblosan online aje
apa emang pengen penduduk aslinya pd tumbang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:06
Ini budayawan mendadak jadi politikus ?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:08
Semua udah WO duluan...

Masih nyisa PKS cuma nyari sensasi asal ad d pihak lawan, tapi ga nawarin solusi majuin nama kaderny buat jadi pesaing...

Yang ad malah kaderny juga dukung si Gibran....

Udahlah....

Semesta udah kasih karpet merah...

emoticon-Traveller

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:28
Entah nanti yg menang siapa entah si balon entah kotak kosong tapi kalo cuma satu calon doang itu artinya " sak karepmu dewe " / suka suka lu sendiri ... rakyat ibarat nonton panggung hiburan doang, kalo adegan lucu nanti ketawa kalo adegan sedih ya ekspresi datar doang ... kalo di kenyataan ada istilah botohan ( taruhan ) siapa yang menang, nanti jagoin si siapa bukan karena fanatik ato satu partai ato karena hal lain tapi ya itu tadi sekedar buat botohan emoticon-Ngakakemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:32
BuzzeRp gemes pasti liat trit nihemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 77aff77 memberi reputasi
1 1
0
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:33
Silahkan aja selama gak rusuh
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:40
serba salah memang. yg satu dinasti

satu lagi baperannya itu lho emoticon-Big Grin
nggak banget deh kalo jadi pejabat
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:47
Pks maksa unt ngelawan gibran juga kemungkinan bakal kalah

Ya udah 5 thn ke dpn, walkot solo kasih aja bwt gibran
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 22:49
Bagus nih, kalau ada 2 calon presiden harusnya di kasih 3 kotak dan salah 1nya ya kosong. Agar terlihat berapa orang yang golput dan tidak menyukai keduanya.

Penasaran gerakan apa yg akan terjadi, dan strategi politik apa yang akn diambil
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan arie.id memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:07
Di daerah aye banyak kmrn kotak kosong yg menang

Yg aye bingung yg milih PDIP siapa kok bisa menang??? emoticon-Bingung
profile-picture
chaQcha86 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:21
Dan itulah faktanya
profile-picture
chaQcha86 memberi reputasi
1 0
1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:37
Kok mirip si kakek
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:46
Ya demokrasi indon emang udh rusak koq.. Beda pandangan dikit lgsg dimusuhi abis2an.. Kalo perlu ungkit2 keluarganya.. Masa lalunya emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:50
Khan masih ada bajo..., Atau karena ada nama fx nya trus bikin gerakan baru, mending suport bajo dululah klo bajo tidak lolos verifikasi baru bikin gerakan kotak kosong
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:52
Selama yg ditawarkan/ditonjolkan adalah tingkat popularitas semata & kalimat ajaib “jangan golput, klo golput berarti masa depan mu ditentukan oleh orang lain” rajin digaungkan, demokrasi bakal gini2 aja, gak bakal berkembang maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:54
Daripada melawan..terus di serang karakter nya sama buzzer,di selidiki istrinya berjilbab apa tidak,anaknya sekolah di mana,ayahnya,ibunya, mertuanya,hewan peliharaan nya, riwayat kegiatan internet nya,dll...mending ngalah.. hidup kok di buat susah..biar jabatan di kangkangi sepuasnya sampai anak turun..
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:56
jangan gitu gan, nanti 10 atau 15 tahun lagi jd presiden ente2 semua lho emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan chaQcha86 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
07-08-2020 23:58
Gak usah ada pemilu malah bagus drpd pemilu vs kotak kosong emoticon-Leh Uga
Ayo cebong BuzzerRP pd ribut emoticon-Leh Uga
Diubah oleh kafiradikal
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
08-08-2020 00:07
Prestasinya PDIP yang bisa ngerebut simpati rakyat solo.
terus bisa ngambil 30 dari 45 kursi DPRD solo
sehingga membuat partai laen kesusahan klo mau ngecalonin walikota sendiri.
Dan itu malah disalah salahin yang katanya aktivis demokrasi ????
lah kalian ngapain coba kemaren ??? klo loe sendiri lepas tangan di pemilu trus PDIP ternyata menang adil gitu elo koar koar sekarang ????
abis itu calon walikota dari PDIP juga loe salah salahin ?? khan tolol
dibilang gak sehat buat proses demokrasi ????
lah emang ngusung walikota cuma dari jalur DPRD doang ???
ada tuh jalur ngepul KTP. TAPI kalian gak pake jalur itu lebih ngedukung kotak kosong dan ngejelekin yang brani ngecalonin diri ??? kalian sampah ato apa sih ???
coba klo brani mulai ngepul KTP dulu cari dukungan REAL rakyat buat calon yang kalian percayai lewat KTP bisa ga kalian datang beneran ke rakyat dan minta kartu identitas mereka buat dukungan calon kalian ???
ato kalian sendirilah ternyata juga jauh dari rakyat sehingga udah keder duluan ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Dukung Gerakan Kotak Kosong di Solo, Budayawan: Karena Ada yang Salah
08-08-2020 00:31
sudah resmi gibran maju kah?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia