• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Porsche Carrera 911 Tahun 2002: Wujud Asli Karakter Sally Dari Film Animasi Cars

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Porsche Carrera 911 Tahun 2002: Wujud Asli Karakter Sally Dari Film Animasi Cars
Hallo gan sist semua, kembali lagi diforum otomotif. TS masih akan membahas mobil dari film Cars, kemarin sudah membahas Plymouth Superbird alias The King dan Hudson Hornet yang merupakan guru Mc Queen. Kali ini ane akan membahas Sally yang merupakan kekasih Mc Queen, mungkin yang suka otomotif sudah menyadari wujud Sally dari awal. Bahkan Mc Queen pernah bilang "Holy Porsche" pas dia disidang di Radiator Spring, yap TS akan membahas mobil Porsche kali ini.



Porsche Carrera 911 2002


Sally dari film Cars terinspirasi dari mobil asal Stuttgart yaitu Porsche, Sally merupakan mobil non Amerika yang tampil difilm Cars. Wujud asli didunia nyatanya adalah mobil dengan kode 911 buatan tahun 2002. Ada beberapa varian gan sist yaitu varian 2 door Coupe, 2 door Convertible, dan 2 door Targa Sally difilm Cars memakai varian 2 door Coupe, seperti bisa kita lihat gambar dibawah ini.




Sumber


Bagi yang suka otomotif pasti sudah menyadari sedari awal bentuk lampu Sally yang cenderung bulat. Dimana ini adalah salah satu ciri khas yang paling mudah diingat dari produk Porsche. Dilihat dari sejarahnya, produk ini dikenalkan pertama kali mulai tahun 1997, melanjutkan kiprah varian sebelumnya gan sist.


Dikembangkan dari chasis dan body mobil Porsche tipe 996, namun dipasaran namanya lebih dikenal dengan nama 911 sampai sekarang. Mobil ini diproduksi mulai tahun 1997-2004. TS akan coba ulas satu-satu gan sist, kita mulai dari bagian luarnya alias eksterior.



Eksterior


Kita mulai dari lampu depan gan sist, lampunya ini menurut website ototomotif diluar negeri, sudah mengalamai facelift. Biasanya produk Porsche identik dengan ciri khas lampu bulatnya, nah versi 2002 ini lampu utamanya agak sedikit dilebarkan. Bumpernya kali ini dibuat lugas kalau menurut TS, bentuknya gak ribet kayak bumpernya Lamborghini Hurracan yang banyak lekukan disana-sini. Bentuknya terbilang pas dengan wajah Si Carrera.


Jadi bentuknya sudah gak full bulat seperti versi lampu Porsche kebanyakan, bagian yang agak dilebarkan ini sepertinya adalah lampu kabutnya. Karena pada bumper depan bagian bawah TS tidak menemukan tanda-tanda dipasangnya lampu kabut, diversi ini headlamp dan foglamp dijadikan satu gan sist letaknya. Sementara dibagian tengah antara lampu utamanya diberikan logo Porsche.


Sementara Porsche 911 versi 1997 masih mengusung lampu bulatnya, TS lebih suka versi headlamp dengan lampu bulat dibanding dengan versi faceliftnya. Kalau kalian suka yang mana ? Versi facelift atau non facelift ? (komen dibawah nanti). Perbandingan lampunya, bisa kita lihat dibawah ini.




Lampu utama versi facelift, kemungkinan menjadi satu dengan lampu kabut. cmiiw

Sumber




Porsche 911 versi 1997, masih lampu bulat. TS suka headlamp yang ini.

Sumber


Meski tidak lagi mengusung lampu full bulat, tapi bentuk facelift ini lumayan memberi penyegaran pada Porsche. Karena hanya merubah sedikit, namun kesan bulatnya masih ada gan sist. Model facelift ini hadir diawal milenium, tepatnya tahun 2001. Untuk lampu sein bagian depan, berada disamping body, letaknya pas didekat roda depan. Bisa dilihat gambar dibawah ini.




Lampu sein depan dengan strip kuning.

Sumber


Kalau dari bentuk body mobil gak ada perubahan gan sist dari varian mobil Porsche sebelumnya, dimana overhang alias jarak roda dengan bumper depan maupun bumper belakang cukup ngepres. Hanya menyisakan sedikit jarak untuk bumper depan dan bealakang dengan masing-masing rodanya. Dimana Porsche selalu hadir dengan wheelbase yang panjang, yakni mencapai 2 meter.


Lanjut ke bagian belakangnya gan sist, lampunya juga mendapat sedikit facelift. Dulu versi sebelum facelift, lampu Porsche melingkar panjang menjadi satu bagian mengikuti lekuk bodynya gan sist, kalau versi terbaru ini posisi lampu sudah dipisah. Sementara bagian diantara lampu tengahnya dipasangai tulisan Carerra.


Kalau untuk lampu belakang, TS lebih suka versi facelift. Terlihat modern, karena mengikuti model lampu belakang mobil sport pada masanya. Mungkin selera orang besa-beda, tapi jujur versi facelift ini memberi kesan positif buat Porsche menurut ane. Perbandingan lampu belakangnya ada dibawah ini, kalau kalian suka yang mana ?





Lampu belakang versi facelift, edisi tahun 2002.

Sumber





Lampu belakang versi non facelift, 911edisi tahun 1997.

Sumber



Dilihat foto diatas bagian belakangnya juga sedikit berbeda gan sist, untuk versi facelift grillnya dibuat menyatu, sementara versi non facelift grill belakang dipisah menjadi dua bagian. Dibagian atas grillnya juga dipasang lampu rem dengan bentuk persegi panjang berukuran kecil, dimana grillnya ini agak sedikit terbuka. FYI untuk Porsche mesinnya dibelakang, sementara bagian depan adalah bagasinya. Untuk bagasinya biasa dibekali satu ban serep, seperti dibawah ini fotonya gan sist.




Foto bagasi depan.

Sumber Foto



Interior


Untuk eksterior, TS rasa sudah cukup gan sist. Kali ini kita intip bagian dalamnya, bagian dalamnya sudah nyaman menurut ane pribadi. Dimana kursi didepan dibuat sangat nyaman sesuai bentuk lekuk tubuh pengemudi dan penumpangnya. Pada bagain tengah setirnya juga ditambahkan logo Porsche, membuatnya semakin menawan dari dalam.


Interiornya sendiri sudah dilengkapi AC, jam, radio dan sudah dilengkapi alarm juga. Jadi gak perlu pakai alarm merek terkenal yang dulu iklannya sering tampil ditelevisi. Pada bagian dashboard juga terdapat kotak khusus yang bisa dibuat menyimpan buku atau barang yang lainnya gan sist. Ada dibawah fotonya.







Bagian interiror.

Sumber Foto


Sama seperti kebanyakan produk Porsche dengan dua pintu, dibagian belakang kursi utama, ada tambahan dua kursi kecil dibelakang. TS masih penasaran dengan fungsinya, karena kebanyakan mobil sport Porsche menambahkan kursi tersebut. Kemungkin kursi itu hanya untuk aksesoris tambahan saja, karena banyak yang mengulas mobil ini baik diyoutube atau diblog otomotif. Mereka mengatakan bahwa kursi dibelakang jarang digunakan. (CMIIW)




Kursi yang TS maksud.


Sumber




Dapur Pacu


Meski dalam film Cars Mrs. Sally gak ikut balapan gan sist, tapi aslinya dia termasuk mobil yang cukup kencang. Dengan kapasitas mesin 3600 cc sudah dilengkapi turbo, Carrera mampu memuncratkan tenaga puncak mencapai 350 HP pada 6800 rpm dan torsi puncak mencapai 370 Nm pada 4250 rpm. Tenaga besar ini kemudian dikimpoikan dengan transmisi manual 6 kecepatan.


Dengan kecepatan maksimum yang mencapai 285 km/jam, Porsche Carrera mampu menembus 100 km/jam hanya dalam waktu 5 detik saja. Cukup buas juga gan sist kecepatan dan tenaga dari Mbak Sally, walaupun difilm terlihat kalem. Tapi aslinya mobil ini punya kecepatan yang cukup mengesankan, ditambah mobil ini sudah dilengkapi power steering, membuatnya lebih mudah untuk dikemudikan.







Mesin versi belakang emoticon-Big Grin

Sumber



Hal Menarik Soal Porsche


Dikenal lewat film Cars, maka semakin banyak pecinta otomotif yang ingin memodifikasi mobilnya, layaknya difilm Cars asli. Seperti foto dibawah nanti gan sist, dimana sebuah Porsche 911 2002 dibuat persis seperti Sally, lengkap dengan gambar mata pada kaca depannya. Pernah membayangkan ada orang yang sampai rela modif mobilnya mirip karakter Cars ? Sudah pasti dia fans film Cars sejati.


Bahkan bumper bawahnya dirubah layaknya bentuk bibir karakter Sally pada film Cars, sungguh totalitas sekali. Kalau dibuat pajangan sih ok, tapi kalau mau dipakai jalan keluar, sepertinya si pemilik mobil harus melepas dulu aksesoris mata dikaca depanya gan sist. Supaya gak menutupi pandangan pengemudi. Hasil modifikasinya, seperti foto dibawah ini.




Porsche 911 2002 modif Sally.

Sumber


Untuk suara mesin gan sist, difilm Cars dengan suara mobil aslinya tidak ada perbedaan. Jika kalian mendengar raungan mesin Porsche pada film Cars, suara itu sama dengan mesin diversi aslinya. Untuk pengisi suara Sally, disuarakan oleh Bonnie Hunt. Itu sedikit fakta menarik soal Porsche, bagi yang mau menambahkan bisa coret-coret dibawah nanti.


Demikian sedikit ulasan mengenai mobil sport dari film Cars, bagi yang mau nambahin atau mengkoreksi tulisan TS. Silakan nanti berkomentar dibawah, sampai ketemu diulasan kendaraan lainnya. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Holy Porsche, Kachooowww !!!



Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi:google imga
Diubah oleh si.matamalaikat 08-08-2020 09:07
rotten7070tien212700feraldi2001
feraldi2001 dan 34 lainnya memberi reputasi
33
8.6K
89
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.