ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Menurut Agan Sukses Itu Bagaimana Sih?


Sukses. Sebuah kata yang artinya tidak jelas karna sukses bukanlah suatu benda yang dapat disentuh melainkan sebuah konsep. Sukses bisa berarti banyak hal namun tak ada yang benar benar bisa mendefinisikan kata tersebut.

Untuk orang yang sudah memasuki tahun terakhir kuliah kata ini cukup membayang bayangi. Setelah lulus kuliah apa yang harus dilakukan? Kerja? Kumpulin duit? Nikah? Punya anak? Punya cucu? Apa itu termasuk sukses?

Orang orang tua mungkin akan beranggapan kalau bekerja menjadi abdi negara atau PNS adalah arti dari sebuah kesuksesan. Memiliki pekerjaan yang menjamin seumur hidup + baju dinas akan tampak mengesankan di mata mertua maupun tetangga.

Namun apa itu bisa dibilang sukses? Saya punya tetangga yang seorang PNS tapi kerjanya ngutang mulu. Saya rasa itu bukanlah sukses namanya.



Lalu bagaimana dengan mengumpulkan banyak uang. Contohnya jadi artis atau youtuber terkenal yang sekali open bo bisa dapat 80 juta. Kan enak punya banyak uang, mau beli apapun nggak perlu mikir mikir. Hidup mewah tanpa perlu takut lapar.

Banyak orang mungkin menganggap punya banyak uang adalah definisi sukses yang sebenarnya dan memang uang adalah kunci untuk hidup bahagia di dunia namun kenapa ada saja orang yang tak merasa bahagia kendati amat kaya?

Apa itu artinya sukses dan kebahagiaan itu berhubungan?



Banyak orang bilang kalau sukses adalah keberhasilan melakukan sesuatu. Entah itu berhasil mencapai tujuan hidup atau berhasil hidup bebas. Ada juga yang bilang melakukan sesuatu yang kau sukai adalah sukses yang sebenarnya. Ada juga yang bilang kalau sukses adalah target yang dibuat seseorang untuk menyemangati hidupnya.

Lalu bagaimana dengan orang yang setiap harinya kesulitan makan dan hanya sekedar cukup cukupan saja? Apa mereka tak bisa disebut sukses? Contohnya orang orang yang bilang nakal dulu baru suksesyang akhirnya tak jelas kabarnya.



Saya sendiri tak paham apa yang harus dilakukan untuk mencapai kata sukses itu. Apa harus jadi bos perusahaan besar sebelum 40? Atau nikah sebelum umur 25? Mungkin agan agan mau menjabarkan definisi sukses versi agan. Apakah sukses itu berarti bahagia? Atau sukses itu mampu menyekolahkan anak sampau universitas? Atau bisa membanggakan orang tua? Saya tunggu jawabannya.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
blezzernet
kekefadilah
kekefadilah dan blezzernet memberi reputasi
2
1.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.