sletingdolAvatar border
TS
sletingdol
Miskonsepsi Tentang Perang Salib



Perang salib adalah perang yang terjadi di tahun 1000 - 1200 an yang melibatkan begitu banyak kekuatan di eropa. Sebenar nya perang nya tidak terlalu besar meski sangat panjang, tetapi perang ini menimbulkan kesalah pahaman sampai saat ini, karena di klaim perang ini sebagai perang agama.

Ini sengaja di pelintir untuk memprovokasi antara islam dan keristen. Di era reformasi gereja, kalangan protestan menjadikan isu perang salib sebagai salah satu cara untuk menyudutkan gereja. Di dunia modern kalangan radikal islam dan agama tertentu di gunakan sebagai pembakar semangat untuk memusuhi pihak lain. Disini kita coba melihat dari sudut pandang yang lebih luas.

Disini penulis berposisi sebagai makhluk yang tidak beragama.

1. Benarkah perang salib motif nya adalah agama?



Tidak sepenuh nya benar dan ini menjadi miskonsepsi paling utama. Ada beberapa versi mengenai perang salib tapi dari sudut pandang jerussalem terjadi 8 kali dalam rentan waktu 200 tahun dengan catatan,

Kristen menang 1x kalah 6x imbang 1x

Islam menang 6x kalah 1x imbang 1x

Perang salib pertama dan kedua mungkin motif agama masih kental disana, tetapi perang setelah nya itu lain cerita.

Perang salib pertama di mulai ketika 100 - 120 pasukan dari eropa datang ke timur tengah dan menyerang jerusalem dengan dua alasan.

Pertama karena al hakim pada waktu itu sekitar tahun 1020 an menjarah situs - situs suci bersejarah milik umat kristen. Dan ini yang harus di pahami mengenai siapa itu al hakim.

Di dunia islam ada sebuah sekte yang di anggap menyimpang oleh sebagian muslim, namanya syiah. Saya sendiri tidak menganggap syiah menyimpang karena disini saya tidak beragama. Di dalam syiah sendiri mereka menganggap ada diantara nya menyimpang yaitu ismailiyah (syiah ismailiyah) di dalam ismailiyah ada lagi yang menyimpang menurut mereka yaitu duruz (syiah ismailiyah duruz) jadi ini penyimpangan di dalam sebuah penyimpangan. Duruz ini yang mendirikan nya adalah Al hakim yang menjarah situs orang kristen ini.

Jadi menurut barat al hakim ini adalah khalifah gila dan orang islam menyebut nya khalifah gila diantara yang gila di dalam aliran sesat yang gila. Seberapa gila al hakim ini? Sampai sejauh dia berani mengganti waktu shalat isya menjadi jam 9 pagi, cukup gila sampai menyuruh pasukan nya untuk menggerebek orang yang sedang buang air besar karena jika buang air besar harus pada posisi tertentu, selain itu dia juga membuat ka,bah sendiri dan melarang jemaah pergi ke mekah, dan orang ini lah yang merubuhkan makam gereja suci di jerusalem yang memhuat umat kristen bereaksi tapi belum ada pergerakan perang.

Peperangan terjadi setelah nya yaitu ketika perang manziket yang pada saat itu sekitar 60 - 70 ribu pasukan romawi di kalahkan oleh Al farslan penguasa turki seljuk pada waktu itu hanya dengan 15 - 20 ribu pasukan sehingga paus urbanus 2 menyatakan perang salib pertama yang di dorong oleh ke khawatiran orang romawi karena kalah perang.

Perang kedua juga bisa di bilang motif agama karena salahudin al ayubi berusaha merebut kembali jerusalem tetapi sekali lagi perang salib 3,4,5 sampai 8 kalau ada itu bukan motif agama lagi.

2. Apakah perang salib adalah perang islam dan kristen?



Untuk menjawab nya mari kita cek data nya.

1. Tahun 1096 islam feat yahudi VS kristen
2. Tahun 1097 koalisi masih sama yahudi feat islam VS kristen
3. Tahun 1101-1107 pertandingan antara islam VS kristen saja
4. Tahun 1191 muncul richard the lion heart kristen barat VS kristen timur ( byzantium ) setelah itu bersatu
5. Tahun 1198 kristen VS livonia (kristen vs kristen)
6. Tahun 1217 kristen VS prusia (kristen barat)
7. Tahun 1240 kristen VS swedia (kristen vs kristen)
8. Tahun 1200 Paus VS byzantium (kristen timur)
9. Tahun 1215 paus Vs gereja bosnia
10. Tahun 1219 paus Vs Al kamil (islam)
11. Tahun 1234 pasukan salib feat pasukan mongol VS islam
12. Tahun 1244 kristen vs kaisar Franca (kristen) feat islam
13. Tahun 1260 pasukan salib VS pasukan mongol
14. Tahun 1256 knight hospitaler VS knight templar yang kedua nya di sponsori oleh muslim

Selebih nya sampai tahun 1291 kristen Vs islam Al malik baibar berhasil mengalahkan semua tentara kristen di timur tengah dan di ronde selanjut nya giliran muslim yang menyerang ke eropa.

Jika melihat data diatas bahwa jelas perang salib ini adalah perang kepentingan, kadang kala kristen mensponsori islam untuk melawan kristen lain begitu juga sebaliknya tentu ada perang tanpa sponsor yang biaya nya di beban kan pada APBN.

3. Apakah Richard the lion heart merupakan icon ksatria eropa?



Pada waktu itu dalan cerita mainstream perang salib di ceritakan dua tokoh besar yaitu Richard the lion heart dan salahudin al ayubi. Menjadi kan richard sebagai ikon mungkin tidak tepat kenapa? Karena sebagai raja inggris dia tidak bisa bahasa inggris malah fasih bahasa arab dan cinta pada bangsa arab sangat dekat sekali hubungan nya dengan arab makanya dia bersahabat dengan salahudin bahkan memberontak pada ayah nya sendiri sebagai raja inggris dan tidak mau tinggal di inggris. Hanya 9 tahun total nya dia tinggal di inggris dan itupun pada waktu dia kecil, status nya pun "penghianat" dan "dihianati".

Masalah nya kita biasa menjadikan film sebagai referensi padahal jelas dunia ini penuh hyper realitas seperti yang sekarang di alami ketika covid-19 ramai di beritakan padahal yang menyebabkan kematian paling parah adalah sisa makanan yang kita buang selain memicu kerugian materi, kerusakan lingkungan, juga menelan korban jiwa akibat kelaparan dan kurang gizi.

4. Apakah perang ini perang besar?



Biasanya sering terdengar di pihak muslim, menurut saya mereka yang mengatakan ini tidak pernah ngaji (so tau). Di dunia islam perang salib ini adalah hal kecil bahkan bisa di bilang terabaikan, Kenapa demikian?

Sepanjang penelitian tentang perang salib tidak ada satupun bersumber dari muslim, semua sumber perang salib dari mulai tokoh sampai jalur peperangan nya itu semua berasal dari kristen termasuk data di atas.

Al bazawi
Al Ghazali abu hamid
Ahmad Al Ghazali ( inspirator mas dhani )
Surawardi
Abdul qodir jaelani
Ibnu arabi

Mereka ini hidup di era perang salib dan menulis banyak buku tapi tidak satu paragrap pun mereka ceritakan dalam buku - buku mereka tentang perang salib, makanya saya katakan bagi muslim perang ini tidak penting dan tidak besar. Kajian ini sempat penulis bawakan di salah satu perguruan tinggi islam kemudian salah satu mahasiswa mengatakan,

"Liat di kitab sama hadits dong jangan di buku dasar ateist G******k"

Kita lanjut pada tulisan ini Secara statistik kita bisa ukur besar dan tidak nya perang salib ini. Katakan lah perang salib pertama 30.000 muslim dan yahudi di bantai.

apakah ini besar?

Ya, tapi pada masa nya orang islam pernah perang melawan pemberontakan zans yang menewaskan sampai setengah juta orang kemudian serangan mongol yang menewaskan 1/10 dari muslim di dunia meninggal dan ini terjadi sebelum perang salib.



Ditambah pada waktu perang salib mereka para muslim sedang sibuk mengurus konflik antar dinasty yang pedulu hanya salahudin saja, bahkan ketika salahudin meminta bantuan pasukan ke dinasty abbasiyah permintaan nya tidak di hiraukan karena abbasiyah sibuk mengirim pasukan ke daerah lain karena konflik di dalam islam sendiri.

Kepada orang islam yang masih memanfaat kan sejarah perang salib sebagai pembakar semangat untuk memusuhi pihak lain segera lah bertobat. silahkan cari buku yang di buat di masa itu atau setelah nya setau saya tidak ada, ibnu khaldun seorang sejarawan terkemuka saja yang hidup 200 tahun setelah perang salib usai hanya menulis tidak sampai satu halaman saja dalam bukunya.

Orang dulu yang mengalami nya saja tidak peduli tapi di saat sekarang malah ramai.

4. Apakah salahuddin seorang jendral tangguh?



Tidak, pasukan salib itu hanya memiliki pasukan 1/10 saja dari pasukan salahuddin, dan jika pasukan reguler muslim bersatu belum termasik milisi itu ada sekitar 4 juta orang, jika di hadapkan dengan tentara salib yang hanya 100.000 itu harus nya bisa di libas dengan mudah tetapi nyata nya tidak karena mereka sibuk mengirim pasukan ke daerah lain dalam rangka konflik internal islam.

Salahuddin sendiri pada wakti itu memiliki pasukan 200 - 400 ribu pasukan karena dia menguasai wilayah levhan, irak, mesir sampaj nubia yang menjadi sudan sekarang. Jadi salahuddin punya pasukan hitam, putih dan Bule.

Salahuddin itu bukan jendral yang sangat mumpuni dalam perang biasa saja menurut saya walaupun dalam perang katin strategi blokade air nya sangat bagus, tetapi untuk menakhlukan jerusalem dia harus menunggu sampai 10 tahun padahal pasukan nya sendiri yakin bahwa hanya dalam satu serangan saja mereka bisa menjebol pertahanan musuh. Mungkin terlalu baik salahuddin karena ketika peperangan pasukan musuh mundur dia juga mundur, musuh minta break dia mundur, musuh minta ampun dia mundur, musuh minta gencatan senjata dia mundur sampai 10 tahun dia menunggu di damaskus.

Salahuddin baru memimpin peperangan ketika eropa mendatangkan reynald de chation yang jahat luar biasa dan dia adalah satu - satunya orang yang di bunuh langsung oleh tangan salahuddin. Jadi salahuddin ini orang nya sangat baik, tulus, ikhlas bahkan seumur hidup nya dia hanya membunuh satu orang saja padahal dia raja dan catatan tentang salahuddin ini di buat oleh kristen karena orang islam hampir tidak ada yang membuat nya pada waktu itu.

Saya bukan tidak hormat kepada salahuddin tetapi memandang beliau sebagai orang suci, tulus, ikhlas, baik tapi bukan tokoh yang hebat dalam peperangan. Kepada para fans nya beliau saya mohon maaf, jika di banding dengan baibar yang menghabisi pasukan mongol, pasukan salib, pasukan assasin sekaligus dan dia pernah mengurung 160.000 pasukan salib dan mongol dalam satu benteng padahal dia hanya membawa 8000 orang dan dia menang.

Ini baru jenius tapi bonus nya baibar ini sangat kejam.






Diubah oleh sletingdol 04-08-2020 09:33
NdasManyung166
Michaelwise
tiada.tara
tiada.tara dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.4K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.