rukminiirawanAvatar border
TS
rukminiirawan
Lebanon Berasap; Israel “Bukan Kami yang Nyalakan Apinya”

m.bisnis.com


Selasa kemarin  (4/8) ledakan besar mengguncang kota Beirut di Lebanon. Ledakan ini tidak main-main dashyatnya  hingga data terakhir mengenai korban meninggal sudah mencapai 80 jiwa dan luka-luka sebanyak 4000 orang. Selain itu, kerusakan bangunan serta beberapa tempat rata oleh peristiwa naas tersebut. Bahkan dikabarkan balkon dan rumah warga yang berjarak beberapa kilometer dari pusat ledakan runtuh. Ledakan tersebut sama kuatnya dengan gempa 3,5 SR serta dapat di dengar dan dirasakan lebih dari 200 kilometer!

Hassan Diab selaku perdana menteri Lebanon menyebutnya sebagai bencana nasional. Dalam pidatonya ia berkata “ Hari ini adalah hari yang sangat sedih dan menyakitkan. Beirut berduka, Lebanon sedang menghadapi bencana. Ya ini adalah bencana nasional besar”dilansir dari Nation News Agency (5/8)
 

m.detik.com

Beberapa negara memberikan ucapan turut prihatin atas bencana tersebut,  seperti Arab Saudi dan Amerika Serikat melalui Mike Pompeo. Sedangkan saat ini Perdana Menteri Hassan Diab mengaku negaranya hanya berfokus untuk menangani bencana serta menolong para korban ledakan. 

Untuk penyebabnya sendiri belum dapat dipastikan secara pasti, namun menteri dalam negeri Mohammed Fahmi mengatakan ledakan besar tersebut disebabkan oleh lebih dari 2.750 ton amonium nitrat yang selama bertahun-tahun disimpan dalam gudang di tepi laut disinyalir menjadi penyebab ledakan tersebut.


style.tribunnews.com


Bencana ini terjadi di hari-hari dimana Israel dan Lebanon (kelompok Hizbullah) terlibat ketegangan . Akhir Juli lalu melalui sumber Lebanon, mengungkapkan bahwa Hizbullah menembakkan rudal ke kendaran lapis baja ke kendaraan pasukan pertahanan Israel atau IDF, konflik tersebut merupakan buntut dari tewasnya seorang anggota Hizbullah di Suriah beberapa waktu lalu oleh serangan udara yang di gelar di Tel Aviv.


m.cnnindonesia.com


Jauh kebelakang, di tahun 2006 Israel dan Lebanon juga terlibat dalam sebuah pertempuran dimana sedikitnya 165 warga Israel tewas sementara di pihak Hizbullah 1.100 orang.

Nah atas dasar ketegangan Israel dengan Lebanon (kelompok Hizbullah) membuat mau tidak mau desas desus mengenai Israel sebagai dalang ledakan besar ini mencuat. Apalagi diketahui militer Israel seringkali melakukan serangan berlebihan. Dan juga tepat sebelum ledakan terjadi, banyak warga melaporkan mendengar pesawat di atas kepala mereka.


m.republika.co.id


Desas desus tersebut tentu saja ditolak mentah-mentah oleh Israel.. Otoritas Israel membantah bahwa peristiwa itu terjadi karenanya “ Israel tidak ada hubungannya dengan hal itu”. Presiden Israel,  Reuven Rivlin bahkan bersedia membantu kesulitan Lebanon “kami berbagi rasa sakit rakyat Lebanon, dan dengan tulus menwarkan bantuan kami pada saat yang sulit ini”demikian cuitannya dalam bahasa Inggris, Arab dan Ibrani.
 


--
Waduh, belum lagi berjuang untuk terbebas dari belenggu Covid di negaranya yang telah memasuki angka 5 ribu lebih positif, kini rakyat Lebanon sudah dibuat sedih dengan Ledakan besar kemarin yang banyak meluluh lantakkan kotanya. Semoga di berikan kekuatan, kesabaran dan ketabahan..

Spoiler for SUMBER:







monkeydfarly
red.bezos
dragunov762mm
dragunov762mm dan 4 lainnya memberi reputasi
5
4.1K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.