News
Batal
KATEGORI
link has been copied
97
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f289cd5365c4f21e45a7472/melacak-obat-corona-hadi-pranoto-yang-dikritik-kemenristek
Hadi Pranoto sudah menunjukkan 'obat Corona' di Bogor. Dia menyebutnya ramuan herbal untuk antibodi pencegah COVID-19. Botolnya kecil, polos tanpa merk dan berisi cairan ramuan herbal.
Lapor Hansip
04-08-2020 06:25

Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek

Past Hot Thread
akarta- 

Dalam video Youtube Anji, Hadi Pranoto mengklaim punya obat Corona. Nama tidak disebut, namun Kemenristek merujuk ke Bio Nuswa dan tidak mendukungnya.

Hadi Pranoto sudah menunjukkan 'obat Corona' di Bogor. Dia menyebutnya ramuan herbal untuk antibodi pencegah COVID-19. Botolnya kecil, polos tanpa merk dan berisi cairan ramuan herbal.

Meski begitu, Kemenristek menyebut obat itu sebagai Bio Nuswa. Produknya memang beredar di pasaran, dijual di toko online. Nomor BPOM yang dipasang di e-commerce merujuk ke Bio Nuswa dalam situs Cek Produk BPOM.
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek

Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi Untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) dalam hal ini tidak pernah memberikan dukungan uji klinis obat herbal produksi Bio Nuswa yang diakui oleh Hadi Pranoto telah diberikan kepada pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet," kata Kemenristek dalam pernyataan resminya.

Menurut Kemenristek, setiap pelaksanaan uji klinis harus mendapatkan persetujuan pelaksanaan uji klinis seperti oleh BPOM dan ethical clearance yang dikeluarkan oleh Komisi Etik.

detikINET pun menghubungi Hadi Pranoto. Dia membenarkan kalau produknya adalah Bio Nuswa. Obat herbal ini pertama kali diperkenalkan oleh Laskma TNI Dr Suradi AS. Menurut Hadi, dia dan Suradi saling mengenal karena memang satu tim.


"Iya memang satu tim. Saya kepala risetnya, Pak Suradi salah satu timnya. Risetnya sudah lama, bukan cuma satu item saja. Kalau didaftarkannya baru 2020," kata Hadi kepada detikINET, Senin (3/8/2020) malam.


Ramuan herbal ini diketahui telah didaftarkan ke Balai POM RI serta sudah mendapat Surat Izin Edar Nomor POM TR203636031 tanggal 14 April 2020. Nama produk Bio Nuswa didaftarkan PT Saraka Mandiri Semesta dari Kabupaten Bogor. Tidak disebutkan bahwa obat ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan gejala virus corona.

Terkait hal ini, sebelumnya pihak TNI AL pun enggan dikaitkan dengan Laksma Suradi terkait ramuan anti Corona ini. Menurut mereka itu adalah urusan pribadi yang bersangkutan.

"Dalam hal ini bahwa berita tersebut tidak dirilis resmi oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), melainkan murni atas nama pribadi. Dengan demikian apa yang disampaikan oleh yang bersangkutan dalam pemberitaan tersebut, sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedinasan TNI AL dan tidak berkaitan dengan Dinas Kesehatan TNI AL," jelas Kadispenal Laksma Mohamad Zaenal dalam keterangan resminya, Rabu 29 April 2020 silam.


https://m.detik.com/inet/cyberlife/d...from=wpm_nhl_6

Ternyataemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alwienak dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 06:14
abis kalung terbitlah obat, goblog yang tiada akhir
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 06:27
berbahaya banget sih klaim yang dibuat ya, berarti dalam jangka kurang lebih satu bulan sejak pasien 01 diumumkan sudah bisa nemuin antibodi covid 19 segera dibenerin lah pernyataannya 😔
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 06:36
simlel aja sih, kalau sudah diedarkan, brati penelitiannya sudah harus direview tim komite etik penelitian kesehatan, setelah mendapat kan sertifikat layak etik atau bebas etik, baru bisa di uji klinis, yang tentu saja hasilnya harus di publikasikan di jurnal yang sudah terindeks minimal scopus (dunia), apabila uji klinis berhasil, bpom akan menguji mulai dari kemasan sampai efek samping yang ditimbulkan, jika sudah berhasil dan hasilnya ok baru didaftarkan untuk label halal

nah, penelitian ini dilakukan di laboratorium mana? karna hal ini juga masuk ke dalam etik penelitian, alatnya lengkap atau tidak, bahan yg dipakai aman atau tidak, apalagi bapak ini mengatakan bahwa ini adalah "obat antibodi..." di yutubnya duniamanji, kalau beliau bilang lnagsung " ini obat herbal.." ga akan seheboh skrg
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 07:07
Inget di indo semua bisa jdi obat bahkan kalung sekalipun diagungkan bisa obati corona
Emang lucu negeri ini.....
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 07:10
Yg kayak gini bahaya,... Bukan cuma obatnya tapi lebih bahaya manusia kayak gini, kalo ternyata apa yg mereka sebut obat itu ternyata gak ngasih efek penyembuhan dan ini terjadi terus menerus bisa-bisa masyarakat gak akan percaya ketika obat yg asli akhirnya ditemukan....
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 07:12
Ya kita tunggu saja
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 07:36
Professor ngeluarin obat tanpa ngasih publikasi penelitiannya melalui, paper, jurnal, dan semacamnya emoticon-Ngakak (S)
Ini anji pernah sekolah kagak sih emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 07:38
Kemarin malah ada anggota dewan beli jamu dari China, kayaknya gak ada yg protes demikian heboh

Utk jamu memang aturannya beda dgn obat, lebih flexible tapi tidak boleh klaim menyembuhkan, setahu saya tulisan di jamu seringnya meringankan gejala Penyakit bla bla bla

Kalau di produk dan di iklankan menyembuhkan Covid 19, bpom bisa menyita dan mencabut ijin

Tapi2, kementan saja buat 'obat' Covid 19 lho! Heboh juga,

Kasus yg anji ini karna,,,, kita kurang hiburan
profile-picture
angelo.ogbonna memberi reputasi
1 0
1
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 08:13
Siapa Suradi ini ga berani apa non aktifkan? hehehehe
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 08:28
di radio juga banyak yang iklanin obat herbal, malah klaimnya bisa nyembuhin segala macam penyakit, tapi gak pernah heboh emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 08:29
biofarma katanya udah mulai adanya vaksinnya.
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 08:37
padahal banyak juga yang ngeklaim kalo udah pada nemuin obatnya yaa, yang lainnya apa kabar tuh?
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 08:51
biarkan masyarakat yang berkreasi sendiri membuat vaksin..
nungguin dari WHO kelamaan..
sapa tau emank orang Indonesia pada bisa bikin vaksin..

emoticon-Toast
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 08:59
Mohon investigasinya yang bener ,namanya temuan untuk kemaslahatan bersama kalau memang manjur kenapa tidak dicoba.syukur² jadi solusi
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 09:00
Produk herbal Bio Nuswa diketahui telah didaftarkan ke Balai POM RI serta sudah mendapat Surat Izin Edar Nomor POM

Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi Untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) dalam hal ini tidak pernah memberikan dukungan uji klinis obat herbal produksi Bio Nuswa yang diakui oleh Hadi Pranoto

Menurut Kemenristek, setiap pelaksanaan uji klinis harus mendapatkan persetujuan pelaksanaan uji klinis seperti oleh BPOM dan ethical clearance yang dikeluarkan oleh Komisi Etik.
Diubah oleh ravidetan
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 09:04
Secara kalau dikatakan obat...ada vendor lain yang mengurus izin klinis nya...lah ini tiba tiba datang .....tanpa uji klinis....ya membuat pihak lain kebakaran jenggot....kalau di daftarkan jadi obat herbal seperti profesor sihombing mungkin masuk akal....tetapi kalau dikatakan obat covid....selayaknya seperti lainnya mengikuti uji klinis...dan itu biaya yang besaaarrrr....karena kalau ada korban sampai meninggal....yang disalahkan adalah orang di bagian uji klinis...karena dimana - mana namanya obat harus diuji klinis adalah standard kesehatan internasional. seperti halnya SNI di indonesia. Jaminan mutu untuk masyarakat
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 09:15
makin blur dah lu. biasa tukang jual obat keliling emang suka melebih2kan jualannya
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 09:23
Kbtulan ane jg bergerak di bidang yg bersi nggungan dgn bPom, n btul bpom hanya mencek klasifikasi dan berbahaya apa tdknya apabila dikonsumsi, jd kl didaftarkan sbg obat tradisional yg dicek ya kandungannya, kl aman ya lolos
Salahnya ada diklaim obat untuk corona terbukti bla bla, yg mn bagian ini hrs melalui uji klinis
Kbtulan itu perusahaan yg buat jg ane kenal, prush spt itu dlm bidang ane disebut toll manufacturing, jd dia pnya izin utk bikin obat2 tradisional, nah si hadi numpang bikin dsna dgn resep dia, jd saraka mandiri ga ada sangkut paut dgn klaim hadi
profile-picture
kiryu06 memberi reputasi
1 0
1
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 09:28
semoga aja cepet vaksinnya ada
0 0
0
Melacak Obat Corona Hadi Pranoto yang Dikritik Kemenristek
05-08-2020 09:50
Semoga cepet ada obatnya....klo vaksin ntar konsepirasi lagi katanya...eh klo ada obatnya ntar juga dibilang ga halal lagi, efek samping lagi dan masalah lainnya lagi... emang masih lama sepertinya covid19 ini... klo pemikirannya masi pada nyungslep kaya gini...
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia