• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Menakjubkan! 7 Sungai Berwarna Unik Di Dunia, Salah Satunya Ada Di indonesia

zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Menakjubkan! 7 Sungai Berwarna Unik Di Dunia, Salah Satunya Ada Di indonesia


Dunia memang unik, planet bumi ini diciptakan dengan segala kesempurnaan untuk dijadikan tempat manusia dan makhluk hidup lainnya. Tapi justru keindahan alam yang sudah dianugerahkan Tuhan kepada manusia ini sering dirusak oleh tangan-tangan jahat. Bukti yang makin banyak terjadi adalah kerusakan alam terutama ekosistem air.

Fenomena aneh makin sering terjadi, contohnya pada perubahan warna air sungai atau danau yang seharusnya jernih lalu menjadi merah, kuning, hijau atau hitam. Merinding rasanya jika melihat sungai tempat sebagian penduduk menggantungkan kehidupan justru tercemar dengan merkuri atau bahan kimia berbahaya.

Sering kali kita melihat dalam berita fenomena perubahan warna sungai yang tak biasa ini. Bahkan menjadi pusat perhatian umum karena ada yang mengaitkan dengan mistis. Namun, tahukah Anda jika di dunia ini ada sungai yang warnanya mencolok dan alami?

Ya, sungai-sungai dengan warna indah ini adalah asli bukan karena adany zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya. Inilah sungai di dunia yang eye catching.

Yuk, kita lihat satu per satu!

1. Sungai berwarna merah muda di Peru


Sungai merah muda di Peru: Twitter Iskandar Aripin

Siapa yang tak kenal dengan keindahan negara-negara di amerika latin ini. Salah satunya peru. Selama ini Peru dikenal memiliki pegunungan pelangi yang indah. Namun, satu lagi keindahan tiada tara yang ada di negara ini.

Ya, sungai berwarna merah muda Di Cusco, Peru. Terdapat sungai sepanjang 5 kilometer berwarna merah. Warna ini disebabkan oleh faktor hujan yang turun dari kawasan yang dikenali sebagai gunung pelangi Palcoyo yang mempunyai mineral seperti besi masuk ke dalam air sungai.

Benar-benar mirip minuman dari buah segar kan, gan sis? Jangan-jangan jadi ngiler nih kaya liat jus stroberi🤭. Yups, spot yang menarik untuk Anda para traveller sejati tentunya.

2. Sungai berwarna merah darah di Spanyol


Sungai Merah darah di Spanyol: Okezone.com

Siapa yang tak mengenal negara di Eropa yang terkenal dengan olahraga sepakbolanya ini. Selain kota-kota yang indah seperti Madrid dan Barcelona. Negara ini memiliki pesona alam nan indah. Salah satunya sungai berwarna merah darah yang disebut Rio Tinto.

Sungai sepanjang 62 mil ini memang mengalirkan air berwarna merah layaknya darah. Pasti agak horor ya😁.

Nah penyebabnya tiada lain karena, kombinasi dari bakteri langka dan jumlah oksigen yang sangat rendah, proses ini ternyata telah berlangsung sejak ribuan tahun. Sungai yang titiknya berada di Pegunungan Sierra Morena Andalusia ini terus mengalir hingga Teluk Cadiz di Huelva.

Amazing ya, warnanya🥰. So, jangan lupa masukkan tempat ini di list travelling Anda, Sobat.


3. Sungai Kuning di China


Sungai kuning di China: Adventuretravel

China adalah negara dengan daratan yang luas. Tak heran jika negara itu memiliki aneka ragam sungai dari mulai yang besar dan yang terpanjang. Wilayah China memang dikenal dengan lanskap alam yang memukau. Dari mulai pegunungan berbatu, lembah hijau bak di film dinosaurus. Semuanya bisa kita temukan di sana.

Satu hal yang unik adalah sungai berwarna kuning atau yang di sebut Huang Ho. Sungai ini begitu menarik dengan warna kuning yang mengalir bak cat tumpah. Lekukan yang terlewati bak badan naga yang sedang terbang.

Dengan panjang mencapai 5.464 kilometer, sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di Cina sekaligus di Asia, setelah Sungai Yangtze.

Bagaimana, Agan dan sista tertarik untuk berlayar di sungai ini. Tampaknya sangat menarik. Karena kita bisa mengabadikan pengalaman di sana dengan berswafoto atau mengabadikan keseruan dalam rekaman video.


4. Sungai berwarna Biru di Philipina


Sungai Biru Philipina: Winnetnes.com

Sungai berwarna sangat cantik ini ternyata ada di negara tetangga. Ya, Philipina memiliki surga yang tersembunyi. Keasrian alamnya tak diragukan lagi sehingga membuat para wisatawan berbondong-bondong menyelami kesegarannya.

Sungai Hinatuan. Ternyata selain unik karena warna, tempat ini juga terkenal sebagai sungai dengan mineral garam atau sungai air asin. Letaknya ada di Surigae del Sur, Pulau Mindano dan ukurannya sangat panjang. Bahkan belum pernah ada yang menemukan hulunya.

Penduduk setempat menyebutnya sebagai tempat para peri. Wajar saja. Keindahan semacam ini memang hanya ada di alam khayalan. Namun, faktanya ini ada di dunia.

Yuk catat dalam agenda liburanmu☺️. Dijamin gak akam nyesel walau harus merogoh kocek yang dalam. Hasilnya akan terbayar dengan keindahan alam surgawi yang memanjakan mata Anda.


5. Sungai berwarna Tosca di Costarica


Sungai di Costarica: Detik.com

Jika selama ini kita mengenal laut yang indah di eropa dengan dominan warna Tosca seperti laut-laut di mediterania. Namun, di negara Costarica terdapat pula sungai indah dengan warna yang memanjakan mata.

Berlokasi di Taman Nasional Gunung Api Tenorio, Kosta Rika, terdapat Sungai Buena Vista atau yang populer dikenal dengan Rio Celeste.

Wow, sungguh indah bukan? Anda akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di sana. Bahkan tak akan terasa karena tersihir pesona alam yang masih alami ini. Jangan lupa mengabadikannya agar kenangannya tetap tersimpan rapih.

6. Sungai berwarna hitam di Indonesia


Sungai Sekonyer, Kalteng: Detik.com

Nah, loh? Indonesia. Kita patut berbangga dianugerahi alam yang kaya akan keindahan. Di tiap pulau yang tersebar di negara kita ini. Ribuan bahkan jutaan tempat indah alami yang tersebar.

Anda tentunya wajib tahu. Sungai yang berada di Kalimantan ini tepatnya Kalimantan Tengah. Kecamatan Kumai, terdapat Sungai Sekonyer yang mengalir di Taman Nasional Tanjung Puting. Uniknya, sungai di sana berwarna hitam.

Yupz. Bukan hitam karena cairan kimia. Tetapi wilayahnya terdapat di daerah padang gambut. Sehingga warna hitam alami ini dapat terlihat jelas. Nah, siapa yang tak tertarik bertualang ke sungai ini. Pastinya sangat berkesan menikmati keindahan alam nusantara yang begitu beragam. Bahkan masuk terunik di dunia ini.


7. Sungai Hijau di Amerika Serikat


The Green river, USA: Wikipedia

The Green River , terletak di bagian barat, adalah anak sungai kepala Sungai Colorado. Yang dikenal sebagai Green River Basin , meliputi bagian Wyoming , Utah , dan Colorado . The Green River mengalir sepanjang 1.170 km, sungai ini mengalir melalui Dataran Tinggi Colorado yang dikenal dengan lanskap alam indahnya yaitu Grand Canyon. Di tengah ngarai dengan batuan indah inilah sungai hijau mengalir. Lalu bergabung dengan anak sungai lainnya.

Sungguh anugerah alam yang begitu memesona. Bak oase yang berada di tengah gurun pasir. Sungai dengan warna hijau segar ini siap memanjakan mata Anda terutama di musim di mana gletser mencair. Sangat keren untuk dijadikan tempat liburan menikmati alam bebas sambil memancing di sana.



Ok, gansis. Itulah ketujuh sungai dengan warna unik nan cantik yang ada di dunia. Yuk, cintai alam ini dengan melestarikannya dan menjaga dari kerusakan tangan yang jahil. Save the nature, save our earth🌏.

Sampai jumpa di trit ane yang lain, ya. Silakan kunjungi di profil ane langsung.

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa komen dan cendolnya🙏

emoticon-I Love Kaskusemoticon-Big Kiss

Sumber gambar dan referensi:
1
2
3
4
5
6


Belajar Bersama Bisa




 
Diubah oleh zatilmutie 04-08-2020 23:43
raaaaud20
miaaulia99
derinurhandi
derinurhandi dan 36 lainnya memberi reputasi
37
2.9K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.