Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

saptalan60Avatar border
TS
saptalan60
Unik dan Keren 6 Curug Eksotis di Bandung

Setelah banyak membahas berbagai tempat wisata di bandung yang lengkap dan menarik, tak ada salahnya sekarang ane mau menuliskan tentang beberapa tempat wisata curug di bandung. Curug adalah kata dari bahasa sunda yang berarti air terjun. Kalian pasti banyak dong yang menyukai akan wisata air terjun, karena wisata alam ini memberikan sensasi yang menarik.

Kota bandung yang dulunya adalah sebuah danau purbakala menyisakan berbagai wisata alam yang terbentuk dengan sendirinya. Seperti banyaknya wisata bertema air terjun mengingatkan kita kepada beberapa abad lalu sebelum kota bandung yang terkenal seperti sekarang. Wisata air terjun di bandung memang sudah banyak, namum tidak terekspos secara berbarengan. Terlihat dari segi wisata alam yang masik banyak tersebunyi dan belum terekspos media.

Ane jadi ingat cerita nenek, waktu ane kecil beliau pernah bercerita bahwa ada sebuah curug indah yang berada di wisata alam danau ciharus. Namun air terjun itu katanya angker dan tidak bisa diketahui oleh orang banyak, kalau yang berhasil melihat air terjun tersebut sangalah beruntung. Karena akan melihat keindahan yang memukai, nenek ane juga berkata kalau kalian bisa melihat air terjun tersebut, maka kita akan melihat sepasang kerbau tanpa pemilik. Ane pernah berwisata ke danau ciharus sebanyak 7 kali dan alhasil tak pernah menemukan air tersebut, perasaan bercampur aduk antara penasaran dan takut, karena katanya angker.

Anjay ane malah sedikit bercerita tentang air terjun yang belum ane kunjungi. Yasudahlah mari kita membahas air terjun yang real dan mudah untuk dikujungi. Bagi para traveller yang ingin berwisata air terjun di bandung, bisa kunjungi salah satu air terjun berikut.

1. Air Terjun Pelangi/Curug Cimahi

Berkunjung ke air terjun berwarna akan sangat menyenangkan hati, karena kita dapat melihat keindahan air terjun yang sangat eksotis. Semenjak ditangani oleh pihak perhutani, air terjun warn alias curug cimahi ini terus melakukan pembenahan diri. Dulu tempat wisata ini hanya beroperasi pada siang hari saja, namun semenjak menjadi air terjun pelangi, curug ini beroperasi 24 jam.

Berada dikawasan cimahi bandung barat, tempat wisata ini mudah dijangkau dan nyaman untuk dikunjungi. Pada weekend dan hari libur jangan heran, air cuirug cimahi akan dipadati oleh pengunjung. Tiket masuk ke curug cimahi Rp. 15.000 untuk weekday, dan Rp. 17.000 pada weekend dan hari libur.

Alamat Air Terjun Cimahi Berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

2. Curug Malela

Salah satu wisata air terjun yang wajib dikunjungi pada tahun 2020 adalah curug malela. Wisata curug malela mulai terekspos luas dari tahun 2019 dan mulai dibahas serta masuk kedalam deretan  list wisata bandung yang sangat eksotis. Meski membutuhkan perjalanan yang sedikit sulit, namun tidak membuat para traveller membatalkan diri untuk berkunjung kesini.

Spot poto yang keren menjadikan wisata ini terkenal semakin luas, fasilitas yang cukup menunjang memberikan kenyaman bagi para pengunjung. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke curug malela bisa mengikuti rute perjalanan atau bisa melihat google maps agat tidak nyasar. Tiket masuk ke curug malela akan mebuat kalain kaget, bukan kaget karena mahalnya tapi kaget karena terbilang murah untuk tempat wisata yang keren ini (Tiket Masuk Curug Malela Rp. 5.000).

Alamat Curug Malela di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat -Jawa Barat

3. Curug Maribaya

Untuk tempat wisata satu ini, ane rasa kalian sudah mengenalnya. Tempat wisata yang hits di bandung ini sudah terkenal ke pelosok indonesia. Di curug ini lah tempatnya wisata yang bernama The Lodge maribaya yang populer dan poto-poto indahnya banyak tersebar di berbagai media sosial.

Daya tarik curug maribaya lembang terlihat dari segi keindahan alam yang eksotis, disini kalian akan merasakan asik dan takjub dalam menikmati pemandangan yang bikin betah. Curug Maribaya sering di sebut juga dengan nama curug omas,  namun nama curug maribaya lebih terkenal.

Sejarah nama  maribaya diambil dari nama salah satu gadis cantik bernama maribaya yang memiliki paras cantik luar biasa. Dahulu ada satu perkampungan tempat mengalirnya sungai yang sekarang mengairi curug maribaya.

Alamat Curug maribaya di  Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

4. Curug Cilengkrang

Wisata air terjun ini menurut ane sangat cocok bagi kalian yang sedang galau, lokasinya yang sedikit jaauh dari jalan raya membuat keheningan alam terasa begitu kental. Hilangkan kepenatan kalian untuk bercamping sekaligus meninkmati pemandangan dan mendengarkan aliran sungai dari curug cilengkrang ini.

Pada weekend banyak para pengunjung yang melakukan kegiatan camping bersama rombongan mereka masing-masing. Tiket masuk ke curug cilengkrang cukup terjangkau hanya dengan Rp. 5.000 s/d Rp. 10.000 kalian sudah dapat menikamati keindahan alam yang sangat asri.

Alamat Curug Cilengkrang berlokasi di kawasan Ujugn Berung, Kec. Cilengkrang, Bandung, Jawa Barat

5. Curug Citambur

Hujan abadi akan kalian rasakan apabila berwisata ke curug citambur. Arti terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 100m ini mengciptakan percikan seperti air hujan di area temapt ini. Maka dari itu curug citumbar ini memiliki nama lain dan disebut sebagai curug hujan abadi.

Berlokasi diperbatasan bandung cianjurr membuat tempat wisata curug citumbar masih begitu asri karena belum begitu terjamak oleh para wisatawan luas. Namun keindahan dan keasrian alam akan kalian dapatkan sensasinya di curug citumbar bandung yang cukup eksotis dan memilki nilai alam yang tinggi.

Alamat Curug Citambur Berlokasi di Desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Cianjur Selatan - Jawa Barat

6. Curug Tilu Leuwi Opat

Tempat ini menjadi lokasi wisata alam yang paling ane suka, Walaupun sudah sering berkunjung kesini namun ane tak pernah bosan, selalu pengen dan pengen lagi untuk berkunjung. Daya tarik dan keindahan wisata air terjun ini adalah terdapat 4 air terjun dan terdapat goa yang menambah wisata curug tilu leuwi opat makin eksotis.

Di curug tilu leuwi opat kalian bisa banyak melakukan kegiatan spot seperti:

Arum Jeram
Camping
Panjat Tebing
Paint Ball
Outbond
Flying Fox
Shaking Bridge, dan
Bermain Rakit

Ane yakin jika kalian berwisata kesini, akan merasa betah dan tak ingin pulang, maka dari itu banyak pengunjung yang melakukan camping untuk merasakan sensasi eksotis lebih lama.

Alamat Curug Tilu Leuwi Opat berlokasi di Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Ke enam wisata curug yang ane sebutkan di atas, cukup menyita perhatian bagi para traveller. Wisata alam bertema air memang memiliki peminat yang sangat tinggi, semua itu dapat dilihat dari volume travaller yang mencari wisata seperti air terjun. Selain 6 deretan air terjun tersebut, masih banyak air terjun lainnya yang akan saya bahas pada artikel berikutnya.


Sumber Referensi
:terimakasih:welcome:terimakasih

Salkrye
Salkrye memberi reputasi
1
862
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.