• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Hudson Hornet: Mobil Legendaris yang Jadi Inspirasi Sosok Doc Hudson Dalam Film Cars

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Hudson Hornet: Mobil Legendaris yang Jadi Inspirasi Sosok Doc Hudson Dalam Film Cars
Balik lagi dipembahasan mobil klasik gan sist, setelah kemarin TS membahas Plymouth Superbird alias The King. Buat yang belum baca, bisa klik disiniKesempatan kali ini TS menghadirkan kembali karakter mobil dari film Cars, namanya adalah Doc Hudson. Sudah pada tahu kan sama sosok hakim Radiator Spring yang juga mantan pebalap ini ? Siapa sangka sosok mobil ini ada didunia nyata, dan pernah berlaga di Nascar juga. Daripada penasaran kita langsung mulai pembahasannya gan sist.



SEJARAH




Fabulous Hudson Hornet bersama pebalap Nascar Marshall Teague

Sumber


TS akan mulai dengan sedikit sejarah pabrikannya gan sist, nama pembuat mobilnya adalah Hudson Motor Company. Pertama kali didirikan tanggal 25 Mei 1909 dikotanya otomotif yaitu Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Mungkin buat kita semua masih sangat awam soal pabrikan mobil satu ini, karena eksistensinya sendiri dikenal pada tahun 1950-an.


Namun pada era tersebut, mobil buatan Hudson Motor Company menjadi primadona dan berhasil menjuarai kejuaraan Nascar. Tahun 1954 Hudson Motor Company melakukan merger dengan Nash-Kelvinator Corporation, dari merger ini lahir lah American Motors Company (AMC). Kemudian Hudson dipakai sebagai nama produk mereka dari 1954-1957. American Motors Company merupakan salah satu perusahaan gabungan terbesar sepanjang sejarah Amerika, AMC dibentuk untuk melawan dominasi Big Three (General Motors, Chrysler, dan Ford).


Meskipun mengalami kesulitan pada awalnya, namun mereka berhasil bangkit. Pada tahun 1957 ketika mereka tidak lagi memakai nama Hudson untuk produknya, mereka pun mengeluarkan produk mobil bernama Rambler. Dimana produk ini sukses menjadi mobil paling laris ketiga di AS sepanjang tahun 1960. Masuk era 1970-1980, mereka mulai kalah bersaing dipasar otomotif. Sehingga tanggal 9 Maret 1987, American Motors dibeli oleh Chrysler dan berganti nama menjadi Eagle. Demikian sejarah singkatnya, kita mulai pembahasan mobilnya.



Hudson Hornet


Masih ingat nama Doc Hudson di film Cars ? Siapa sangka gan sist, Hudson sendiri adalah nama produk dari mobil tersebut. Mobil generasi pertama diproduksi tahun 1951, produk tahun inilah yang dipakai sebagai tokoh Doc Hudson, selain itu di dunia nyata mobil ini juga ikut bertanding dalam ajang balap Nascar dan pernah merasakan gelar juara juga.


Produk pertama mengusung gaya step down dengan body lebih ramping, dikembangkan dari mobil Hudson Commodore yang mereka produksi tahun 1948. Gaya step down membuat posisi mobil ini terlihat lebih rendah (ceper) dariapada mobil lainnya, mobil yang lebih rendah dan ramping ini di AS disebut juga dengan gaya ponton. Hudson Hornet sendiri hadir dalam berbagai varian anatara lain: two door coupe, fourbdoor sedan, aconvertible, dan pillarless hardtop coupe.




Sumber


Hudson Hornet film Cars memakai varian two door coupe. Bentuknya masih mengadopsi mobil era 1930-1940 gan sist, salah satu cirinya adalah mengusung lampu bulat dengan bumper depan yang besar dan dilabur krom. Mobil ini kalau dilihat lagi, ban belakangnya agak tertutup body mobilnya. Kemungkinan hal ini disebabkan desain step-down yang mereka usung (cmiiw).




Two Door Coupr Hudson Hornet 1951.

Sumber




Eksterior dan Interior


Kita akan bahas eksterior terlebih dulu gan sist, dari sisi depan. Mobil ini mempunyai bumper dan grill yang cukup lebar, bumper depannya pun dilabur krom. Kalau diperhatikan lagi, bentuk grill depannya mirip dengan bentuk bibir gan sist. Kaca depannya juga masih diberikan sekat kaca yang cukup tipis.


Yang unik pada bumper depan Hudson Hornet diberikan tambahan bentuk pilar segitiga pada bagian tengahnya, yang dilabur krom juga. Pada bagaian atasnya ditambahkan logo dari pabrikan mobil ini. Mobil ini masih mengusung lampu bulat yang menyerupai mata kodok, selain itu lampu kabutnya didesain menyamping diatas bumpernya. Untuk lampu sein depan, tepat berada disisi body diatas roda depannya.




Tampak dari depan.

Sumber


Seperti kebanyakan mobil produksi tahun 1950-an, mobil ini juga banyak dilabur krom gan sist. Dismaping bodynya juga ada semacam garis tipis yang dilabur krom juga, garis ini dibuat mengikuti lekuk body dari ujung pintu depan sampai bumper belakang.


Dibawah garis tipis ini juga ditambah aksen krom yang tebal pada bagian bawah bodynya, biar lebih jelas bisa kita lihat foto ini. Yang unik kaca depan mobil ini juga masih dilengkapi kaca depan yang berbentuk seperti segitiga. Selain itu roda belakangnya tertutup sebagian body, dimana hampir separuh rodanya tertutup body mobil. Entah apa tujuannya, atau memang ini efek step down yang mereka aplikasikan pada mobil ini ? Mungkin yang tahu, bisa berkomentar dibawah nanti.




Tampak dari samping.

Sumber


Pada bagian belakang, kembali bumpernya dilapisi oleh krom. Ada juga dua plakat yang dipasang seacara horizontal pada bagian tepinya, body belakang ini juga masih terinspirasi oleh amfibi kaki empat, yakni kodok gan sist. Kalau dilihat kembali, bentuk kaca dan body belakangnya mengingatkan TS dengan VW kodok. Pada bagian bagasi tengahnya, dibuatkan pegangan dengan emblem tulisan Hudson. Bagasi mobil ini juga dibuat cukup luas gan sist, jadi gak perlu risau kalau mesti bawa barang yang banyak.




Bagian belakang.

Sumber




Bagasi belakang.

Sumber


TS pikir sudah cukup eksteriornya gan sist, kita lanjut ke interior. Bagian kursi depannya terbilang cukup luas, dibuat menyatu layaknya sofa dirumah kita. Yang unik tuas persenelingnya masih menyatu dengan setir mirip desain setir pada pick up L300, sehingga kursi depannya menjadi luas. Selain itu ukuran setirnya juga lumayan besar.




Sumber


Tidak begitu banyak foto interior dari Doc Hudson ini di internet, mungkin nanti gan sist mau nyumbang foto interiornya bisa dipajang dibawah. Kita sampai pada bagian penting mobil ini, yaitu dapur pacu alias mesin.




Dapur Pacu


Varian Hudson Hornet dari tahun 1951 hingga 1953 ditenagai oleh mesin dengan kode S6 ‘H-145’ 308, berkapasitas 5.000 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 145 hp pada 3.800 rpm dengan torsi 373 Nm. Mesin dikimpoikan dengan transmisi manual 3 kecepatan, dan kemudian mendapat penambahan opsi transmisi otomatis 3 kecepatan dengan Hydramatic Overdrive.


Hal tersebut mampu melesatkan mobil dari 0-60 km/jam dalam tempo 12 detik saja gan sist, sementara kecepatan tertingginya menacapai 172 km/jam. Selama 4 tahun masa produksinya, 95.000 unit Hudson Hornet generasi pertama sukses meluncur ke pasaran.




Mesin dengan karburator Twin H Power.

Sumber


Untuk versi mobil Nascar mengusung mesin tipe 7X Racing, mesin ini dibuat dan dikembangkan oleh mekanik pabrikan Hudson Hornet yang bernama Vince Piggins bersama pebalap Nascar Marshall Teague. Dengan kapsitas 5.000 cc dan dibekali 3 kecepatan manual, mesin versi Nascar ini mampu memuncratkan tenaga maksimum mencapai 220 HP.


Kehebatan mesin versi Nascar ini didukung dengan karburator Twin H Power yang ditanam pada mobil ini, pada tahun 1952 bersama Marshall Teague, Hudson Hornet meraih gelar keduanya. Menjadi mobil yang mendominasi Nascar diera 1950-an. Karena rata-rata pebalap Nascar era itu lebih memilih menggunakan merek Hudson, tak heran jika ajang balap Nascar didominasi mobil dengan gaya eksentrik ini.



Fakta Menarik Hudson Hornet



1.Menjadi Inspirasi Film Cars

Masih ingat Doc Hudson di film Cars ? Pada akhir film seri pertamanya, Doc muncul dengan stiker Fabulous Hudson Hornet. Ternyata stiker itu juga dipasang pada versi mobil aslinya, mobil tersebut digunakan oleh Marshall Teague, ia menggunakan nomor 6 pada ajang balap ini. Ia berhasil memenangi kejuaraan Nascar dua musim berturut-turut, pada tahun 1951 dan 1952.


Fabulous disini bisa diartikan hebat atau menakjubkan gan sist, gak berlebihan juga penambahan stiker ini. Mengingat kehebatan dari mobil Hudson ini dilintasan Nascar, versi asli mobilnya berwarna biru langit, kalau versi animasi berwarna biru tua.




Versi animasi.

Sumber




Ini buktinya, dipakai Marshall Teague, ada tulisan Fabulous emoticon-Big Grin

Sumber


2.Pernah Mengalami Insiden Kecelakaan Pada Gelaran Nascar


Seperti yang terjadi pada film, Hudson Hornet asli juga mengalami kecelakaan gan sist. Hal ini mungkin juga jadi inspirasi pembuat film, tapi yang mengalami kecelakaan bukan Marshall Teague melainkan pebalap lain. Di ajang Nascar sendiri, pada masanya banyak mobil Hudson yang dipasangi stiker Fabulous Hudson Hornet pada bodynya.




Adegan ini sama persis seperti difilm animasinya gan sist, dimana mobilnya ikut melayang juga.





Kecelaakan Hudson Hornet.

Sumber


3.Nasib Naas Marshall Teague


Marsahall Teague dijuluki King of The Beach pada masanya, karena diera 1940 sampai 1950-an, ajang balap mobil ini banyak digelar ditempat terbuka. Salah satunya di dekat pantai, dimana Marshall mendominasi dan berhasil menjadi juara. Ia pertama kali menjadi juara tahun 1949 pada ajang Daytona Beach Race. Disusul tahun 1951 dan 1952 pada ajang Daytona Beach Road Course.




Sumber

Berlaga di Daytona Beach Road Course.


Pada musim balap 1953, Teague meninggalkan Nascar dan mengikuti ajang balapan lain yakni seri AAA dan USAC. Meskipun belum menjuarai seri ini, tapi ia sukses tampil baik setiap musimnya. Tragedi naas terjadi tanggal 11 Februari 1959, waktu itu Teague mengendarai mobil Root's Chapman Sumar Special Indy Car. Ia melakukan tes untuk prototipe mobil tersebut di Daytona International Speedway, pada saat kecepatan tinggi ditikungan ia kehilangan kendali, Teague langsung meninggal dilokasi kejadian. Meninggalkan seorang istri dan seorang anak perempuan, Marshall meninggal pada usia 36 tahun.




Mobil yang merenggut nyawa Teague.




Foto bareng istri

Sumber




Fot bareng sang putri tercinta emoticon-Berduka (S)

Sumber


4.Disuntik Mati Pada Tahun 1958.

Pada era 1950, Hudson adalah pabrikan mobil pertama yang ikut terjun dalam ajang balapan Nascar. Produk mobil mereka mendominasi di awal sampai pertengahan 1950, namun pada tahun 1958 produksinya dihentikan karena sudah tidak kompetitif lagi diajang balap Nascar. Mesin mobilnya dianggap sudah tidak bisa lagi dipacu pada kecepatan tinggi disirkuit, mereka mulai kalah oleh produk lain seperti Ford dan Chrysler yang mulai memperkenalkan mobil baru diajang ini.


Meskipun disuntik mati, namun mobil ini punya kenangan istimewa buat para pecinta Nascar, bersama Marshall Teague mereka pun mendapat label 'Legenda'. Tak heran kiprahnya diabadikan dalam film animasi Cars, kalau versi animasinya Doc mengalami kecelakaan dan tidak diterima kembali dilintasan balap, hingga ia memutuskan pindah ke Radiator Spring. Pengisi suara Doc meninggal tahun 2008, dimana suaranya diisi oleh Paul Newman.




Berita versi animasinya emoticon-Big Grin




Berita versi asli emoticon-Big Grin

Sumber Foto


Sekian dulu ulasan mobil balap klasiknya, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Dan tentu buat yang selama ini penasaran dengan sosok Doc, TS mengucapkan selamat tidur nyenyak, karena sudah tahu sosok aslinya. Bagi yang ingin menambahkan atau mengkoreksi tulisan TS, ditunggu dikolom komentar kehadirannya. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Mobil tua yang cerewet pernah bilang padaku, itu hanya sekelompok piala kosong.





Fabulous Hudson Hornet.


Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 03-08-2020 07:53
Thoriq27ST
rnista
tien212700
tien212700 dan 46 lainnya memberi reputasi
47
16.2K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.