c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Uang Rupiah Ini Tahun Depan Udah Ga Laku Gan, Buruan Di Tukar.










Kalau dah ngomongin uang, duh rasanya gimana gitu! Nyari tuh uang kerja kerasnya terkadang bikin kita mikir, buset gini amat ya hidup manusia mudah diperbudak oleh uang.

Uang, memang benda mati tapi dengan memilikinya kita bisa membeli dunia dan isinya. Ya itulah benda yang diciptakan manusia sebagai alat pembayaran, alat tukar untuk mendapatkan sebuah barang.

Walau terkadang uang dicetak dari kertas dan logam yang tak berharga, tapi bisa dipakai untuk membeli apapun juga. Walau begitu nilai uang fiat terkadang suka tidak stabil bila terjadi inflasi atau deflasi, maka sudah pasti nilainya terkoreksi.



Sekilas tentang sejarah uang di Indonesia, sebelum kita masuk ke pembahasan inti mengenai uang mana saja yang tahun depan sudah tidak laku lagi.

Bicara tentang uang kita juga pasti akan bicarakan mata uang, dan untuk hak paten tentang mata uang Indonesia ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 dimana Mata Uang Indonesia disebut Uang Rupiah sebagai uang resmi Negara Republik Indonesia.



Namun sebelum mata uang rupiah itu ada, pada masa kerajaan uang juga sudah ada walau hampir sebagian masyarakat masih menerapkan sistem barter.

Kemudian datangnya voc mengubah jalan mata uang yang digunakan, lambat laun Indonesia yang dibawah kekuasaan Hindia Belanda memberlakukan mata uang Sen dan juga Gulden yang dibuat oleh De Javasche Bank.



Dimasa pendudukan Jepang ada beberapa uang Jepang yang dibuat khusus untuk Indonesia, ada DeJapansche Regering, Dai Nippon dan juga Dai Nippon Teikoku Seibu.

Di tahun 1945, mata uang itu berlaku untuk pembayaran di Indonesia hingga akhirnya pada tanggal 1 Oktober 1946 menetapkan penerbitan ORI, walau hal ini banyak kendala tidak seperti yang diharapkan.

Melalui perjalanan yang panjang akhirnya Indonesia pada desember 1951, De Javasche Bank berhasil dirubah menjadi Bank Indonesia (BI) hal itu tertuang dalam UU Nomor 11 Tahun 1953 yang mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 1953.



Disini lah awal rupiah mulai berjaya ditanah sendiri, yaitu Indonesia. Hingga saat ini, rupiah merupakan mata uang kebanggaan di Indonesia.

Sudah banyak uang yang dikeluarkan oleh Peruri, uang yang sudah lama digantikan dengan uang model terbaru. Begitu juga di tahun ini ada beberapa uang yang akan ditarik dan sudah tidak berlaku lagi sebagai alat pembayaran.



Penasarankan pecahan mana saja itu, untuk itu saya kutip pecahan mana saja yang sudah tak berlaku lagi di tahun depan, dan bila ditukarkan BI tak mau menerima lagi setelah jangka waktu yang ditetapkan.

Quote:




Jadi bagi kamu yang ingin menukar uang lama yang kamu simpen dan tabung dibawah bantal, hayuk buruan ditukar ya gan. Setelah batas waktu penukaran, uang itu sudah tak ada harganya lagi hanya jadi koleksi penghobi mata uang saja.

Kalau orang awam, hanya sebuah kertas dan logam yang tak berharga. Disimpan pun jadi sampah, walau di mata penghobi bisa jadi beda cerita.

Semoga thread ini dapat bermanfaat, dan jangan lupa untuk bahagia. Salam, saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




GIF


GIF



Kunjungi Blog Kompak di Kaskus klik banner di bawah











Diubah oleh c4punk1950... 01-08-2020 23:57
Dewa2424
rotten7070
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.9K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.