Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akunfloAvatar border
TS
akunflo
Hanya Memanfaatkan Barang Bekas, Bisa Disulap Jadi Tas Cantik Dan Berharga


Hai, Kaskuser ...
Sebelumnya ane mau berterima kasih pada Agan Sista sekalian yang sudah berkenan mampir ke threat ane. Threat kali ini ane buat dalam bentuk partisipasi event DIY Life Hacks Andalan Gue.



Bagi kaum perempuan, banyak sekali aksesoris yang digunakan dibanding laki-laki dengan berbagai model yang menarik. Dimulai dari hiasan rambut, gelang, jam tangan, bahkan sampai tas sekalipun. Tak heran, saat kita berkeliling pasar atau menjelajahi berbagai aplikasi belanja online, ada begitu banyak styletas yang ditawarkan. Dari mulai ukuran besar sampai yang mungil nan imut sekalipun.


Di kesempatan kali ini, ane mau membuat tas cantik dari bahan celana jeans yang sudah tidak terpakai, dan tanpa menggunakan mesin jahit. Dari beberapa survey yang pernah ane lakukan beberapa hari lalu, ada 9 orang dari 10 perempuan berbeda usia, menyukai tas mungil dengan alasan lebih elegan dan simple.


Beberapa bahan dan alat yang digunakan :
1. Celana jeans yang sudah tidak terpakai
2. Kertas, sebagai alas pola. Di sini ane pake kertas kalender yang sudah tidak terpakai.
3. Kain polos atau bermotif sebagai bahan lapis tas. Kalo ane pakai kain jilbab segi empat yang sudah tidak terpakai, biar lebih mudah.
4. Lem putih PCAV white. Kalau Agan Sista punya lem tembak, boleh sertakan juga.
5. Pensil/pena.
6. Gunting.
7. Penggaris/meteran.
8. Jarum dan benang jahit.
9. Karet gelang.
10. Snep magnet.






Jika bahan dan alatnya sudah terkumpul, simak nih GanSist cara pembuatannya.

1. Buat pola tas pada sebuah kertas. Gunakan meteran/penggaris untuk mempermudah menentukan ukuran. Di sini, ane pake pola ukuran panjang 50 cm dan lebar 25 cm. Pada salah satu bagian kertas pola, dibuat melingkar pada bagian ujung.





2. Potong celana jeans menjadi seperti gambar.




3. Oleskan lem putih PCAV white pada kertas pola, lalu tempelkan pada kain celana jeans yang sudah dipotong sebelumnya. Biarkan sekitar 30 menit sampai lem benar-benar merekat sempurna.




4. Jika lem sudah menempel pada kain, potong sisi kain jeans mengikuti pola kertas, tapi jangan dihabiskan, sisakan sekitar 1 cm pada bagian sisi jeans.




Lalu, beri lem dan rekatkan sisi kain pada pola kertas. Di sini, bagi yang punya lem tembak, ane sarankan dipakai GanSis, biar lebih mudah.




5. Setelah bagian luar tas sudah menempel, sekarang bagian dalam. Beri lem pada pola, lalu rekatkan pada kain polos yang tadi sudah disiapkan sebagai lapis tas. Biar kertas pola yang digunakan tadi tertutup sempurna.




6. Setelah bagian dasar sudah merekat semua, sekarang lipat pola menjadi 3 bagian. Bagian depan, belakang, dan juga tutup. Ane sarankan saat melipat gunakan buku tebal, GanSis biar lebih mudah. Setelah mendapat bentuk yang diinginkan, ikat dengan karet gelang. Lalu biarkan beberapa menit supaya bentuk tas benar-benar terbentuk.




7. Sambil menunggu bentuk tas itu terbentuk, kita akan membuat bagian tepong tas atau bagian kanan-kiri tas. Ikuti pola bentuk tas yang tadi dilipat menggunakan pensil/pena, lalu gunting.




Untuk mempermudah membuat ukuran tepong yang serupa, lipat kertas pola tadi menjadi 4 bagian. Ukiran yang tadi dibuat, dibiarkan di bagian luar, sehingga mempermudah dalam pemotongan.




Setelah itu, ukur bagian atas tepong sesuai dengan ukuran tas.




Setelah itu, tepong diberi lem dan rekatkan pada sisa kain jeans dan juga kain polos bagian lapis tas.


8. Buat tali ukuran 5 cm x 1 cm, bisa gunakan sisa potongan kain jeans. Lalu, rekatkan pada bagian tengah luar tepong. Untuk perekatnya Agan bisa gunakan lem atau dijahit tangan.




Kegunaan untuk tali mungil ini nantinya sebagai tempat cantelan tali bahunya. Kurang lebih seperti ini, GanSist.





9. Tas hampir setengah jadi. Rekatkan tepong yang dibuat tadi pada bagian sisi tas. Lalu ikuti pola tas pada pola tepong yang sudah diberi lem.





Berhubung stock lem ane limited edition, jadi ane pake alternatif lain, GanSist. Yaitu dengan menggunakan proses jahit tangan. Untuk pake trick jahit tangan ini, Agan Sista harus berhati-hati agar tangan kita tidak tertusuk jarumnya yang tajam.




10. Buat tali panjang yang juga dari bahan jeans. Ane ambil pada bagian sisi celana, GanSist. Jadi, nggak perlu repot-repot lagi jahit. Kalau Agan Sista punya rantai tas yang nggak terpakai lagi, bisa gunakan itu supaya lebih matching.




11. Beri snep magnet pada bagian tutup tas dan body depan tas. Jika tidak punya snep magnet, bisa juga gunakan velcro yang sudah tidak terpakai.


12. Terakhir, buat hiasan sesuai keinginan kita.




Pembuatan tas cantik pun selesai.



Gimana nih, GanSist? Mudah bukan? Bahan-bahannya juga gampang dicari dan murah meriah. Hasilnya pun tidak mengecewakan.

Tas cantik ini juga bisa digunakan untuk kondangan, menghadiri acara tertentu yang bisa menambah kesan elegan pada fashionSista. Agan juga bisa membuat tas cantik ini sebagai hadiah untuk pasangan atau orang-orang tercinta, atau bisa juga sebagai salah satu produk yang dijual dan menghasilkan rupiah.


Oke, GanSist, sekian threat dari ane. Jika ada kekurangan, ane mohon maaf, dan ane bersedia menerima kritikan apa pun dari Agan Sista sekalian jika memang ada yang sekiranya kurang berkenan dengan threat ane.


Sekian dan terima kasih.



Penulis : @akunflo
Sumber gambar : Dokumen pribadi
miftakul27
jajakaapes
ujellyjello
ujellyjello dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It YourselfKASKUS Official
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.