• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 8 Tempat Seram yang Cocok Untuk Setting Tulisan atau Film Horor-Misteri

cattleyaonlyAvatar border
TS
cattleyaonly
8 Tempat Seram yang Cocok Untuk Setting Tulisan atau Film Horor-Misteri


alam sebuah tulisan ataupun Film, setting merupakan salah  satu hal yang terpenting, sebagaimana penokohan dan plot. Macam-macam setting di antaranya adalah :

1. Setting tempat
Misalkan cerita itu mengambil tempat di Jakarta. Pastinya deskripsi cerita juga mendeskripsikan kota Jakarta. Macet, ramai, kawasan padat penduduk, gedung-gedung pencakar langit, para gelandangan di bawah jembatan, kota yang tak pernah tidur, dan lain-lain.

2. Setting waktu
Cerita bisa berseting waktu lampau, misal zaman indonesia merdeka, pemerintahan Pak Harto, atau lebih lama lagi: zaman penjajahan belanda, zaman potugis datang, zaman kerajaan Majapahit atau Singosari.

3. Setting budaya.
Setting budaya sangat berkaitan demgan setting tempat dan waktu. Misal setting temoat di Mesir kuno, cerita pasti disesuaikan dengan kondisi budaya Mesir di zaman itu.

Dengan memperhatikan setting maka cerita akan mudah dimengerti dan terhindar dari cacat logika.

Bersetting Mesir Kuno tapi pakai kebaya, jelas nggak mungkin dong. Atau bersetting zaman penjajahan belanda tapi pakai Handphone? Ini bisa jadi cacat logika. Bahkan cerita-cerita yang mengusung genre fantasi pun tetap perlu lanjaran cerita untuk menghindari cacat logika.

Khusus untuk setting tempat cerita horor, pastinya perlu diperhatikan betul-betul detailnya agar bisa menciptakan suasana horor yang maksimal. Tempat-tempat yang biasa dipakai untuk seting cerita atau film horor di antaranya adalah:

1. Rumah sakit
2. Kamar mayat
3. Gudang
4. Gedung kosong
5. Hutan
6. Rumah kuno
7. Jembatan
8. Kuburan

Selain tempat-tempat itu, ada lokasi yang tanpa dimodifikasi sudah memunculkan aura horor. Kesan suram, sunyi, mencekam, bahkan sudah terasa saat melihat fotonya. Beberapa tempat yang menurut ane memenuhi kriteria itu adalah :

1. Piramida di Mesir



Tempat ini begitu eksotis dan menyimpan beribu misteri. Misalnya saja tentang pembuatannya. Bagaimana orang zaman sebelum masehi itu bisa mengangkat batu-batu yang begitu berat, membentuk piramid yang begitu rapi. Bahkan sampai saat ini para ahli belum mengetahui materi lem yang digunakan untuk merekatkan batu-batu tersebet. Ruang-ruang didalamnya juga menyembunyikan misteri yang sampai saat ini belum terungkap. Bagaimana suhu dalam ruangannya begitu konstan dan sejuk (20 derajat celcius) padahal berada di tengah padang pasir yang panas. Karena suhunya yang sejuk dan konstan, mumi-mumi yang ada di dalamnya tetap dalam kondisi baik, meskipun telah berusia berabad-abad.

Di dalam piramid ada kamar-kamar raja. Di sana ada berlian, emas, mahkota raja, pakaian terbaik, madu, makanan, mumi kucing, yang kesemuanya dimaksudkan untuk melayani dan menemani raja di akhirat. Jadi tujuan dibangunnya piramid bukan semata-mata sebagai makam, tetapi sebagai rumah bagi raja setelah kematiannya.

Quote:


2. Benteng Bhangarh Rajashtan



Bhangart merupakan kota di negara bagian Rajasthan yang dikelilingi oleh benteng yang kuat, Kota ini telah ditinggalkan selama kurang lebih 400 tahun. Ceirta yang beredar, jangan pernah ke sana setelah maghrib atau kau akan menghilang yang menjadi bagian dari kota hantu itu.



Kota dibangun oleh Raja Bhagwant Das (1573), penduduknya makmur bahkan diperintahkan raja untuk memakai perhiasan setiap saat dan dibayar. Kian lama penduduk menjadi hedonis, padahal sebelumnya mereka sangat religius yang terlihat dari adanya candi Hindu yang megah.

Semakin lama kehidupan penduduknya sangat amoral hingga suatu saat bencana terjadi. Diduga semacam bencana alam atau wabah penyakit sehingga penduduk berbondong bondong meninggalkan kota itu.

Sepintas kok mirip cerita di negerinya kaum sodom, hanya di sini tak dijelaskan mereka menyukai sesama jenis,
Kian lama, penduduk kota menjadi hedonis dan tak bermoral. Akibat kehidupan moral penduduknya, bencana melanda kota. Tak dijelaskan secara lengkap, bencana apa yang terjadi.

Awalnya, sejarawan menduga karena adanya penaklukan. Namun, bangunan tetap utuh dan tidak menunjukkan tanda-tanda perang pernah terjadi. Dugaan kedua, kota dilanda bencana alam, seperti wabah penyakit sehingga seluruh penduduk berbondong-bondong meninggalkan kota benteng. 

3. Oradour-Sur-Glane, Perancis


Beginilah rupa desa yang menjadi saksi pembantaian massal dan sadis. Desa di Haute-Vienne, Nouvelle-Aquitaine, Perancis ini hancur oleh Nazi. Semua dibantai termasuk wanita dan anak-anak. Dikatakan oleh Adolf Diekmann, komandan yang memerintahkan pembantaian, bahwa pembantaian itu untuk membalas dendam atas pemberontaakan di Tulle dan penculikan perwira Nazi, Helmut Kmpfe.

4. Nagoro, Jepang


Bagaimana perasaan Agan Sista jika berada di sebuah desa yang penuh dengan boneka. Boneka-boneka itu dibuat seperti seseorang yang sedang beraktifitas.
Adalah Ayano Tsukimi, seorang wanita tua, yang membuat boneka-bpneka nagoro tersebut. Tiap kali ada tetangganya yang meninggal dunia maka wanita tua itu membuat boneka tiruannya dan memposisikannya sedang beraktifitas sesuai kegemaran si orang yang meninggal.

Saat ini sedikit orang yang bertahan hidup di desa itu termasuk si nenek. Umumnya warga pergi ke daerah lain yang lebih mudah mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

5. Island of The Doll, Mexico Island



Pulau boneka terletak di pedalaman Xochimilco, Mexico. Tempat ini hampir mirip desa Ngoro, dipenuhi boneka bayi yang digantung di pohon-pohon. Pulau ini tak berpenghuni dan hanya dihuni oleh boneka-boneka itu. Kondisi boneka yang sudah usang, rusak dan kotor menciptakan aura seram. Konon, boneka-boneka ini dipercaya bisa hidup, bergerak, dan kalau malam mengeluarkan jeritan dan tangisan yang memilukan.

6. Neulbom Garden Restaurant, Korea Selatan


Awalnya, Neulbom Garden Restaurant adalah sebuah restoran biasa. Kisah seram dimulai saat purti kesayangan sang pemilik restoran tewas dalam sebuah kecelakaan. Depresi membuat  pemilik restoran pun  bunuh diri. Setelah itu restoran dibeli seseorang yang tempat itu kembali beroperasi. Namun, pemilik restoran yang baru itu tiba-tiba menjadi gila. Tak jelas apa yang membuatnya menjadi seperti itu.

Meski restoran kini sudah tidak beroperasi, penduduk sekitar masih sering mendengar suara piring dan pintu dibanting dari tempat itu.

7. Kastil Cachtice di Slowakia 



Konon, di tempat ini telah terjadi pembantaian ratusan wanita muda oleh seorang bangsawan yang kejam. Darah dari wanita-wanita muda itu digunakan untuk mandi agar mendapat kecantikan abadi. 


8. Hutan Aokigahara, Jepang



Hutan yang dikenal sebagai tempat untuk bunuh diri ini bagaimana tidak membuat bulu kuduk berdiri. Pastinya banyak roh-roh yang bergentayangan karena jiwanya yang tidak tenang. Hutan tersebut semakin terlihat angker dengan pohon-pohonnya yang besar dan berdaun lebat. Sebenarnya di dalamnya ada penanda dan peringatan yang berisi informasi konseling dan mengajak untuk merenungkan anugerah yang telah didapat dalam hidup ini.
Jepang termasuk negara dengan angka bunuh diri yang tinggi ya. Teringat artis yang masih ngetop, banyak penggemar, banyak job, yaitu almarhum Haruma Miura yang baru-baru ini ditemukan tergantung di kamarnya.


Nah, Agan Sista, 8 tempat di atas menurut ane patut dijadikan setting cerita horor kalian. Memang masih banyak tempat di dunia ini yang tingkat keseramannya cukup tinggi, dan tidak mungkin disebutkan semuanya di sini. Jika ada tempat yang menurut Agan dan Sista cukup seram, bisa dishare di kolom komentar di bawah.

Di antara 8 tempat di atas, mana yang menurut Agan dan Sista paling seram? Kalau menurut ane seram semua. Namun yang penuh misteri bagi ane adalah piramida di Mesir.

Thread ane yang lain klik gambar ini.



Ditulis oleh @cattleyaonly 

Referensi:
Opini pribadi
Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
Diubah oleh cattleyaonly 21-06-2021 04:10
eriksa
siapika
kecombranggg
kecombranggg dan 29 lainnya memberi reputasi
30
4.8K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.