powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Mungkin sudah akrab ditelinga kita, sebuah negara di pimpin oleh seorang presiden atau perdana menteri. Tapi, pernahkah Gansis mendengar sebuah negara dipimpin seorang kapten? Macam kapal aja ya. Tapi ini beneran ada lho.Bukan lucu - lucuan.

Uniknya lagi, selain dipimpin seorang kapten, negara ini juga melakukan pemilihan pemimpin negara setiap 6 bulan sekali. Artinya, setiap tahun negara ini melakukan 2 kali pemilihan kepala negara. Dan dalam setiap pemilihannya bukan hanya dipilih satu, tapi dua kepala negara sekaligus. Unik ya? Mungkin nggak ada kesibukan lain kali ya, makanya pemilihan kepala negaranya dilakukan setiap enam bulan sekali. Bayangkan kalau ini terjadi di Indonesia. Lha wong pemilihan kepala negaranya setiap lima tahun sekali aja, sering gontok - gontokan kok. Bahkan ejek - ejekannya nggak selesai meski pemilunya udah selesai dan bahkan kandidat yang awalnya saling berkompetisi udah jadi koalisi.



Nah, tapi hal ini nggak terjadi di San Marino lho Gan. Negara kecil yang terletak dibenua Eropa ini memang melakukan pemilihan kepala negara 2 kali dalam setahun. Meski begitu, politik di negara ini tak bergejolak saat dilakukan pemilihan. Hal ini terjadi karena pemilihannya dilakukan oleh anggota parlemen, bukan dipilih langsung seperti yang berlaku di Indonesia. Bukan hanya itu saja, dua orang yang dipilih untuk menjadi kepala negara merupakan wakil dari dua partai yang ada disana. Karena keduanya menjadi kepala negara, jelas konflik bisa di redam.

Untuk anggota parlemen sendiri hanya terdiri dari 60 orang saja dan pemilihannya dilakukan setiap lima tahun sekali, sama dengan yang berlaku di Indonesia. Bedanya, mereka punya tugas utama yaitu memilih Kapten setiap 6 bulan sekali, yaitu setiap tanggal 1 April dan 1 Oktober.



Periode masa jabatan Kapten yang terbilang cukup pendek ini memungkinkan setiap mantan Kapten untuk dipilih kembali di periode berikutnya, meski tidak bisa di pilih secara berturut - turut. Misalnya Aleberto Cecchitti yang pernah terpilih sebagai Kapten periode April - September 1998, dan kembali terpilih menjadi Kapten San Marino pada periode Oktober 2001 - Maret 2002.



Bukan hanya unik dalam hal kepala negara, letak geografis San Marino juga cukup unik. San Marino berada ditengah - tengah negara Italia. Bahkan bisa disebut sebagai "negara didalam negara". Negara ini juga jadi salah satu venuepenyelenggaraan even balap motor MotoGP dan juga jet darat F1 yang cukup menarik minat wisatawan mancanegata untuk berkunjung. Meski begitu, ternyata negara ini tak memiliki bandara sendiri layaknya negara pada umumnya. Satu - satunya tempat pendaratan yang ada di negara ini hanya berupa helipad untuk pendaratan helikopter.




Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini dan Ini






turkusuma
kudanil.la
raliakbarrr
raliakbarrr dan 28 lainnya memberi reputasi
29
6.6K
215
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.