batzforumAvatar border
TS
batzforum
Overpopulasi, Kondisi Yang Bisa Menghancurkan Manusia!

Pinterest

Sebagai ras yang paling dominan di muka bumi, jumlah manusia semakin bertambah di setiap tahunnya. Tercatat saat ini jumlah manusia di muka bumi mencapai hampir 8 (Saat ini 7,7 milliar) milliar jiwa, sedangkan 50 tahun yang lalu (1970) jumlah manusia di muka bumi ini hanya sekitar 4 milliar jiwa. Jika kita berpatokan pada perhitungan tersebut, mungkin saja di tahun 2070 jumlah manusia di muka bumi bisa mencapai 16 milliar bukan?


Pertambahan jumlah manusia dengan sangat cepat dimuka bumi disebut dengan istilah overpopulasi. Semakin banyak manusia yang hidup di muka bumi, maka semakin banyak juga hal yang dibutuhkan. Seperti makanan, pakaian, tempat tinggal dan hal lainnya yang menjadi bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia (SDA). Tentu kebutuhan manusia tersebut sangat bergantung kepada Sumber Daya Alam yang terbatas pula.




Tentu hal ini sudah dipikirkan pemerintah di setiap negara, contohnya pemerintah di Indonesia yang menyuruh warganya untuk menekan angka kelahiran dengan mengeluarkan program KB (Keluarga Berencana). Namun apa yang terjadi? Masih banyak orang-orang di Indonesia yang mengabaikan hal tersebut. Wajar sih, karena budaya kita sangat kental dengan pepatah "banyak anak banyak rezeki" sehingga orang-orang lebih memikirkan pepatah tersebut tanpa memikirkan tentang overpopulasi.


Tapi, pernah gak sih kalian membayangkan apa yang akan terjadi jika manusia di muka bumi semakin banyak (Overpopulasi)? Tentu saja perebutan kebutuhan yang bahkan bisa memicu pertikaian antara manusia. Kalau itu hanya hal dasar yang akan terjadi sih, tapi disini ane merangkum beberapa kemungkinan permasalahan kompleks yang akan terjadi jika bumi mengalami overpopulasi. Simak berikut ini.


1. Bencana Alam




Bencana alam yang paling mudah terjadi adalah banjir. Mengapa? Karena peradaban manusia pasti menghasilkan mahakarya terbesar yaitu "sampah". Kalian tahu Pacific Vortex Trash? Itu merupakan gundukan sampah yang terkumpul di samudera pasifik dengan luas 3 kali lebih besar daripada negara Prancis. Bayangkan saja apa yang akan terjadi beberapa puluh tahun mendatang jika tidak ada solusi yang tepat untuk menangani masalah ini, mungkin seluruh lautan akan tertutup oleh sampah manusia yang semakin hari semakin banyak.
Selain itu pemukiman yang padat sampai ke pinggir sungai juga bisa menyebabkan banjir.


2. Penyebaran Wabah Penyakit




Dengan kondisi bumi yang overpopulasi, tentu penyebaran penyakit yang mewabah akan semakin cepat dan banyak jumlahnya. Salah satu contohnya adalah saat ini dimana sedang masanya Pandemi Covid-19. Mungkin kedepannya akan ditemukan berbagai macam virus lagi yang bisa mewabah ke seluruh dunia.


3. Polusi Dan Langkanya SDA




Seiring berjalannya waktu, hal yang terjadi selain bertambahnya manusia di muka bumi adalah kemajuan teknologi. Dengamln semakin berkembangnya teknologi tentu akan semakin banyak hal yang bisa memungkinkam terjadinya pencemaran lingkungan, meskipun ada beberapa teknologi yang ramah lingkungan. Selain itu pasti Sumber Daya Alam yang dibutuhkan untuk menciptakan teknologi semakin hari akan semakin langka, tentu hal ini tidak bisa diabaikan bukan? Maka dari itu sangat penting untuk melakukan inovasi teknologi dengan menggunakan bahan yang tak terbatas dan ramah lingkungan.


4. Hal Lainnya




Overpopulasi tentu memiliki banyak sekali dampak negatif bagi kehidupan manusia seperti hal yang udah ane jelasin di atas. Namun selain itu akan timbul berbagai masalah lainnya seperti meningkatnya kriminalitas, berkurangnya bahan pangan, kelaparan dan lainnya.


Meskipun sudah dilakukan berbagai cara untuk menangani jumlah penduduk di dunia, tetap saja overpopulasi tidak bisa kita hindari. Ane pernah berfikir satu-satunya cara untuk mengurangi jumlah penduduk di dunia adalah dengan Genosida, tapi tentu saja hal itu tidak mungkin. Mengapa? Karena saat ini HAM masih berlaku.


Overpopulasi juga sebenarnya agak disindir dalam film Avengers, dimana sang Villain utama bernama Thanos berniat untuk mengurangi setengah dari populasi semesta dengan mengumpulkan ke 6 Infinity Stone. Untuk berkuasa? Tentu saja tidak. Justru sosok penjahat dalam film Avengers memiliki pemikiran baik untuk menyeimbangkan kehidupan di setiap planet termasuk bumi agar manusia tidak saling berperang untuk memperebutkan SDA yang terbatas. Apakah agan sista berharap jentikan Thanos menggunakan infinity stone itu benar benar ada? Atau ada saran lain di pikiran agan sista untuk mencegah Overpopulasi?


Sumber referensi : Tulisan Pribadi, dari sinidan dari sini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
doobey
van Duke
mahirbro
mahirbro dan 26 lainnya memberi reputasi
25
6.4K
284
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.