Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anjaultrasAvatar border
TS
anjaultras
Anak Rewel Tidak Mau Menggosok Gigi, Inilah Caranya!

Hai Agan Sista
emoticon-Hai
Sebagai orang tua yang mempunyai anak pasti pernah merasakan mendidik anak dalam berbagai hal. Begitu juga ane sebagai Ayah yang memiliki anak yang masih kecil. Dari pengalaman ane mendidik anak ada satu hal yang membuat ane cukup merasakan kesusahan khususnya mengajarkan anak untuk merawat kesehatan gigi.

Namanya anak kecil suka sekali dengan memakan sesuatu yang manis seperti permen, es krim, dan coklat. Mengkonsumsi makanan tersebut jelas akan merusak gigi apabila tidak dibersihkan dengan baik dan benar.



Ilustrasi anak menolak untuk menggosok gigi / Source

Akan tetapi melatih anak menjaga kebersihan giginya memang tidak mudah karena anak susah untuk disuruh menggosok gigi. Tetapi, jika orang tua sudah melatihnya sejak dini dengan sabar dan telaten maka anak akan terbiasa dalam merawat kesehatan giginya.

Menjaga kebersihan gigi adalah soal kebiasaan. Ada beberapa cara yang dapat Agan Sista lakukan untuk mengatasi anak yang enggan menggosok gigi. Nah pada kesempatan ini ane akan membahas tips sesuai pengalaman ane dalam membimbing anak agar mau merawat giginya.
emoticon-Monggo




Memberi Pengertian


Memberi pengertian tentang gigi kepada anak / Source

Memberikan pengertian pada anak tentang pentingnya menggosok gigi. Terangkan dengan jelas jenis gigi, proses kerusakan gigi, manfaat dan cara tepat menggosok gigi, frekuensi menggosok gigi, dan sebagainya. Sesuaikan gaya bahasa Agan Sista dengan usia anak agar anak mudah memahaminya. Apabila Agan Sista tidak yakin atau merasa kurang pemahaman dalam hal kesehatan gigi bisa datang ke dokter gigi yang memang mempunyai kompetensi dalam mengenalkan gigi khususnya pada anak-anak.




Melibatkan Anak


Anak memilih sendiri produk perawatan gigi didampingi orang tua / Source

Mengajak anak ke pasar, swalayan atau toko yang menjual perlengkapan mandi. Biarkan anak memilih sendiri sikat gigi, gelas untuk berkumur, dan rasa pasta giginya. Hal ini akan mengakibatkan anak merasa dihargai karena diberi kebebasan untuk memilih barang yang disukainya. Namun, Agan Sista perlu juga menjelaskan bagaimana cara memilih perlengkapan perawatan gigi yang tepat dan aman. Misalnya, pilih bulu sikat yang lembut, gelas yang terbuat dari plastik, dan pasta gigi yang tidak mempunyai rasa pedas di lidah anak. Ini perlu dilakukan mengingat anak seringkali hanya terpaku pada gambar dan warna kemasan perlengkapan tersebut.




Memberi Contoh


Menggosok gigi dengan anak di depan cermin / Source

Dalam hal ini bisa dengan mengajak anak bersama-sama menggosok gigi. Bisa dilakukan setiap selesai makan dan menjelang tidur malam. Apabila memungkinkan bisa memasang kaca yang agak besar sehingga Agan Sista dan anak bisa terlihat dengan jelas. Sambil berkaca, ajarkan anak cara menggosok gigi yang benar. Lakukan sambil memberi contoh dengan baik dan benar.




Memberi Pujian


Memasang foto anak yang memperlihatkan giginya / Source

Pada tahap awal, jangan lupa memberi pujian setiap kali anak selesai menggosok gigi. Setelah itu, pujian dapat Agan Sista berikan secara tidak langsung. Misalnya, memasang foto anak yang sedang tertawa lebar di tempat yang strategis seperti ruang makan, ruang keluarga, dan kamar anak. Dalam hal ini memuji anak karena keberhasilannya merawat giginya sehingga giginya bersih dan sehat. Bagaimanapun pujian akan memacu anak untuk selalu menjaga kesehatan giginya.




Bersabar


Sabar dan berikan senyuman saat membimbing anak / Source

Langkah yang terakhir adalah bersabar dalam membimbing anak merawat gigi. Perlihatkan senyuman terbaik Agan Sista kepada anak. Jangan sekali-kali membentak atau mencemooh anak yang enggan menggosok giginya. Sikap Agan Sista ini hanya akan semakin memperkeruh suasana. Suasana yang tidak menyenangkan tersebut akan menambah ketidakmauan anak dalam menggosok gigi.




Demikian thread dari ane tentang tips memperkenalkan kepada anak cara merawat kesehatan gigi. Alhasil anak ane sekarang sudah rutin menggosok giginya saat mandi dan pada malam hari, walaupun masih sering didampingi ane dan bini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam membimbing anak. Apabila Agan Sista mempunyai tips yang lain dalam merawat kesehatan gigi pada anak bisa saling sharedi kolom komentar.

Matur Suwun

emoticon-terimakasih



emoticon-Big Grin  emoticon-Big Grin  emoticon-Big Grin


anjaultras
Yogyakarta, 24 Juli 2020

Berdasarkan pengalaman pribadi



Diubah oleh anjaultras 24-07-2020 15:00
UriNami
tien212700
Elite.Forces
Elite.Forces dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.