Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fanya06Avatar border
TS
fanya06
Beli Batang Tirai Pintu Mahal? Ini, Nih Batang Tirai Low Budget Ala Ane!
Beli Batang Tirai Pintu Mahal? Ini, Nih Batang Tirai Low Budget Ala Ane!

Suasana di dalam rumah terkadang berkaitan dengan perawatan tampilan pintu yang ada. Untuk menciptakan tampilan pintu rumah yang terlihat elegan, gak harus selalu membutuhkan budget yang besar kok. Ada cara-cara kreatif yang bisa Agan dan Sista lakukan supaya terlihat lebih menarik.

Di sini ane bukan mau bahas mengenai warna, jenis, ukuran dari gorden. Sebaliknya ane mau kasih trik n tips buat Gansist yang pengen tampilan batang gorden rumahnya supaya terlihat elegan dengan biaya low budget.

Batang gorden adalah sesuatu yang biasanya Gansist beli dan harganya cukup mahal, tetapi bagaimana kalau gansist membuatnya sendiri dengan biaya yang low budget?

Gansist bisa membuat batang gorden dari berbagai bahan. Misalnya menggunakan batang pipa air. Pipa air cenderung menjadi pilihan yang paling umum karena harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan membeli batang besi untuk gorden di toko.

Untuk membuat batang gorden buatan sendiri, Gansist memerlukan batang pipa air, kurang lebih dua meter (pas kan dengan ukuran lebar pintu di rumah Gansist.) Kertas warna/ bungkus kado, dan lem kertas secukupnya.

Beli Batang Tirai Pintu Mahal? Ini, Nih Batang Tirai Low Budget Ala Ane!

Selain itu Gansist juga bisa menambahkan dua penyangga untuk memasang batang pipa air di dinding, dan hiasan yang akan kita pasang diujung paralon nantinya.

Setelah menyiapkan semua bahannya, selanjutnya Gansist bisa memulai untuk membuat dan memasang batang gorden low budget-nya.

1. Ukur lebar pintu

Tahap pertama sebelum membuat batang gorden adalah dengan mengukur lebar pintu. Hal ini di lakukan supaya saat memotong batang pipa airya pas sesuai ukuran.

2. Memotong Batang Pipa air

Tahap kedua yang bisa Gansist lakukan adalah dengan memotong batang pipa air menggunakan gergaji, potong sesuai ukuran lebar pintu yang telah diukur.

3. Membungkus dengan kertas warna / kertas kado

Beli Batang Tirai Pintu Mahal? Ini, Nih Batang Tirai Low Budget Ala Ane!

Batang tirai dari pipa, jika langsung dipasang tanpa diberi hiasan mungkin terlihat biasa saja dan tidak menarik, bagaimana jika Gansist menambahkan hiasan seperti mengecatnya supaya tidak terlihat seperti pipa dan lebih seperti batang tirai yang sebenarnya?

Eits, tapi untuk mengecat batang pipa kita butuh cat minyak, dan itu harganya lumayan mahal (gagal dong kita buat batang tirai low budget? Hehe) jadi ane sendiri menghiasnya dengan menggunakan kertas warna atau kertas kado yang jauh lebih murah. Yaitu hanya mengeluarkan modal di bawah lima ribuan aja.

Selanjutnya Gansist bisa menggunting kertas warna sesuai dengan ukuran bulatan batang pipa. Kemudian balurkan lem sedikit demi sedikit di bagian dalam kertas, tempelkan pada batang pipa. Jadi deh!

4. Pasang hiasan diujung batang pipa

Beli Batang Tirai Pintu Mahal? Ini, Nih Batang Tirai Low Budget Ala Ane!

Selain berfungsi sebagai hiasan, benda bulat ini juga berfungsi untuk mengganjal gorden supaya tidak jatuh dari batang nya ketika sudah terpasang di bagian jendela.

5. Memasang Penyangga

Menggunakan paku untuk menyangga batang gorden biasanya digunakan oleh kebanyakan orang. Namun, tidak efektif digunakan pada batang gorden dari pipa air, karena pipa cenderung licin. Jadi Gansist membutuhkan penyangga batang tirai yang bisa dibeli ditoko terdekat. Masih dengan biaya low budget, besi penyangga ini hanya seharga Rp. 5000 per picisnya. (Mungkin beda daerah beda harga)

Setelah semua sudah siap, Gansist bisa memasang tirai pada batang yang telah dibuat kemudian memasangnya pada pintu yang telah dipasang penyangga pada kanan kiri sisi pintu.

Beli Batang Tirai Pintu Mahal? Ini, Nih Batang Tirai Low Budget Ala Ane!

Sesimple itu, membuat batang gorden sendiri enggak sulit sama sekali. Selain dibuat dengan mudah, batang tirai buatan sendiri juga banyak keuntungannya karena sangat praktis, tahan lama dan yang pasti biaya membuatnya juga murah.

Bagaimana Gansist, cara membuat batang tirainya cukup mudah kan? Sebenarnya, enggak peduli material apa yang Gansist pilih untuk digunakan. Apa pun yang memiliki bentuk dan panjang yang tepat bisa diubah menjadi batang gorden. Misalnya dengan pipa air yang ane gunakan ini.


Penulis: Fanya06
Referensi: Opini pribadi
Sumber gambar: Dokumen Pribadi
Diubah oleh fanya06 28-07-2020 06:04
darmawati040
uni214
Bgssusanto88
Bgssusanto88 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.1K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It YourselfKASKUS Official
1.5KThread1.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.