Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marsali14Avatar border
TS
marsali14
Fenomena Embun Es Terjadi di Gunung Dieng
Gunung Dieng yang terletak di Jawa Tengah, kemaren sempat heboh karena terjadi fenomena aneh yang belum pernah terjadi sebelumnya. Fenomena ini ialah munculnya embun es yang membuat suhu disana bisa mencapi -3 derajat celcius.

Sumber gambar kompas.com


Fenomena embun es terjadi di gunung Dieng. Lebih tepatnya hal ini terjadi di tepatnya Kompleks Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten banjarnegara , Jawa Tengah.

Seorang karyawan dinas pariwisata mengatakan bahwa embun es yang biasa disebut embun upas oleh warga sekitar, sudah muncul sejak hari jumat (24/7) 3 hari lalu.

Pada hari Jumat suhu udara bisa mencapai 0 derajat celsius, muncul juga embun es, tapi masih sedikit. Kemudian pada hari Sabtu embun es muncul lebih tebal dari sebelumnya, tapi belum ada data yang akurat mengenai berapa suhunya,

Warga memperkirakan pada hari Sabtu malam suhu udara di kompleks Candi Arjuna berada di bawah 0 derajat celsius. Warga mengaku sangat kedinginan karena biasanya tidak pernah sampai begini.

"Saya Sabtu malam sudah naik ke Gunung Bisma, pukul 08.30 suhunya sudah mencapai 7 derajat celsius, sudah mulai turun embun es atau embun upas.” Ucap Aryadi seorang karyawan dinas pariwisata

Menurut Aryadi, Fenomena embun es ini juga muncul pada hari Minggu pagi. Suhu udara pada pukul 04.30 WIB hampir mendekati 3,5 derajat celsius.

Namun berdasarkan pantauan Senin pagi ini, embun es sudah tidak muncul lagi di dataran tinggi Dieng.

"Kemarin embun es muncul di sekitar Candi Arjuna dan Telaga Balekambang, belum sampai ke perkebunan warga. Tanaman eceng gondok yang di telaga tertutup embun es," kata Aryadi.

Belum ada pihak yang bisa menjelaskan mengenai fenomena ini. Dan semoga ini tidak berarti apa-apa dan murni kejadian alam. Sampai saat ini pihak bmkg masih mencari jawabannya.

Hayu gan yang penasaran, yuk kita kemping aja ke Gunung Dieng biar bisa liat salju. emoticon-Traveller

Yang udah dapat jawaban fenomena ini silahkan tinggalkan komentar yah di bawah. Biar bisa berbagi informasi. Terimakasih

emmy89
bobotoh11
jagogkritikal
jagogkritikal dan 3 lainnya memberi reputasi
4
925
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.