Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

27thsoulAvatar border
TS
27thsoul
Kecewa Dengan Bank CIMB Niaga
Saya adalah nasabah Bank CIMB Niaga Syariah cabang Graha CIMB Niaga Sudirman. Pertama kali saya membuka tabungan di CIMB Niaga adalah rekening Tabungan Xtra di cabang Tangerang pada tahun 2012 namun rekening tersebut sudah tidak aktif per Januari 2020.

Pada tahun 2017 saya datang ke Bank CIMB Niaga cabang Graha CIMB Niaga Sudirman. Kedatangan saya untuk bertemu customer care untuk menanyakan prihal perbankan. Setelah selesai urusan, customer care tadi menawarkan sebuah fasilitas namanya preferred, salah satunya adalah bebas antri kalau datang ke bank, lalu saya tertarik. Customer tersebut memanggil rekannya dan memproses pengajuan kartu kredit, dan kembali diinfo oleh ybs bahwa dengan kartu kredit tersebut saya tidak perlu antri kalau datang ke bank dan berbagai macam fasilitas lain yang saya juga sudah tidak ingat. Selanjutnya saya diminta untuk tanda tangan di beberapa form dan saya lakukan. Waktu berjalan sampai saya lupa, dan sampai saat ini saya belum pernah menerima kartu yang ditawarkan tersebut. (Hal ini sudah ditegaskan oleh customer service cabang Graha Niaga Sudirman pada saat saat saya mengadukan permasalahan yang sedang berjalan ini).

Pada bulan Januari 2020, saya memutuskan untuk menutup rekening tabungan xtra saya dan beralih ke rekening tabungan Niaga Syariah karena alasan pribadi (keyakinan agama).

Pada tanggal 28 Maret 2020, saya baru menyadari ada transaksi yang tidak lazim di rekening saya yaitu adanya pemotongan dana sejumlah Rp. 250.000 dengan keterangan fall below fee di bulan Februari dan Maret 2020 (LAMPIRAN 1 & 2).

Segera saya email ke [email=14041@cimbniaga.co.id]14041@cimbniaga.co.id[/email] menanyakan perihal pemotongan tersebut dan meminta agar pemotongan dana sebesar Rp. 500.000 dapat dikembalikan. Pada saat itu yang saya pahami faal below fee itu semacam denda akibat jumlah saldo berada di bawah ketentuan, namun yang saya tahu pada rekening bank CIMB Niaga Syariah tidak ada ketentuan pemotongan tersebut (LAMPIRAN 3).

Pada tanggal 30 Maret 2020, saya menerima balasan email dari pihak CIMB Niaga yang mengatakan agar saya datang ke cabang pembuka rekening untuk down grade dan pengembalian dana yang terpotong (LAMPIRAN 4).

Dari email tersebut saya menyadari bahwa mungkin saya terdaftar di sebuah program tertentu tanpa saya sadari. Saya kemudian menghubungi layanan 14041 via telepon agar lebih jelas, berdasarkan Informasi call center, ternyata dugaan saya benar, saya ter-flag sebagai nasabah VIP dan call center tidak bisa memberikan Informasi yang cukup mengapa saya bisa ter-flag VIP, kemudian saya diminta untuk menghubungi 1500800. Dari sini saya teringat kembali tentang penawaran kartu kredit yang sampai saat ini saya tidak pernah terima baik kartu fisiknya, fasilitasnya ataupun Informasi lainnya terkait hal tersebut.

Selanjutnya saya hubungi 1500800 diterima oleh seorang call center yang saya tidak ingat namanya, menerangkan benar bahwa saya ter flag-VIP, namun tidak bisa menjelaskan kronologis kenapa saya bias ter-flag VIP. Call center tidak bisa mejawab apa-apa, saya hanya ditawarkan untuk dibantu downgrade, seharusnya saya diminta datang ke cabang pembuka, namun karena sedang ada wabah covid-19 saya tidak perlu datang ke cabang, cukup via telepon saja dan menunggu paling lama 5 hari kerja. Terakhir saya hanya dibuatkan laporan nomor CBGCN300320001225.

Pada tanggal 7 April 2020, atau genap 1 minggu dari laporan saya nomor CB****************5 saya pantau belum ada pengembalian dana ataupun respond lanjutan dari pihak CIMB Niaga, maka saya mengunjungi langsung CIMB Niaga cabang Sudirman yang beralamat di Graha CIMB Niaga Jl. Jend Sudirman kav 58, tempat saya membuka rekening tabungan CIMB Niaga Syariah dan cabang dimana saya menerima penawaran kartu kredit. 

Saya bertemu dengan seorang customer care dan segera menanyakan status laporan saya, hasilnya sangat mengecewakan, belum ada follow up apapun semenjak laporan saya dibuat, intinya, di record mereka saya seperti belum melapor apa-apa, kemudian saya ditawarkan akan dibantu untuk proses down grade dulu ke kantor cabang pembuka, disini saya bingung plus kecewa sekali, pertama kantor cabang pembuka saya tercatat di tangerang dan saya dijanjikan dibantu dari seminggu yang lalu ternyata laporan saya tidak bergerak sama sekali. Serba tidak jelas.

Dikesempatan yang sama saya menceritakan kronologisnya, dan saya meminta cek apakah ada bukti pengiriman kartu kredit kepada saya, dan dinyatakan TIDAK ADA, ditegaskan bahwa memang tidak ada aktivitas apapundi account saya sebagai VIP. Terakhir, saya diminta menunggu paling lama 5 (lima) hari kerja proses downgrade sudah selesai, saya kembali menekankan perihal permintaan pengembalian dana sebesar Rp. 500.000 yang terpotong, dan jangan sampai ada pemotongan kembali di bulan April. Customer care meyakinkan saya bahwa laporan akan terproses dan tidak akan ada pemotongan di bulan April, mengenai pengembalian dana akan diserahkan ke kantor cabang tangerang.

Ini yang membingungkan saya, menurut customer care yang saya temui, bank cabang pembuka seharusnya di Tangerang bukan di Sudirman. Padahal, tabungan saya yang dulu buka ditangerang sudah saya tutup per Januari 2020, dan saya kemudian buka tabungan baru di cabang Sudirman, dan dulu proses penawaran kartu kredit terjadi di cabang Sudirman. Dan dana yang terpotong adalah dana di rekening tabungan Syariah saya yang dibuka di cabang Sudirman.

Berjalan waktu saya terus pantau rekening saya untuk melihat apakah ada pengembalian dana sejumlah Rp. 500.000, sampai dengan tanggal 23 April 2020 saya mengirimkan email ke [email=14014@cimbniaga.co.id]14014@cimbniaga.co.id[/email] menanyakan status laporan saya (LAMPIRAN 5). Lagi-lagi balasan dari pihak Bank CIMB Niaga sama sekali tidak membantu, mereka hanya menyatakan sudah disampaikan ke pihak terkait dan saya hanya diminta untuk menunggu saja (LAMPIRAN 6).

Kekecewan saya tidak sampai disitu, puncaknya adalah pada tanggal 28 April 2020, saya melihat ada pemotongan untuk yang ketiga kalinya ditanggal 27 April 2020 dengan keterangan yang sama yakni fall below fee (LAMPIRAN 7).

Segera saya menyadari segala upaya yang telah saya lakukan ternyata percuma, jangankan mendapatkan pengembalian dana yang sudah terpotong, ini justru terpotong untuk ketiga kalinya.

Selanjutnya saya hubungi 14041, diterima dengan Sdri. Hena, setelah dilakukan pengecekan ternyata saya sudah tidak ter-flag sebagai VIP, namun kenapa masih terjadi pemotongan akan diperiksa lebih lanjut dan lagi-lagi hanya akan dibuatkan laporan ke cabang. Disini terbukti profesionalisme kerja dari Bank CIMB Niaga sangat tidak baik, selain merugikan nasabahnya, proses internal sepertinya sangat tidak sinergis.

Sampai saat ini saya hanya diminta menunggu saja, karenanya tidak ada pilihan lain bagi selain untuk mengadukan masalah ini ke otoritas terkait, YLKI dan Media.

kekecewaan dan kerugian saya dapat saya rangkum sebagai berikut:

Saya seperti hanya menjadi object dari marketing untuk memenuhi target mereka tanpa benar-benar dijelaskan dengan detil segala sesuatunya.

Tidak pernah ada komunikasi/Informasi dari pihak CIMB Niaga baik lisan mau tulisan bahwa saya ter-flag sebagai VIP, kalau ada sudah tentu saya akan memanfaatkan fasilitasnya, terbukti tidak ada aktifitas apapun di account saya tersebut.

Tidak pernah menerima kartu yang ditawarkan.

Laporan saya tidak bergerak sama sekali, terbukti laporan saya via telepon ke 1500800 tidak pernah tersampaikan ke cabang, sehingga pada saat saya datang ke bank baru proses downgrade benar-benar diproses. Terkesan laporan nasabah seperti tidak ditindak lanjuti.

Saya diyakinkan bahwa tidak ada pemotongan di bulan April 2020, nyatanya bulan April masih terpotong, sehingga total dana saya yang dipotong secara sepihak adalah Rp. 750.000. Dari sini terbukti ketidak profesionalan bank sekelas Bank CIMB Niaga.

Tuntutan saya:

Harap Bank CIMB NIAGA mengembalikan dana saya dengan tempo yang secepat-cepatnya. 

 

 


armand112
utakandila
4iinch
4iinch dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6.2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.