Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azkaraharja999Avatar border
TS
azkaraharja999
Rudiantara: Seluruh Proyek Palapa Ring Tuntas Tahun Ini
Rudiantara: Seluruh Proyek Palapa Ring Tuntas Tahun Ini
Proyek Palapa Ring Akan Rampung Tahun Ini

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, tahun ini seluruh proyek Palapa Ring tuntas dengan rampungnya proyek Palapa Ring Paket Timur. Proyek Palapa Ring merentang sejak tahun 2005. Konsep proyek tersebut dirancang pada 2005-2006. Proyek tersebut dimulai lagi pada 2015. Proses tender dimulai pada 2016. Proyek tersebut dibagi dalam tiga paket, yakni Paket Barat, Tengah, dan Timur.

“Kemudian yang pertama Barat itu beroperasi, sudah selesai sejak tahun lalu di bulan Maret 2018. Kemudian Paket Tengah sudah selesai, beroperasi sejak Januari 2019, yang belum selesai itu Timur. Itu tantangannya paling tinggi,” kata Rudiantara.

Pada proyek Palapa Ring Paket Timur harus membangun infrastruktur internet yang menghubungkan seluruh daerah di Papua dan Papua Barat. Rudiantara mengatakan teknologi Microwave tersebut menggunakan frekwensi radio untuk menyambungkan jaringan internet dari satu menara menuju menara lainnya.

“Kapasitas bandwith-nya 1 Gigabyte. Itu bisa dipakai untuk (mendukung) jaringan 4G dan 3G, kapasitas gede,” kata dia.

Menurut Rudiantara, bersamaan dengan rampungnya konstruksi proyek Palapa Ring Paket Timur, seluruh jaringan akan siap di integrasikan. Sehingga pertengahan tahun ini, diintegrasikan seluruhnya. Sebagian besar jaringan infrastruktur proyek Palapa Ring tersambung dengan kabel serat optik.

“Fiber laut itu panjangnya 8 ribu kilometer, daratnya 4 ribu kilometer, ditambah Microwave, itu di pegunungan-pegunungan Papua,” kata dia.

Menurutnya, proyek Palapa Ring itu disiapkan untuk membangun koneksi jaringan internet kecepatan tinggi di Indonesia. Proyek tersebut dibangun dengan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah Dan Badan Usaha). Jadi bukan pemerintah yang membangun dan mengoperasikan, tapi di struktur dengan skema KPBU.

Sebelumnya, calon presiden petahana Jokowi sempat menyinggung proyek Palapa Ring dalam debat calon presiden Minggu, 17 Februari 2019 lalu. Jokowi menegaskan pemerintah konsisten membangun infrastruktur agar semuanya tersambung, bukan hanya di jalan tol, pelabuhan, bandar udara, namun juga dalam konsep digitalisasi.

Sumber Berita : https://bisnis.tempo.co/read/1178583...ntas-tahun-ini 

Hayuk, untuk kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,
emoticon-Salamanemoticon-Salamanemoticon-Salaman
Jazed
Jazed memberi reputasi
2
2.6K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.