KkunyukAvatar border
TS
Kkunyuk
Poster Hari Anak Nasional Siswa/i SD Berpeci & Berjilbab, TVRI Diprotes Warganet

Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli. Banyak kalangan dan instansi memberikan perhatian dengan memberikan ucapan tentang Hari Anak Nasional. Ucapan tentang peringatan ini bermunculan di media sosial.

Salah satu ucapan HAN yang menarik perhatian warganet adalah ucapan dari stasiun televisi nasional TVRI. Ucapan ini diunggah melalui akun twitter resmi TVRI, yakni @TVRINasional yang telah memiliki 114 ribu follower.

Ucapan yang mereka unggah malah mendapatkan protes dari warganet.

Penyebabnya, poster yang diunggah bergambar anak sekolah yang memakai atribut Islam. Ada gambar kartun siswa dan siswi SD dalam poster tersebut, gambar siswi memakai pakaian panjang dan rok panjang lengkap dengan jilbab dan siswa pria memakai baju koko lengkap dengan peci. Dua anak tersebut digambarkan memakai masker.

Ada tulisan dalam poster tersebut, berbunyi "Selamat Hari Anak Nasional, Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Adapun dalam narasinya, akun tersebut menulis "Selamat HARI ANAK NASIONAL 23 Juli 2020...
Mari kita bersama ciptakan generasi unggul, untuk Indonesia Maju.
Lindungi dan bina masa depan mereka dengan pendidikan terbaik.
#HAN2020
#AnakTerlindungiIndonesiaMaju
#MediaPemersatuBangsa".






Poster ini langsung mendapatkan banyak tanggapan dari warganet. Dalam beberapa jam setelah diunggah, poster itu mendapatkan 356 komentar, 402 retweet dan disukai 200 warganet. Di dalam komentar yang muncul, kebanyakan memprotes gambar siswa yang memakai atribut muslim, sehingga dianggap bukan identitas anak Indonesia. Padahal, TVRI adalah lembaga penyiaran publik Indonesia.

"INI GIMANA SIH? saya muslim, tapi lihat posternya malah jadi kesel. Dimana sih keadilan? dikira anak Indonesia muslim semua? Jangan2 @TVRINasional
sarang kadrun khawarij juga. Ganti nggak? Pake bhinneka tunggal ika." tulis @aan_wisg.

"ganti itu poster selamat hari Anak Nasional!, Anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke!, buat tampilan jangan hanya utk kelompok/golongan tertentu!, ini media slogannya pemersatu bangsa tapi faktanya malah mengabaikan ciri khas Nusantara dan KeBhinekaan!." tambah @Manurung1D.

"kenapa harus pakai gambar seperti ini
atau TVRI sudah lupa sama bhinneka tunggal ika
banyak gambar keceriaan anak anak
gak harus kayak gini
karena gak semua anak seperti apa yang ada di gambarmu
makanya TVRI gak ada yg nonton, program aja kayak gini," tulis @salaamitusalam

"Ini maksudnya yang tidak pakai kerudung dan kopiah bukan anak Indonesia gitu? Tidak boleh maju? Begitu dasar berpikirnya kah para direktur @TVRINasional
? Nggak malu kalian?," tambah @shinesaja.

"Min, gak mau kasih ucapan selamat utk anak anak saya juga? Anak saya kristen, poster anda tidak mewakili anak saya dan anak anak lainnya yg beda agama dan budaya..." tulis @ucip.

Subhanallah

emoticon-Christmas
gigbuupz
PrinScrup
doc1989
doc1989 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
7K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.