KkunyukAvatar border
TS
Kkunyuk
Tugu Makam Sunda Wiwitan, Dedi M. : Cuma Batu Tak Usah Diributkan, Proses sj IMB-nya
Anggota DPR RI yang juga budayawan Jawa Barat, Dedi Mulyadi meminta kasus pendirian tugu untuk makam sesepuh Sunda Wiwitan, Djati Kusumah di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat tidak menjadi polemik yang berkepanjangan.

Menurut Dedi, jika tugu itu harus memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dan tokoh Sunda Wiwitan sudah mengajukan, maka tinggal dibantu prosesnya.

"Masalah tugu kuburan saja harus menjadi polemik nasional. Yang gitu itu cukup diselesaikan oleh kepala DPMPTS (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) setempat. Kenapa yang begitu saja menjadi ribut, dilakukan penyegelan segala. Itu cuma batu," kata Dedi melalui ponselnya, Kamis (23/7/2020).

Menurut Dedi, kalau dilihat dari alasan Pemkab Kuningan bahwa tugu itu belum memiliki IMB, maka bisa ditinjau apakah tugu itu membahayakan pemilik bangunan dan warga sekitar atau tidak.

Sebab, kata dia, esensi IMB itu adalah agar bangunan tersebut tidak menyalahi ketentuan yang dapat membahayakan pemilik bangunan dan warga sekitar.

Dedi mengatakan,  salah satu pertimbangan sebuah bangunan harus memiliki IMB adalah soal pemenuhan standar kaidah keamanan.

Misalnya, bangunan berlantai dua harus memiliki IMB agar tidak membahayakan penghuninya dan warga sekitar.

"Kemudian pertanyaannya, apakah bangunan berbentuk tugu itu dapat mengancam keselamatan pemilik atau masyarakat di sekitarnya tidak? Kalau ternyata bangunan itu di kebun atau hutan yang jauh dari ancaman keselamatan lingkungan, ya tinggal segera saja dipenuhi IMB-nya," kata Dedi yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR Ini.

Sumber



Diubah oleh KS06 25-07-2020 23:40
petani.syusyu
xneakerz
nomorelies
nomorelies dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.9K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.