anzelazhafira17Avatar border
TS
anzelazhafira17
Kekhawatiran Terbesar Orang Tua yang Anaknya Sekolah di Swasta
Selamat malam, Agan-Sista. Ketemu lagi sama Ane, si cewek ceriwis yang ngaku-ngaku paling manis. Eaakkk.

Kali ini ane balik lagi buat cuap-cuap manjah gemesin, terkait beberapa hal mengenai kekhawatiran para orang tua di luar sana, yang mungkin sama seperti yang ane rasakan saat ini.

Jujur, dulu ane ngerasa biasa-biasa aja ketika harus menyekolahkan anak ke lembaga pendidikan swasta. Namun, akhir-akhir ini ane lagi ngerasa kurang nyaman. Berhubung ane punya dua anak yang bersekolah di swasta, pastilah kalian para orang tua merasa terbebani sama beberapa hal di bawah ini.

1. Daftar Ulang

Daftar ulang. Selalu jadi momok menakutkan bagi sebagian orang yang anaknya berada di tingkat MTS/SMP-MA/SMA sederajat, apalagi yang sekolah di swasta. Terlebih saat masa pandemi seperti ini, perekonomian tidak stabil, tapi orang tua dibebankan biaya dengan besaran tertentu yang berbeda-beda. Tergantung kebijakan sekolah atau yayasan untuk jumlah pastinya.

Satu yang bikin ane tambah ngenes, para wali kelas selalu memberikan pengumuman di grup orang tua terkait biaya daftar ulang yang harus dibayarkan sebelum masa tahun ajaran baru di mulai. Dan hal itu terjadi terus-menerus, hampir setiap hari.

Yakali, orang juga bakalan bayar kalau mereka ada duit. Kalau kagak? Jangankan buat daftar ulang, mungkin buat beli beras aja mereka kagak punya. Ye, nggak?

2. Tunggakan SPP/'Infaq' Per Tiga Bulan Selama Pandemi Harus dilunasi

Sama halnya dengan daftar ulang, SPP/disamarkan menjadi 'Infaq' merupakan hal yang wajib dibayarkan oleh wali murid setiap bulannya. Untuk besarannya, ini juga tergantung pihak sekolah dan yayasan yang menentukan.

Namun, tahukah kalian, lagi-lagi ane dibuat nggak habis pikir sama kebijakannya. Di tengah pandemi, sebelum Ulangan Akhir Semester yang dilakukan secara online, seluruh siswa harus melunasi pembayaran SPP sampai bulan Juli.

Dan lagi-lagi, wali kelas selalu memberi pengumuman di grup orang tua, 'siswa berhak mengikuti UAS jika administrasi, SPP/Infaq sudah dibayarkan sampai bulan Juli.'

Nggak tanggung-tanggung, mereka penunggak kudu bayar untuk sekitar tiga bulan selama pandemi. Mau nggak mau, engap dah. Ini kek pemerasan secara halus, meski para orang tua pun sadar akan kewajibannya. Namun, apakah ada pengertian dan toleransi dari pihak sekolah? No! Big No!

Bayar SPP full, meski murid nggak sekolah, oprasional sekolah pun jadi tidak terpakai karena anak belajar di rumah. Pakai listrik dari rumah, plus nambah beberapa kali lipat biaya kuota. Bagi yang nggak pakai unlimited kan jebol ini.

Plusnya lagi, ane dapet bonus di depan mata kepala sendiri saat tahun ajaran usai dan pembagian raport bulan Juni lalu, salah satu wali murid pulang dengan tangan kosong karena raport anaknya ditahan pihak sekolah sebab belum melunasi SPP. Lahdalah, gimana sekolah di negara ini mau setara semua, kebijakannya bikin pengen gigit jari. Ok lah kalau kondisi ekonomi normal, saat pandemi? Siap-siap aja, negara bakalan kehilangan tunasnya karena banyak anak putus sekolah.

Ane jadi pengen nyumpahin semua pohon di dunia berubah jadi pohon duit, dikata duit tinggal ane petik di batang pohon cabe yang kagak berbuah di pekarangan? Jangankan nyari duit saat pandemi, nyari sisa kenangan aja susahnya minta ampun. Wkwkwk. Becanda.

3. LKS

Lembar Kerja Siswa. Hadeuh, ane pengen tepok jidat beneran, Gan-Sis. Coba, di masa pandemi kek begini, anak kagak ke sekolah, menurut ane pengadaan LKS ini nggak perlu-perlu banget. Selain guru yang kasih tugas bejibun di grup, nggak ada materi yang diberikan sebelum siswa mengerjakan. 'Kerjakan halaman sekian sampai halaman sekian, ditunggu tugasnya sampai jam 12 siang ini.'

Alhasil? Lagi-lagi emaknya kek orang semaput saat tugas sekolah anak datang pagi hari. Tolonglah, Bu, Pak. Ibu bangsa yang kerjaannya nguprek di dapur, kudu kejar-kejaran sama waktu. Mending yang anaknya sebiji, kalau dua? Tiga? Apa nggak pusiang pala berbie? Elah, kok ane malah syurhat manjah di sini. Wkwkwk. Maafkeun.

Apa nggak bisa memberikan tugas yang wajar-wajar saja? Misalkan hanya sepuluh soal per satu mata pelajaran yang ibu atau bapak guru tulis sendiri. Ngayal. Tapi ada untungnya, sih. Ibu bangsa kek ane jadi sering buka google buat bantuin bocah. Namun, ribetnya juga ada. Masa pembelajaran dan hasil tugas harus dikirimkan dalam bentuk foto. Selain sering gali informasi, ibu bangsa juga jadi kang foto dadakan selama pandemi. Wkwkwk

Ya Allah, Ya Gusti. Ini ane bikin thread udah kek thread khusus curhatan emak-emak. Kagak apalah yak? Kalau ada yang sama kek ane, semoga rejekinya berlimpah. Biar kagak pusing-pusing buat nyekolahin anak supaya dapat pendidikan yang layak untuk masa depannya.

Karena ini cuap-cuap kagak penting ane, jadi isinya hanya opini pribadi mengenai hal-hal tersebut. Terima kasih.

Salam sayang :
Anzela Zhafira

Diubah oleh anzelazhafira17 22-07-2020 21:22
turkusuma
tien212700
lucid
lucid dan 42 lainnya memberi reputasi
43
8.4K
202
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.