News
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f19716f88b3cb3b62437dfd/ustaz-sebut-pesan-makanan-lewat-ojol-haram-warganet-kebingungan
Terkini.id, Jakarta – Viral sebuah video yang memuat penjelasan seorang ustaz tentang harammnya menggunakan jasa gofood. Ustaz itu menyebutkan, layanan pengantaran makanan dari Gojek tersebut haram karena dibeli dari uang riba. Video tersebut salah satunya diunggal oleh akun @sayidmachmoed. “Gofood haram, sakit jiwa ini orang. Begini, dengerin wahai khawarij, itu minta tolong dibelikan makanan
Lapor Hansip
23-07-2020 18:15

Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan

Quote:

Terkini.id, Jakarta – Viral sebuah video yang memuat penjelasan seorang ustaz tentang harammnya menggunakan jasa gofood. Ustaz itu menyebutkan, layanan pengantaran makanan dari Gojek tersebut haram karena dibeli dari uang riba.

Video tersebut salah satunya diunggal oleh akun @sayidmachmoed.

“Gofood haram, sakit jiwa ini orang. Begini, dengerin wahai khawarij, itu minta tolong dibelikan makanan seharga [Rp] 85 ribu dan yang [Rp] 15 ribu adalah biaya jasa membelikan barang. Sudah diketahui secara umum driver gofood menyediakan pelayanan jasa, bukan penyedia hutang yang dibungakan,” tulis @sayidmachmoed.


Dalam video itu, sang ustaz menilai, GoFood haram karena uang yang digunakan untuk membeli makanan adalah uang riba.

Menurutnya, uang tersebut merupakan hasil pinjaman dari perusahaan sehingga penyewa jasa GoFood harus membayar bunga untuk menebus makanan yang dia pesan.

“Jadi sebetulnya ketika driver gojek tadi membelikan pesanan Anda, pakai uang Gojek atau pakai uang Anda? Berarti dia meminjamkan uang kepada Anda, ya atau tidak? Dipinjamkannya 85% karena dia dapat fee dari si merchant tadi, paham?” terang ustadz Erwandi Tarmizi.

Ia kemudian menganalogikan jika harga makanan aslinya Rp 85 ribu maka konsumen harus membayar Rp 100 ribu karena sisanya untuk membayar bunga.

“Kalau harga makanan tadi Rp 100 ribu berarti dipinjamkannya Anda uang Rp 85 ribu. Nanti ditagihkannya lagi kepada Anda berapa? Delapan puluh lima ribu atau seratus? Padahal di struk ditulis Rp 100 ribu. Pinjam uang 85 ribu dibayar seratus apa namanya?” katanya.

Video tersebut ternyata memantik kemarahan warganet. Mereka kesal lantaran sang ustadz begitu mudah mengharamkan sesuatu.

“Klepon haram. Gofood haram. Ane kalau terlanjur pesen klepon by gofood terus gimana ya Habib???” kata @m444da.

“Katanya agama itu mempermudah hidup kalau kaya gini mah kayak mempersulit, segala dipikirin dicari-cari kesalahannya. Sekalian aja duit kertas haramin karena BI mencetak uang dengan memungut bunga. Tanpa bunga, bank central nggak berfungsi,” tulis @crasher.

“Setahu gue, harga yang gue bayar dengan harga yang tertera di struk itu sama, dan biaya ongkir itu beda lagi. Jadi bapak ustad-nya kayaknya ini yang nggak paham cara kerja gofood. Sedih. Yang lebih menyedihkan lagi yang dengerin, jadi trauma gofood,” tulis @haikarusan.

https://terkini.id/news/ustaz-sebut-...t-kebingungan/



Makanya jangan oesen di gofood atau grabfood, lebih baik pesen dari ontafood emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FaRawaYz dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:19
ojol uclim buruan resign ya... kasian gue ntar kalian masuk neraka, motor cicilannya juga sebaiknya dibuang juga ya clim... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:20
Clash of civilization.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangtjah dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:30
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
x369963x dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:31
Resto juga kna bunga 20%
Yg nanggung customer..
Driver jg kna bunga 20%
Yg nanggung customer..
Brrti customer nanggung bunga 40%
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:31
makin banyak saja ustad kw yang gak jelas...emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:38
ustadz Erwandi ini yang mendoktrin youtuber ridwan hanif
yang dikatakan haram sebenarnya gopay nya, bukan gofoodnya
tapi tololnya dia menyangka topup gopay adalah akad simpan pinjam dan berbunga (dalam bentuk promo)
bangke
coba cari bank di seluruh dunia yang berani kasih bunga 30-60%
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:45
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:47
ayo driper ojol resign semua
mending kerja jadi lastcar pendemo 212, lebih halal dan varokah emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:48
Mesjid makin banyak, ustaz makin banyak, negara makin religius, tapi buat apa?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:50
Maklum, takut pengojol jadi cepet kaya. Jadi kudu buru2 dicegah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:50
Habis bahas klepon, trus bahas ojol emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 18:56
Terus? Mau bikin yang ekslusif juga?
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 19:19
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
profile-picture
ikkeh2kimochi memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 19:24
FALSE FLAG operation drun ?

















emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 19:25
ustat berkepala totong emoticon-Ngakak
semua diharamin

jangan2 yg haramin kue klepon kemarin adalah anak buah ustat ini emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 19:30
mantap uztad satu ini bener bener terinspirasi dari tempat ibadah impian semua ummat

all-haram emoticon-Recommended Seller
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 19:35
Ngapain bingung ? Pesen aja. Minta duid kaga, minta makan kaga, minta bayarin kaga, numpang di rumah kaga sama tuh ustad.

Gitu aja kok bingung emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 19:43
iya, buruan bikin ojol gofood syariah, ntar biar gak riba kalo beli nasi goreng, ojolnya boleh icip setengah porsi dulu baru sisanya buat customer.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ustaz Sebut Pesan Makanan lewat Ojol Haram, Warganet Kebingungan
23-07-2020 20:12
kaum paling idiot sepanjang masa ya sapa lg klo bukan kaum kadal gurun

emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia