• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • 10 Tanaman Hias Rambat Berbunga Cantik Untuk Pagar Rumah

sllzAvatar border
TS
sllz
10 Tanaman Hias Rambat Berbunga Cantik Untuk Pagar Rumah

Image source : pinterest.com/Liz Allen


Mempercantik pagar rumah dengan tanaman sudah bukan lagi hal yang aneh. Selain menambah keindahan, tanaman juga bisa membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menyegarkan.

Ada puluhan spesies tanaman hias merambat yang bisa membuat pagar atau pekarangan rumah terlihat cantik, beberapa diantaranya mungkin sudah sangat populer dan banyak kita temui dimana-mana.

Nah, apa saja tanaman hias rambat yang bisa mempercantik pagar atau pekarangan rumah? Berikut ini daftar 10 Tanaman Hias Rambat Berbunga Cantik Untuk Pagar Rumah


1. PETREA (Petrea volubilis)

Image source : flickr.com/Karl Gercens


Petreaatau Queen wreath adalah spesies tanaman dalam keluarga Verbenaceae, asli dari daerah tropis di Amerika Tengah. Tanaman ini sering ditanam dan digunakan sebagai tanaman hias juga untuk keperluan pengobatan. Tetapi karena penampilannya yang indah dengan bunga yang cerah, kebanyakan orang menanam petera hanya untuk menikmati keindahan bunganya.


2. FLAMEVINE / JALARAN API (Pyrostegia venusta)

Image source : hgtv.com


Jalaran api atau Flamevine adalah spesies tanaman dari genus Pyrostegia, di keluarga Bignoniaceae. Awalnya ini adalah tanaman endemik Brasil, tetapi sekarang terkenal sebagai taman hias di hampir seluruh dunia karena penampilannya yang menarik.


3. CORALVINE / AIR MATA PENGANTIN (Antigonon leptopus)

Image source : tropical.theferns.info


Air mata pengantin atau Coral vine adalah spesies tanaman berbunga dari keluarga Buckwheat, Polygonaceae. Ini adalah tanaman tahunan yang berasal dari Meksiko. Tanaman air mata pengantin memiliki penampilan yang cantik karena ia bunga dengan warna merah muda perpaduan putih dan tidak mengenal musim, dlaam arti selalu berbunga. Air mata pengantin juga tanaman yang kuat, ia bisa tumbuh subur di daerah kering dan terpapar sinar matahari sepanjang hari.


4. CEGUK / CHINESE HONEYSUCKLE (Combretum indicum)

Image source : pinterest.com/ecrater


Ceguk atau Chinese honeysuckleadalah tanaman merambat berbunga dengan bunga merah cantik, yang berasal dari Asia tropis. Meskipun dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan nama Chinese honeysuckle, tapi ia tidak terkait dengan spesies honeysuckle asli (Lonicera tragophylla).


5. GARLIC VINE (Mansoa alliacea)

Image source : pinterest.com/sjrid


Gralic vine adalah spesies tanaman rambat berbunga dalam keluarga Bignoniaceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan bagian utara dan sekarang telah menyebar ke Amerika Tengah juga Brasil. Gralic vine telah didistribusikan ke banyak negara tropis lainnya seperti Puerto Rico, Afrika Selatan, Thailand, dan India. Diketahui, tanaman ini dibudidayakan di Hindia Barat.


6. PLUMBAGO (Plumbago auriculata)

Image source : brightlycolouredsunflowers.blogspot.com


Plumbago atau Cape leadwort adalah spesies tanaman dari keluarga Plumbaginaceae, asli Afrika Selatan. Tanaman ini tumbuh baik di bawah sinar matahari penuh atau sedikit teduh, tetapi sangat sensitif terhadap suhu yang dingin.


7. SHOWER ORCHID (Congea tomentosa)

Image source : pinterest.com/drixmerini


Shower orchid atau Congea adalah tanaman rambat berbunga yang berasal dari Asia tropis, dan kini telah dinaturalisasi dibanyak tempat termasuk pulau-pulau di Karibia, Florida selatan, dan California selatan. Bunganya yang padat membuat tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias diberbagai tempat seperti rumah, sekolah, perkantoran, dan taman kota.


8. MELATI BINTANG (Trachelospermum jasminoides)

Image source : primrose.co.uk


Melati bintang atau Star jasmineadalah tanaman rambat berbunga harum yang banyak ditanam di California dan Amerika Serikat bagian tenggara. Tanaman ini bisa Cumiarkan bunganya di bawah sinar matahari penuh, semi teduh, atau total teduh.


9. MARKISA (Passiflora edulis)

Image source : anniesannuals.com


Markisa atau Passion fruitadalah spesies pohon rambat berbunga dan berbuah yang berasal dari Brasil selatan dengan penyebaran yang membentang mulai dari Paraguay hingga Argentina utara. Markisa dibudidayakan secara komersial di daerah untuk dipanen buahnya yang manis dan nikmat. Kadang-kadang, tanaman ini ditanam hanya untuk dinikmati keindahan bunganya saat mekar.


10. ALAMANDA / YELLOW TRUMPET (Allamanda cathartica)

Image source : gardenia.net


Allamandaatau Terompet emas adalah spesies tanaman berbunga dari genus Allamanda dalam keluarga Apocynaceae yang berasal dari Brasil. Tanaman ini dapat tumbuh membentuk semak rendah, pohon kecil, dan bahkan tanaman rambat meskipun tidak memiliki akar udara untuk mencengkram. Allamanda menjadi tanaman yang umum ditanam di daerah tropis di seluruh dunia, itu karena tanaman ini sangat kuat, ia bisa bertahan hidup dan menghasilkan bunga pada kekeringan yang panjang dan suhu yang panas.



Kesepuluh daftar tanaman hias rambat & berbunga diatas adalah tanaman tropis yang bisa ditanam di nusantara. Jadi, tanaman rambat subtropis nan cantik seperti wisteria dan hydrangeas tidak masuk daftar ya emoticon-Peace  

Btw... adakah salah satu dari 10 tanaman diatas yang ingin/rencana agan tanam?


==============xxx==============


Sumber : List of Flowering Vines to Beautify Your Home
Diubah oleh sllz 21-10-2023 05:28
sunshii32
666lucifer89
arfianduta
arfianduta dan 37 lainnya memberi reputasi
38
11.3K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.