• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gak Cuma Gibran, Berikut Daftar Anak Presiden Indonesia yang Terjun ke Dunia Politik

agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Gak Cuma Gibran, Berikut Daftar Anak Presiden Indonesia yang Terjun ke Dunia Politik


Hallo Agan Sista, lagi rame nih pembahasan terkait "Mas" Gibran yang sedang mencalonkan diri sebagai walikota Solo, Agan Sista termasuk yang pro atau kontra? atau yang bodo amat macem ane nih? (Bilangnya bodo amat, tapi dibikin thread emoticon-Hammer2).
Tenang kita gak bahas Mas Gibran kok, kita bahas Daftar Anak Presiden (Selain Mas Gibran) yang Ikut Jejak Orangtuanya Berpolitik. Sesuai pepatah "Buah jatuh tak jauh dari pohonnya", ye kan? emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2



1. Megawati Soekarnopoetri



Bernama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri, seperti namanya, beliau merupakan putri dari presiden pertama Republik Indonesia (RI), Bpk Ir. Soekarno.

Mengikuti jejak sang ayah,  Ibu Mega terjun ke dunia politik. Hanya dibutuhkan satu satu tahun bagi Ibu Mega untuk mendapatkan kursi di DPR RI tepatnya pada tahun 1987. 13 tahun sejak terjun ke dunia politik (1986-1999) beliau berhasil menjadi wakil presiden Bpk Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 1999-2001, kemudian diangkat menjadi presiden wanita pertama di Indonesia setelah Sidang Istimewa MPR, dan dilantik pada 23 Juli 2001. 

Pada tahun 2004 beliau kembali mencalonkan diri, meski akhirnya kalah suara dengan Pak Susilo Bambang Yudhoyono. (TS ingat betul pemilu di tahun ini, waktu itu ane masih sangat kecil, belum terlalu ngerti. Namun yang ane ingat, ibu ane pilih Pak SBY karena beliau ganteng dan bisa nyanyi Ada Pelangi di Bola Matamu, sedangkan ayah ane pilih Ibu Mega, ane bahkan menjadikan bendera merah dengan logo banteng itu sebagai jubah buat main pahlawan-pahlawan-an.)

Sampai saat ini Bu Mega masih aktif menjadi Ketua Umum PDIP periode 2019-2024.[/justify]
Menariknya, pada 19 Februari 2020 lalu, Bu Mega menceritakan ke-jengkel-an beliau terkait kader yang suka memaksakan anak ikut politik.

Quote:



Yah kalo TS mah cuma baca-baca aja ya, gak berani berspekulasi atau berasumsi macam-macam, selain takut ama UU ITE. TS juga takut kalo rupanya apa yang TS pikirkan tidak benar.

2. Tommy Soeharto



Mungkin banyak Agan Sista yang belum tahu, bahwa nama asli Pak Tommy Soeharto adalah Hutomo Mandala Putra. Beliau lebih akrab dikenal dengan nama Tommy Soeharto, dari nama panggilan ini sudah sangat jelas ya beliau anak siapa? Pak Tommy merupakan anak kelima dari Pak Harto dan ibu Tien.


Membaca rekam jejak Pak Tommy sejujurnya sangatlah menarik untuk diceritakan disini, namun karena ane takut emoticon-Takutuntuk membahasnya secara mendetail emoticon-Blue Guy Bata (S)gan, ane skip dulu ya soal skandal dan kasus-kasus beliau ini emoticon-Hammer2. Kita fokus ke karier politik beliau saja.

Pak Tommy pertama kali muncul di permukaan (politik) pada tahun 1988, kala itu beliau menghadiri upacara pelantikan Pak Soeharto untuk masa jabatan kelima. Nah kehadian Pak Tommy dan juga saudaranya, dianggap sebagai langkah awal jejak politik mereka. Dan menurut ane puncaknya adalah ketika beliau mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar di Tahun 2009, meski belum berhasil terpilih. Tak putus disana, Pak Tommy melanjutkan perjuangan politiknya dengan mendirikan Partai Berkarya, beliau didaulat sebagai Ketua Umum DPP Partai Berkarya periode 2016-2021. sumber : di sini


3. Puan Maharani



Bernama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi , beliau merupakan anak ketiga dari Ibu Megawati Soekarnoputri. Saat ini beliau sedang menjabat sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat periode 2019-2024.

Tumbuh sebagai cucu dari presiden pertama Indonesia, putri dari presiden ke-lima indonesia, dan anak dari ketua MPR-ke12 (Taufik Kemas), tentu wajar jika beliau terdorong untuk ikut terjun ke dunia politik. Ditambah sejak kecil Puankerap menemani sang ibu melangsungkan kegiatan politik.

Seperti Ibunya. Ibu Puan berkarir politik di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Tak perlu lama bagi beliau untuk terpilih sebagai anggota DPR pada periode 2009-2014, tiga tahun menjabat sebagai DPR beliau kemudian dipercaya menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR (2012-2014). Bahkan periode 2014-2019 beliau terpilih lagi untuk duduk di Senayan, meski pada akhirnya terpaksa mundur karena diminta Pak Presiden menjadi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

4. Yenny Wahid



[justify]Putri pertama dari Presiden ke-empat ini meski lebih dikenal dengan nama Yenny Wahid, nama asli beliau adalah Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid, agak jauh ya kalo dipikir-pikir antara nama "beken" dan nama asli beliau emoticon-Ngakak.

Well, ane sih kagum ya ama Bu Yenny ini karena beliau merupakan salah satu lulusan kampus terbaik dunia, yakni Harvard University dengan beasiswa Mason!


Meski masuk ke daftar ini, karir politik beliau tak begitu banyak bisa ane bahas. Pada tahun 2005 beliau diangkat menjadi Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), meski setelah berjalan tiga tahun (2008) beliau dipecat oleh Ketua Umum PKB, Pak Muhaimin Iskandar. Setelah itu beliau membuat partai baru yang bernama Partai Kedaulatan Bangsa (PKB), dan pada tahun 2012, dua partai PKB dan Partai Indonesia Baru (PIB) pimpinan Kartini Sjahrir melebur dengan nama Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB) dan Yenny ditunjuk sebagai ketua umum partai baru tersebut.


Update terakhir, Januari 2020 Ibu Yenny Wahid ditunjuk sebagai Komisaris Independen Garuda Indonesia, dimana beliau menjadi perwakilan pabrik. 

5. Agus Harimurti Yudhoyono


Bernama lengkap Agus Harimurti Yudhoyono dan lebih sering disapa dengan inisial AHY (rada mirip ayahnya ya sebutannya), beliau ini merupakan sosok yang amat berprestasi dari segi kemiliteran.

Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2000 Pak AHY ini berhasil menjadi lulusan terbaik dari Akademi Militer, bahkan mendapat penghargaan langsung dari Presiden RI, yakni Bintang Adi Makayasa. Perjalanan ke-militer-an beliau menurut ane sangat mengagumkan, dari operasi pemulihan keamanan di Aceh tahun 2002, juga operasi perdamaian PBB di Libanon tahun 2006, beliau terbilang sangat aktif. Meski pada akhirnya beliau memutuskan untuk mengundurkan diri pada september 2016 sebagai prajurit TNI AD. Perihal beliau yang mundur dari TNI AD disangkutpautkan dengan majunya beliau sebagai salah satu calon gubernur Pilgub DKI 2017. Meski ada juga rumor yang menyebutkan bahwa beliau mundur dari TNI karena mengalami cedera pada tahun 2015 (sumber : di sini)


referensi : di sini, di sini, di sini, di sini

gambar : google

Akhir kata mungkin itu dulu daftar yang ane munculin di thread kali ini, Kenapa Mas Gibran gak masuk ke daftar ini, gan TS? Maybe Next Time, TS bingung mau bahas apa tentang beliau. Pengetahuan TS tentang Mas Gibran sangat terbatas, baru sebatas martabak, dan tiba-tiba sekarang mencalonkan diri sebagai calon walikota solo. (Nanti TS cari tahu lagi, dan jika ada Agan Sista yang mau menambahi, silahkan yok ke kolom komentar emoticon-Keep Posting Gan)



:terimakasih









Diubah oleh agungdar2494 22-07-2020 05:52
sunshii32
ManuelSirEgard
tien212700
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
28
6.2K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.